Gerakan Senam bagi Ibu Hamil

5/5 (1)

Dengan begitu tubuh terasa lebih segar, bugar dan rileks. Selain itu juga senam ini berfungsi untuk mempersiapkan fisik dan mental pada saat persalinan yang aman dan cepat. Kebanyakan dari ibu hamil meyakini bahwa senam ini berbahaya bagi bayi yang mereka kandung, sehingga sangat takut untuk melakukan senam hamil sendiri. Namun ini dia beberapa gerakan-gerakan senam bagi ibu hamil yang aman dan bisa anda lakukan di rumah :

1.    Duduk dan bersila dengan badan yang tegak, biarkan tangan berada di depan, dan tenangkan pikiran anda. Lakukan gerakan ini sesering mungkin, atau anda dapat melakukannya ketika anda sedang bersantai.

2.    Posisi badan yang merangkak, posisi lutut dengan telapak tangan harus sejajar dengan lantai. Lalu lakukanlah gerakan-gerakan berikut ini : tundukan kepala lalu lihatlah bagian bawah perut anda, bersamaan dengan itu angkat pinggang anda, kemudian angkat kembali kepala anda
dengan menurunkan kembali pinggang anda, lakukan hal tersebut dengan mengatur nafas. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut otot perut dan otot pinggul anda akan terasa lebih lemas. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan teratur.

3.    Posisi merangkak, senderkan kepala anda pada lantai sambil merentangkan tangan anda, namun posisi lutut tetap tegak. Lakukanlah posisi ini dengan kepala yang menoleh kanan dan kiri. Bertahanlah selama beberapa menit atau lakukan sesuai dengan kemampuan anda.

4.    Duduklah di atas bantal duduk, kasur ataupun matras dengan posisi yang mengangkang, condongkan badan ke belakang dengan dibantu oleh tangan yang menahan pada lantai. Lalu gerakanlah kaki ke atas, ke bawah, samping kanan dan samping kiri. Lakukakan gerakan tadi secara berulang-ulang.

5.    Anda dapat melakukan gerakan yang satu ini setiap malam sebelum anda tidur, gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring miring maupun terentang, lalu angkat kaki secara perlahan peganglah kedua lutut dengan tangan. Atur nafas dan relaks.

6.    Gerakan-gerakan yang lainnya dapat anda lakukan pada saat waktu luang atau pada saat anda bersantai duduk di kursi, ataupun pada saat anda menonton televisi. Lakukanlah gerakan yang ringan seperti mengangkat satu kaki sejajar lurus dengan kursi, lakukan secara bergantian dengan kaki yang lainnya, tahan kaki yang sedang diangkat selama beberapa menit juga lakukan gerakan tersebut secara berulang.

Selain dari melakukan gerakan-gerakan untuk melemaskan otot, latihan lain yang juga penting bagi ibu hamil adalah latihan pernafasan. Karena pernafasan berperan sangat penting bagi proses persalinan. Latihan pernafasan ini dapat dilakukan berbarengan dengan beberapa gerakan-gerakan diatas. Padukan gerakan tersebut dengan pernafasan perut dan juga dada. Demi menjaga kesehatan pada saat hamil, gerakan senam hamil tersebut memang baik bagi kesehatan dan kelancaran kehamilan. Namun selain senam hamil tersebut, sangat dianjurkan  bagi ibu hamil mengkonsumsi buah dan sayur. Hal terpenting bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya ialah dengan cara rajin memeriksakan kesehatan kandungan pada dokter atau bidan yang anda percaya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply