data-ad-format="auto"

Tips Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Melahirkan

Usai ibu melahirkan, terlebih bagi anda yang melahirkan secara normal terkadang menguras tenaga bahkan dapat menyebabkan rasa lelah yang sukar terpulihkan. Anda dapat melakukan olahraga untuk mengusir rasa lelah dan membuat tubuh anda bugar pasca melahirkan. Sebelum anda memutuskan untuk kembali berolahraga maka setelah melahirkan, pastikan jarak dari persalinan ke waktu olahraga minimal 1-2 minggu, tentu saja pada setiap ibu hamil berbeda-beda dikondisikan dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Sedangkan bagi anda yang melakukan proses melahirkan secara caesar maka anda dapat bersabar melakukan kegiatan olahraga setelah melahirkan dikarenakan waktu pemulihan yang lebih lama dibanding dengan melahirkan normal. Penelitian juga tidak menyarankan bagi ibu yang usai melahirkan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena akan mempengaruhi kadar asam laktat dalam ASI. Sehingga bagi anda yang akan mengembalikan kebugaran seusai melahirkan. ( Artikel lainnya: Video Melahirkan Video Melahirkan )

Ikuti panduan olahraga yang akan anda ambil :

1. Mulai dengan jalan santai

Anda dapat menyempatkan waktu untuk melakukan jalan santai di pagi hari atau sore. Hal yang perlu anda ingat bahwa bukan seberapa jauh anda melakukan jalan santai akan tetapi jadwal yang teratur sehingga anda dapat bugar.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

2. Yoga

Yoga merupakan latihan fleksibilitas dan kekuatan otot, bagi anda yang mengikuti senam yoga maka akan lebih tenang dan terhindar dari stress. Setidaknya hal ini dapat membantu anda dari babyblues yang seringkali dialami oleh ibu baru melahirkan.

3. Jangan lupakan sarapan

Bagi anda yang ingin mengembalikan kebugaran setelah melahirkan, jangan lupakan untuk membiasakan sarapan. Dengan sarapan maka kebutuhan energi anda terpenuhi dan rasa lelah akan berkurang, usahakan tidak mengkonsumsi makanan berlebih ketika sarapan karena akan menggangu aktivitas anda yang menyebabkan kantuk.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Konsumsilah makanan yang mengandung serat yang dapat memberikan tambahan energi pada tubuh anda. Jangan lupa untuk membiasakan dengan minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Hal ini juga membantu anda untuk terhindar dari dehidrasi.

5. Mendengarkan musik favorit

Sesekali anda dapat memanjakan diri dirutinitas merawat bayi anda. Selagi bayi anda tertidur, anda dapat mendengarkan musik favorit yang dapat menjadi terapi sendiri sehingga pikiran anda lebih rileks dan nyaman. Bahkan dengan mendengarkan musik akan menghilangkan rasa lelah di dalam tubuh anda.

6. Melakukan spa atau pemijitan oleh ahli

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan kebugaran anda adalah dengan melakukan spa atau pemijitan. Pada ibu yang usai melahirkan biasanya pemijitan difokuskan pada betis, paha dan payudara. Paha dan betis seringkali dikeluhkan oleh ibu setelah melahirkan dikarenakan ketegangan yang dialaminya ketika melahirkan. Sedangkan pada payudara berhubungan dengan kelancaran ASI.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us