Apakah Pemicu Kram Ketika Tidur

5/5 (2)

Kram tidak semata-mata dapat hilang begitu saja, dan memerlukan sedikit waktu untuk tubuh memulihkan pada keadaan sebelumnya. Kondisi ini biasanya berlangsung beberapa detik sampai beberapa menit yang mana jika malam hari, kondisi kram ini banyak menyerang dibagian kaki. Lantas apakah penyebab kaki kram? Kram kaki dimalam hari biasanya terjadi apabila otot menegang secara tiba-tiba pada bagian betis. Kondisi seperti ini banyak dijumpai saat kita terlelap atau bahkan bangun dipagi hari. National Medical Society mengatakan, bahwa saat kita tidur maka otot pada bagian kaki dan betis menjadi lebih pendek sehingga rentan diserang kram. Kram betis yang terjadi pada kaki saat malam hari, umumnya banyak terjadi pada remaja dan lainnya yang melakukan olahraga pada malam hari.

Namun sayangnya, faktor pemicu pasti yang menyebabkan kram pada kaki yang banyak dialami saat malam hari ini terjadi, belum diketahui secara pasti apakah pemicunya. Namun yang jelas, ada beberapa faktor potensial yang mampu memicu kram antara lain yakni dehidrasi, kurangnya asupan potasium, kalsium, magnesium dan senyawa mineral lain yakni sodium serta berkurangnya aliran darah pada otot karena terlalu lama beraktifitas diatas kursi tanpa melakukanhal lainnya atau terlalu banyak berbaring, berpotensi memicu kram ini terjadi. Namun, ada beberapa hal lain yang memicu terjadinya kram pada kaki saat tidur dimalam hari yang terjadi secara tiba-tiba.

Dehidrasi

Kurangnya pasokan cairan dalam tubuh juga dapat menyebabkan kram kaki yang terjadi saat tidur dimalam hari. Dehidrasi akan mempengaruhi kinerja syaraf yang pada akhirnya berujung pada terjadinya kondisi kram.

Sirkulasi Darah yang Tidak Lancar

Salah satu penyebab terjadinya kondisi kram pada kaki terutama dimalam hari adalah karena kurang lancarnya aliran darah dalam tubuh. Selain itu, posisi tidur yang tidak benar dapat menyebabkan kram terutama saat anda sedang tidur, karena posisi tidur yang salah mampu menghambat aliran darah yang pada akhirnya memicu kondisi kram tersebut terjadi. Saat anda merasakan sakit yang ditimbulkan oleh rasa kera yang begitu menyiksa,  namun  jika kondisi kerang tersebut sudah terlanjur menyerang cobalah untuk melakukan peregangan  sebentar atau jia kondisi krem telah terlanjur menyerang, anda juga bisa mengompres bagian kaki yang diserang kondisi kram menggunakan air hangat secara perlahan dengan begitu otot-otot yang menegang akan kembali pulih dengan air hangat.

Hamil

Kondisi hamil atau mengandung juga dikaitkan dengan serangan kondisi kram yang akan sering muncul. Sehingga tak heran jika banyak ibu hamil mengeluhkan bahwa mereka sering kali mengalami kram pada betis kaki terutama saat tidur dimalam hari. Namun kram betis pada baguan kaki yang meneyrang ibu hamil umunya, disebabkan karena kurangnya asupan magnesium beserta kalsium pada sata si ibu sedang hamil. Untuk itulah, saat sedang mengandung, para ibu hamil amat disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan magnesium untuk mencegah kekuragan kalsium dan magnesium sebagai salah satu pemicu terjadinya kondisi kram pada kaki.

Cedera Otot

Cedera pada otot ini bisa disebabkan sebagai akibat dari terlalu banyaknya melakukan aktivitas saat siang hari. Efeknya mungkin tidak akan terasa begitu cepat setelah anda melakuakn banyak aktivitas dan tiba-tiba otot mengalami cedera dan menjadi kram. Biasanya, efek dari gejala tersebut akan kita rasakan baru pada malam hari. Yang mana jika terus-terusan dibiarkan, bukan saja organ fisik dibagian kaki saja yang mengalami penurunan fungsi, bisa jadi jam tidur anda menjadi berantakan, karena rasa nyeri yang disebabkan oleh kram yang begitu menyiksa pada malam hari. Namun apabila, kram tersebut telah terlanjur menyerang anda saat anda tengah terlelap tidur.

Beberapa cara berikut ini untuk dapat mengobati kram tersebut.

  1. Jika kram terlanjur menyerang tubuh anda terutama pada bagian kaki, cobalah untu tidak panik. Kondisi tubuh yang pani malah menambah frekuensi ketegangan pada otot, saat otot tegang maka kram akan semakin terasa sakit. Sebaliknya, saat kram menyerang salah satu oragn tubuh anda, maka cobalah untuk meregangkan dan memijat bagian otot yang keram secara perlahan.
  2. Tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik, sehingga ketegangan pada otot dapat perlahan mengendur. Dan setelah sakit mereda, tidak ada salahnya lakuakn pemijatan untuk melemaskan kembali otot-otot yang menegang dan sekaligus memberikan kehangatan.
  3. Perlu diketahui bahwa kram juga sebagai akibat dari faktor kelelahan, seperti setelah berolahraga seharian atau melakukan pekerjaan rumah dengan begitu keras. Bila hal ini terjadi, cobalah kompres menggunakan ice pack pada area disekitaran kram, bukan tepat diatas daerah yang kram.

Cara Mengatasi dan Mencegah Serangan Kram Pada Bagian Kaki

  1. Untuk mengatasi serangan kram pada bagian kaki lakukangan peregangan (stretching) dengan melakukan pemijatan untuk melegakan kontraksi dan memperlancar peredaran darah. Kompres dengan ar hangat serta perbanyak konsumsi air putih untuk mengganti cairan yang hilang.
  2. Perbanyak konsumsi air putih, setidaknya cukupi kebutuhan cairan perhari minimal dengan mengkonsumsi 8 gelas air minum setiap harinya, termasuk satu gelas sebelum tidur. Selain itu perbanyak pula konsumis air sebelum atau sesudah melakuakn olahraga.
  3. Jika kondisi kram ini kerap kali anda alami saat tidur, cobalah melakukan gerakan pelemasan pada otot-otot disekitaran betis sebelum menjelang tidur. Caranya adalah dengan ebrsiri sekitar 60-90 cm dari dinding dengan telapak kaki tetap di tempat. Lakukanlah ebberapa kali, untuk dapat merasakan efek sampingnya, anda mungkin perlu melakukannya selama beberapa hari.
  4. Hindari menlakuakn olahraga atau aktivitas yang berat secara tiba-tiba. Untuk itulah, cobalah lakuka peregangan otot dengan sementara mengambil pernafasan yang tepat dan membiasan melakukan pendinginan setiap setelah selesai berolahraga. Hal ini aan memberikan kesempatan pada otot untuk dapat menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Dan ada biaknya, pemanasan ini anda lakuakn setiap pagi seteah bangun tisur dengan melakukan senam kecil.
  5. Kondisi keram pada kaki terutama dibagian betis, biasanya kerap terjadi karena otot pada betis yang tertekan dengan posisi tidur yang tak beraturan. Untuk itu, sebaiknya tidurlah dengan posisi yang mencegah otot bagian betis anda tertekan tanpada disadari. Manfaatkan bantal untuk menyangga telapak kaki saat anda tidur dengan posisi telentang. Semenatar jika anda tidur dengan posisi tengkurap, sebisa mungkin posisikan telapak kaki menggantung pada ujung kasur. Usahakan selimut tetap longgar pada bagian kaki untuk mencegah jari-jari dan telapak kaki tidak menghadap ke bawah pada saat tidur. Kondisi kram pada kaki saat sedang terlelap bukan hanya membuat kaki menjadi terasa sakit, namun kondisi seperti ini biasanya memaksa anda untuk terbangun karena perasaan tidak nyaman yang menyerang dan sulit untuk kembali mendapatkan posisi dan keadaan tidur nyenyak seperti sebelumnya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply