data-ad-format="auto"

Tips Kelahiran Normal Agar Berjalan Lancar

Detik-detik menjelang waktu persalinan tiba adalah moment yang paling mendebarkan. Pasalnya, persalinana adalah sebuah rahasia yang tidak dapat dipastikan oleh prediksi manusia. Melahirkan atau bersalin adalah suatu proses yang tidak main-main karena secara langsung berkaitan dengan nyawa. Setiap ibu yang melahirkan bisa dikatakan sedang berjuang mempertaruhkan nyawa. Sebagian ibu dapat melewati masa sulit saat persalinan dengan baik sementara sebagian lain harus berakhir dengan tindakan. (Baca Juga: Tanda-Tanda Mau Melahirkan)

Lantas bagaimana cara menjalani agar persalinan dapat berjalan dengan lancar? agar segala kemungkinan buruk yang tidak dinginkan tidak terjadi? Simak tips berikut ini.

1. Persiapkan dan Bangun Mentalitas Sebaik-baiknya

Membangun mentalitas yang positif akan menjadi faktor yang menentukan jalannya proses persalinan. Pikiran negatif akan dapat merangsang perilaku yang negatif pula. Sejak awal proses persalnan ibu harus yakin dan percaya akan melahirkan dengan normal. Pemikiran positif akan membuat ibu lebih aktif dalam setiap tindakan persalinan sehingga proses kelahiran dapat berjalan dengan lancar. ( Baca juga: Nama Bayi Laki-LakiNama Bayi Laki-Laki )

2. Usahakan Untuk Mendapatkan Waktu Istirahat

Serangkaian proses persalinan dari tahap awal hingga kelahiran akan menjadi moment yang cukup panjang, apalagi untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan. Untuk itu, usahakan jika ibu mendapatkan waktu istirahat yang cukup sebelumnya, misalkan tidur meski sejenak untuk menghemat tenaga dan menyegarkan kembali tubuh anda. Sebab kehilangan energi akan dapat menghambat proses persalinan sebab membuat ibu tak kuat untuk mengejan.

3. Mematuhi Segala Intruksi Penolong Persalinan

Mematuhi segala intruksi penolong selama proses persalinan berlangsung akan membantu anda mendapatkan persalinan yang berjalan dengan lancar. Penolong persalinan akan memandu anda mengatur posisi melahirkan, menginjeksi beberapa obat, atau mengajarkan tehknik mengejan. Selain itu, ikuti dan perhatikan pula segala prosedur agar ibu dapat mengejan dan memposisikan diri dengan benar saat pembukaan lengkap.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

4. Dilarang Menahan-nahan Buang air kecil dan BAB

Saat menjelang proses persalinan ibu tidak diperbolehkan untuk menahan-nahan buang air kcil dan BAB. Kandung kemih yang penuh akan menghilangkan kontraksi rahim dan menghambat penurunan kepala bayi. Menahan buang air kecil juga akan semakin meningkatkan rasa nyeri pada bagian perut. Apabila saat kontraksi ibu merasakan ingin buang air kecil atau besar segeralah ke kamar kecil atau bila tidak kuat gunakan pispot untuk buang air kecil di tempat tidur.

5. Mematuhi Tekhnik Distraksi Relaksasi

Salah satu hal yang menghambat proses persalinan adalah kondisi ibu yang sering kali mengejan sebelum waktunya tiba. Apabila ibu mengejan sebelum pembukaan lengkap maka dikhawatirkan terjai pembengkakan mulut rahim, yang pada akhirnya dapat berakibat janin tidak dapat dilahirkan secara normal. Selain itu, hal ini akan menguras tenaga ibu terutama saat waktunya mengejan tiba. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka diperlukan tekhnik distraksi relaksasi saat kontraksi, yakni mengambil nafas panjang dari hidung dan membuangnya lewat mulut. Dengan melakukan tekhnik ini ibu tidak akan mengejan. ( Baca : Teknik Relaksasi Menjelang Persalinan )

Itulah dia beberapa tips yang bisa ibu aplikasikan agar persalinan normal yang sudah di dambakan dapat berjalan dengan lancar. ( Baca : Doa Ketika Persalinan )

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us