data-ad-format="auto"

Terapi Emosi Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan ibu hamil mengalami perubahan secara psikologi yang dipengaruhi oleh hormon kehamilan. Kondisi seperti ini yang membuat ibu hamil lepas kontrol emosi. Emosi yang tidak terkendali ini yang menyebabkan ibu hamil sering gelisah, mudah marah, lebih sering menangis atau merasa tidak siap dengan keadaan.

Perubahan emosi yang semakin buruk akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil bahkan apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan janin. Dengan demikian bagi ibu hamil salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan psikologi yaitu melakukan terapi emosi. Banyak cara yang dilakukan oleh ibu hamil untuk melakukan terapi emosi, salah satu terapi emosi yang sangat bermanfaat adalah terapi musik. Sudahkah anda melakukannya? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan ibu dan janin?

Terapi emosi untuk ibu hamil dengan menggunakan musik

Ibu hamil mengalami perubahan psikis secara berbeda, sulit ditebak dan tidak sama terjadi pada setiap kehamilan. Ibu hamil seringkali mengalami depresi selama kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya hormon pemicu stres dan detak jantung yang meningkat. Perubahan detak jantung yang dialami oleh ibu hamil berpengaruh pada janin.

Sehingga penting untuk ibu hamil menjaga kesehatan secara fisik dan psikis. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan psikis selama kehamilan adalah terapi musik. Penelitian yang berhubungan dengan musik sering kali didengar karena dengan menggunakan musik maka dapat membuat tenang dan tentram. Selain itu terapi musik dapat membantu dalam kesehatan fisik dan psikis ibu hamil.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Terapi musik merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada bayi di dalam kandungan. Dengan terapi musik ibu dapat rileks, ibu hamil yang rileks dapat mengurangi emosi seperti marah-marah atau pengaturan nafsu makan. Manfaat yang di dapat dengan terapi musik selama kehamilan yaitu dapat mengubah pola pikir ibu hamil sehingga lebih positif. Ibu hamil yang menggunakan terapi musik hormonnya menjadi seimbang dan membuat ibu hamil nyaman untuk memberikan stimulasi pada bayi. Selain itu kesehatan fisik dan psikis yang optimal akan berpengaruh penting dalam tumbuh kembang janin.

Terapi musik dapat dilakukan sepanjang kehamilan, hal ini dikarenakan setiap usia kehamilan memiliki keluhan yang berbeda. Pada trimester pertama sering kali ibu hamil mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi psikis ibu hamil sehingga ibu hamil mengalami rasa sedih yang berlebihan. Sedangkan pada trimester kedua seringkali tidak merasa nyaman dengan keadaan fisik, misalnya yang berhubungan dengan posisi tidur. Terakhir yaitu trimester ketiga, ibu hamil seringkali mengalami stress yang disebabkan karena ke khawatiran menjelang persalinan.

Inilah tahapan yang dapat dilakukan untuk terapi emosi dengan menggunakan musik :

  1. Ibu hamil dapat langsung mendengarkan musik klasik seperti ibu mendengarkan musik pada umumnya. Anda dapat menggunakan headset sehingga lebih rileks. Luangkan waktu anda 30 menit setiap hari untuk mendengar musik klasik.
  2. Ibu hamil dapat menempelkan headphone ke bagian perut , sehingga musik klasik dapat dengan mudah di dengar bayi. Anda harus mengatur volume yang sedang ketika mendengarkannya pada bayi.

Perlu anda ketahui bahwa ketika mendengar musik klasik ini upayakan untuk tidak tertidur karena apabila tertidur maka koneksi emosi anda dan janin akan terganggu. Selain dapat membuat ibu rilek ketika mendengarkan musik, janin dapat terstimulasi dengan musik. Sehingga membantu tumbuh kembang janin dengan optimal. ( Baca : Yuk, Relaksasi Panca Indera Untuk Ibu Hamil )