Melahirkan bayi kembar cenderung menggunakan metode bedah cesar, apakah hal ini berlaku untuk semua ibu hamil yang mengandung bayi kembar? Tentu saja ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan metode bedah cesar diantaranya adalah kesehatan dan perkembangan janin. Bagi seorang ibu yang melahirkan bayi kembar lebih menggunakan rumah sakit dari pada menggunakan klinik atau bidan, hal ini berhubungan dengan beberapa kebutuhan pasca persalinan ibu yang melahirkan bayi kembar. Meskipun pada akhirnya pilihan tergantung pada anda apakah anda akan mempertimbangkan persalinan di salah satu rumah sakit atau klinik bersalin. Konsultasikan dengan dokter anda untuk mengetahui kondisi kehamilan sebelum melakukan persalinan. Betulkah melahirkan bayi kembar harus dengan cesar? bedah cesar adalah salah satu metode persalinan bayi melalui proses potongan pada perut dan rahim (insisi). Enam dari sepuluh ibu hamil kembar melahirkan secara cesar. Meskipun kesempatan Anda memiliki operasi caesar lebih tinggi daripada jika Anda sedang hamil tunggal akan tetapi kesempatan untuk melahirkan bayi secara normal masih mungkin untuk anda yang akan melahirkan bayi kembar.

Faktor yang menentukan melahirkan bayi kembar menggunakan metode bedah cesar adalah posisi janin anda. Sehingga beberapa penilaian pra-persalinan dilakukan dengan menentukan letak kedua janin jika memanjang atau membujur dengan posisi kepala berada di bawah maka persalinan normal bisa dilakukan. Pemeriksaan pra-persalinan memang sangat penting apabila dokter kandungan atau bidan menemukan letak janin pertama dan kedua berbeda ditandai dengan salah satu janin kepala salah satu bayi belum berada dibawah maka beberapa tindakan bisa dilakukan. Apabila letak janin anda keduanya melintang akan tetapi memiliki ukuran kecil dari janin pertama kemungkinan besar masih bisa dilahirkan dengan normal. Akan tetapi jika janin kedua sungsang maka kemungkinan mengunakan metode cesar untuk meminimalisir resiko tali pusat keluar sedangkan apabila posisi janin satunya tidak memanjang maka kemungkinan menggunakan bedah cesar.

Selain posisi janin hal yang menjadi pertimbangan untuk melahirkan bayi kembar adalah masalah kesehatan seperti resiko tali pusat, adanya kelainan dengan letak plasenta atau kembar pada satu ketuban dimana tali pusat melilit apalagi janin kembar 3 lebih tiga dilahirkan secara cesar. Bagi anda yang ingin melahirkan bayi secara normal meskipun mengandung bayi kembar bisa anda lakukan dengan menjaga kesehatan selama kehamilan. Beberapa latihan yang bisa dilakukan di akhir kehamilan anda untuk mendorong posisi kepala di bawah (posisi janin yang optimal), selain itu melahirkan secara normal bisa anda dapatkan dengan senantiasa menjaga pemikiran yang positif selama kehamilan anda, hal ini untuk menciptakan pemikiran yang positif. Melahirkan secara normal memang menjadi keinginan setiap ibu hamil oleh karena itu beberapa cara bisa anda lakukan seperti mengkonsumsi makanan sehat terutama madu, madu memiliki manfaat untuk anda untuk membuat tubuh anda sehat, memiliki energi yang cukup hingga memiliki kekebalan tubuh yang baik pra persalinan. Selain itu tradisi yang sering dilakukan masyarakat adalah dengan berjalan untuk melancarkan persalinan. Secara ilmiah berjalan kaki dengan teratur pada waktu yang tepat di siang dan sore hari akan membantu anda dalam melahirkan secara normal. Lakukan dalam beberapa menit jangan terlalu memporsis latihan anda karena terlalu lelah tidak disarankan untuk anda yang sedang mengandung apalagi mempersiapkan kelahiran bayi kembar.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum