Tanda-Tanda Kehamilan 4 Minggu

Memasuki usia kehamilan 4 minggu, anda mengalami perubahan secara fisik dan psikis.Kenali tanda kehamilan di minggu ke-4.

 

kehamilan merupakan anugerah yang sangat indah tuhan berikan kepada wanita. Kehamilan yang ditunggu-tunggu  dapat anda kenali dari tanda kehamilan yang umum sudah dapat dirasakan oleh wanita di awal minggu kehamilan.

Perubahan yang terjadi pada fisik maupun emosional wanita di minggu pertama kehamilan.Hanya saja bagi anda yang terkadang kurang menyadari tanda kehamilan dan mengaggap hanya sebagai gangguan kesehatan atau PMS.Kali ini kami akan memberikan pengetahuan mengenai tanda awal kehamilan yang dialami oleh ibu hamil di usia kehamilan 4 minggu.

Tanda tanda kehamilan minggu ke 4

Tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh wanita hamil dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tanda kehamilan pasti, tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan kemungkinan. Tanda kehamilan  tidak pasti merupakan perubahan yang dialami oleh wanita dan dapat juga disebabkan karena pengaruh gangguan kesehatan lainnya. Sedangkan tanda kehamilan kemungkinan, dapat saja terjadi kehamilan akan tetapi memerlukan pemeriksaan medis untuk memastikannya. Terakhir adalah tanda kehamilan pasti, dimana janin sudah dapat diprediksi berada pada rahim wanita.

Berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh wanita di usia 4 minggu.

1.Mengalami Terlambat Menstruasi

Terlambat menstruasi bagi sebagian orang dapat dijadikan tanda kehamilan,terlebih bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Sedangkan bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur akan kesulitan mengetahuinya.

Anda dapat menggunakan test kehamilan satu minggu setelah berhubungan untuk mengetahui kehamilan. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan test kehamilan dengan menggunakan testpack adalah pada pagi hari setelah bangun tidur.

2.Mudah Lelah dan juga Mengantuk

Meskipun dengan aktivitas yang umum dilakukan sehari-hari akan tetapi wanita seringkali mudah lelah. Terlebih ibu hamil akan mengalami perubahan pola tidur. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh sehingga akan memaksa tubuh dalam memompa hormon yang akhirnya akan memproduksi lebih banyak darah untuk mengangkut nutrisi ke janin.Bahkan di usia kehamilan 4 minggu,perubahan fisik ibu hamil akan membuat ibu menjadi lebih lelah dan mengantuk.

3. Perubahan Bentuk Tubuh

Selanjutnya adalah wanita hamil di trimester pertama mengalami perubahan bentuk tubuh, seperti mengalami perut yang semakin membesar, bagian paha, bokong, dan lengan yang ikut membesar seiring dengan bertambahnya usia janin di dalam perut. Perubahan bentuk perut sudah dialami pada minggu ke empat kehamilan meskipun tidak secara signifikan.

4.Sering Mengalami Buang Air Kecil

Ibu Hamil seringkali mengalami buang air kecil pada awal kehamilan, bahkan meningkat di minggu ke empat kehamilan. KOndisi ini dikarenakan paa saat buang air kecil rahim semakin membesar dan menekan kandung kemih, Bahkan umumnya air seni akan berwarna keruh dan kental yang terjadi pada minggu-minggu pertama pembuahan.

5. Mual dan Tanpa Muntah

Kehamilan sangat identik dengan mual-mual yang dialami oleh wanita. Hanya saja memang sulit membedakannya karena pada saat mual dapat juga dikarenakan gangguan kesehatan. Adapula yang tidak menyadari sebagai kehamilan karena wanita memiliki riwayat gangguan lambung.

Untuk membedakannya mual yang dialami wanita hamil biasanya tidak disertai penyebab bahkan mual sangat sering terjadi di pagi atau malam hari.

6.Kontraksi Pada Rahim

Kram pada perut yang terjadi pada wanita menyerupai rasa sakit seperti akan datang menstruasi. Pada awal kehamilan terjadi karena adanya proses penempelan pada rahim yang mengakibatkan kontraksi dan juga pendarahan berupa flek.