data-ad-format="auto"

Tanda-Tanda Kehamilan Palsu

Anda sudah sangat menantikan kehadiran buah cinta?Untuk membantu anda mengetahui tanda-tanda kehamilan yang pasti atau justru anda mengalami tanda kehamilan palsu ?

 

Keluhan yang seringkali dialami oleh beberapa wanita yang diduga sebagai tanda kehamilan seperti mual, kenaikan berat badan dan ngidam ternyata setelah dilakukan pemeriksaan dokter, tidak ada janin di rahim ibu.

Kondisi yang seringkali dialami oleh wanita dengan tanda kehamilan akan tetapi tidak ada janin di dalam kandungan dikenal dengan istilah kehamilan palsu atau dalam istilah medis dikenal pseudocyesis. Apa yang menyebabkan wanita mengalami kehamilan palsu ?

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda tanda kehamilan palsu

Kehamilan palsu yang dialami oleh wanita belum dapat diketahui secara pasti akan tetapi diduga disebabkan karena adanya faktor psikologis yang mempunyai peranan penting. Biasanya seorang wanita memiliki keinginan yang kuat untuk hamil sehingga munculah beberapa tanda kehamilan.

Tanda awal kehamilan yaitu terjadinya pembengkakan payudara, pembengkakan perut dan juga merasakan sensasi gerakan janin. Disinilah otak akan menginterpretasikan sinyal kehamilan dan memicu pelepasan hormon. Hormon estrogen dan prolaktin yang akan menyebabkan timbulnya gejala kehamilan sesungguhnya.

ebanyakan kasus hamil palsu dialami oleh wanita menjelang usia 40 tahun yang belum pernah hamil. Selain itu hamil palsu akan kerap terjadi pada ibu yang mengalami keguguran.Bahkan faktor lingkungan dapat menjadi penyebab wanita beranggapan sedang hamil, sehingga menimbulkan cemas dan stress memikirkan kehamilan yang belum kunjung tiba.

Inilah gejala kehamilan palsu yang sering dialami wanita :

1.Mengalami gangguan siklus menstruasi tang terlambat

2.Mengalami kondisi pembesaran perut layaknya sedang hamil

3.Bahkan wanita mengalami pengencangan buah dada, perubahan ukuran hingga perubahan puting yang memungkinkan produksi ASI

4.Wanita mengalami perasaan ada janin di dalam tubuh

5.Bahkan tanda palsu kehamilan juga dapat mengakibatkan wanita mengalami mual dan muntah.

Kondisi ini dapat terjadi pada wanita selama beberapa minggu bahkan hingga beberapa bulan. Keinginan yang besar dari seorang wanita untuk hamil. Memang sangat sulit untuk membedakan kehamilan kecuali dengan menggunakan test kehamilan sehingga diketahui janin didalam rahim wanita dan baru dapat dikatakan kehamilan.

Sedangkan untuk tanda kehamilan pasti dapat diketahui dengan beberapa tanda-tanda di bawah ini :

1.Adanya Gerakan Janin

Gerakan janin yang dapat terasa dan terlihat menggunakan alat kedokteran akan memastikan janin di dalam kandungan. Selain itu dapat membantu mengetahui usia kehamilan dan kehamilan yang sehat. Setiap individu berbeda sehingga pemeriksaan dan konsultasi ke dokter kandungan dan juga bidan sangat diperlukan.

2.Mendengar Detak Jantung Janin

Memasuki usia  akhir trimester pertama , detak jantung bayi sudah mulai dapat dirasakan.Dokter kandungan atau bidan akan memberi tahu detak jantung janin berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan . Pada awal perkembangan embrio menjadi janin , detak jantung janin lebih cepat dibandingkan dengan ibu.Kondisi ini alamiah dan wajar terjadi pada janin di usia trimester pertama.

Dengan demikian kehamilan palsu sangat mungkin dialami oleh wanita diantaranya adalah wanita 40 tahun ke atas yang menginginkan kehamilan, wanita yang menginginkan kehamilan dan wanita yang segera ingin mempunyai anak karena dipengaruhi faktor lingkungan. Untuk menghindari kekecewaan anda sebaiknya periksakan ke dokter tentang gejala yang muncul sehingga memastikan kehamilan anda.

Ketika wanita meyakinkan bahwa dirinya sedang hamil padahal sebenarnya tidak mengalami kehamilan maka dokter harus dapat memberikan informasinya dengan cara hati-hati, terlebih bagi yang sudah mengharapkan buah hati yang lama.

Loading...

Follow us