data-ad-format="auto"

Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Muda

Pada awal kehamilan terjadi perubahan di dalam tubuh wanita,perubahan yang dialami dapat menjadi tanda-tanda kehamilan normal ataupun tanda bayaha kehamilan. Inilah cara membedakan tanda normal atau tanda bahaya kehamilan.

 

Tanda bahaya kehamilan merupakan gejala yang menunjukan kondisi ibu ataupun janin terancam dan membahayakan. Kehamilan yang normal akan menjadi kehamilan yang patologi apabila ditemukan tanda kehamilan berbahaya yang dialami ibu dan janin di usia kehamilan muda.

Hanya saja seringkali ibu hamil tidak mengetahui tanda kehamilan yang membahayakan untuk kesehatan ibu dan janin. Inilah tanda bahaya kehamilan pada trimester pertama yang harus anda  ketahui :

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda tanda kehamilan bermasalah

1.Morning Sickness yang Berlebihan

Mual dan Muntah merupakan gejala yang sangat wajar terjadi pada ibu di trimester pertama. Mual yang dialami oleh ibu hamil muda umumnya terjadi pada pagi atau malam hari. Gejala ini akan berkurang setelah 10 minggu kehamilan.

Hanya saja apabila mual dan muntah yang disebabkan karena meningkatnya kadar hormon estrogen dan HCG menjadi mual dan muntah yang membahayakan kesehatan ibu. Bahkan pekerjaan sehari-hari menjadi terganggu, maka kondisi ini dikhawatirkan menjadi hiperemisis gravidarium. Baca juga: Tanda Hamil

2.Pendarahan

Flek darah yang terjadi sebagai tanda kehamilan memang umum terjadi karena proses perubahan rahim. Sedangkan bagi anda yang mengalami pendarahan hingga berlangsung lama dengan jumlah yang banyak dikhawatirkan memicu pada kondisi pendarahan pervaginam. Beberapa kondisi ini akan memicu terjadinya abortus, kehamilan mola dan  juga kehamilan ektopik.

Sebaiknya apabila anda menemukan flak darah dengan waktu yang cukup lama lebih dari dua hari dan jumlah yang banyak. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan mencegah terjadinya gangguan kesehatan.

3. Bengkak Kaki, Wajah atau Tangan

Bengkak yang dialami oleh ibu hamil muda memang umum terjadi apalagi pada bagian kaki. Hanya saja bagi ibu hamil  yang mengalami bengkak kaki, wajah atau tangan hingga mengalami kejang-kejang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Bengkak yang normal terjadi pada ibu hamil adalah bengkak pada kaki, karena cairan yang tidak lancar meskipun demikian tidak akan menganggu aktivitas. Bahkan hanya dialami oleh beberapa wanita hamil dan dapat sembuh dengan sendirinya ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua.

4. Demam Atau Panas Tinggi

Pada proses pembuahan yang terjadi, suhu basal tubuh akan meningkat hanya saja berlangsung tidak lama dan tidak mengalami perubahan yang signifikan. Sedangkan bagi anda yang mengalami panas yang tinggi disertai dengan demam yang berlangsung beberapa hari , sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan.

5.Keluarnya Keputihan

Awal kehamilan dapat juga ditandai dengan keluarnya keputihan. Keputihan yang dimaksud adalah keputihan yang normal dengan ciri bening atau tidak berwarna, tidak mengeluarkan bau dan tidak menyebabkan gatal.

Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami keputihan dan mengakibatkan gangguan kesehatam sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan janin. Keputihan yang membahayakan kesehatan ibu dan janin adalah keputihan yang berwarna, menimbulkan bau yang tidak sedap, menyebabkan gatal, rasa panas dan terbakar di area kemaluan.

Dengan demikian ibu hamil muda harus mengetahui ciri-ciri kehamilan.Tanda kehamilan yang dialami oleh ibu hamil muda merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kesehatan ibu dan janin. Sedangkan apabila ibu mengalami gangguan /tanda yang dikhawatirkan akan menganggu kesehatan ibu dan janin selama kehamilan, konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan karena setiap kondisi tubuh ibu hamil berbeda-beda. 

Loading...

Follow us