Tanda-Tanda Kehamilan Bulan Ketiga

4.5/5 (2)

 

Bagi anda yang merencanakan kehamilan pertama sebaiknya persiapkan fisik dan mental anda karena banyak perubahan yang sering terjadi pada awal kehamilan. Konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan sangat disarankan untuk merencanakan kehamilan.

Tidak kalah penting untuk ibu hamil adalah mempelajari gejala kehamilan di minggu pertama kehamilan, bulan pertama kehamilan, bulan kedua kehamilan atau bulan ketiga kehamilan. Gejala kehamilan merupakan tanda-tanda kehamilan yang mungkin dialami oleh wanita. Artikel bersangkutan: Tanda Hamil

Pada saat janin masuk ke kehamilan tiga bulan , organ-organ bayi mulai terbentuk dengan baik. Semua organ sudah mulai terbentuk dengan sempurna yaitu bagian tangan, jari tangan, jari kaki, kaki dan mulut yang terbentuk. 

tanda tanda kehamilan tiga bulan

Pada akhir bulan ke tiga yaitu pada usia 14 minggu bayi sudah memiliki kemampuan menghisap jempol dengan sendirinya. Langit-langit mulut sudah bauk dan pipi janin sudah terlihat.Pada bayi laki laki sudah terbentuk prostat sedangkan pada bayi perempuan sudah terbentuk ovarium.

Berikut adalah tanda-tanda kehamilan dan perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil di usia tiga bulan.

Ibu hamil masih mengalami mual dan muntah atau dikenal dengan morning sicknes. Kondisinya lebih parah dari bulan pertama dan bulan kedua kehamilan hanya saja pada akhir bulan ketiga,ibu hamil sudah dapat mengatasinya .

Begitupula dengan kondisi fisik ibu hamil yang ditandai dengan perubahan yang semakin membesar pada bulan ketiga kehamilan.Bahkan pada bulan ketiga kehamilan kondisi rahim sudah berada diatas panggul. Inilah yang menyebabkan perut semakin terlihat membesar di usia ini.

Selanjutnya adalah perubahan pada buah dada. Buah dada akan semakin membesar dan terasa lembut. Perubahan buah dada ini merupakan kesiapan tubuh wanita memproduksi ASI. Bahkan bagian aerola akan tampak semakin gelap. Anda tidak perlu khawatir, kondisi ini akan berubah dengan sendirinya setelah melahirkan.

Ibu akan mengalami pusing karena pengaruh dari morning sickness dan juga kelelahan. Bahkan beberapa perubahan mood dan riwayat kesehatan ibu hamil akan mempengaruhi kondisi fisik ibu hamil dan membuat risiko pusing semakin meningkat, Bagi sebagain ibu hamil adapula yang mengalami pingsan di awal kehamilan muda.

Perubahan selanjutnya berhubungan dengan perasaan cemas. Perasaan cemas yang dialami sangat umum dirasakan. Ibu hamil ingin memberikan yang terbaik untuk janinnya. Kecemasan yang berlebih akan memicu stress pada ibu hamil. Bahkan rasa cemas dirasakan pula oleh suami anda.

Mengurangi rasa cemas selama kehamilan adalah dengan memperbanyak komunikasi dengan suami untuk mendapatkan dukungan selama kehamilan, begitupula dengan anggota keluarga lain. Selanjutnya yang berhubungan dengan perubahan mood yang tiba-tiba seperti merasa sedih, marah ataupun bahagia tanpa mengenal dengan pasti sumbernya merupakan salah satu penyebab dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Bagi anda yang sedang hamil dengan ciri-ciri kehamilan tersebut sudah dapat menjadi pertanda bahwa anda sedang hamil usia tiga bulan. Meskipun tanda tersebut masih berupa tanda tidak pasti atau kemungkinan kehamilan. Untuk dapat meyakinkan kehamilan sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kehamilan dengan cara pemeriksaan testpack, pemeriksaan USG dan pemeriksaan detak jantung janin.

Itulah tanda yang dapat anda ketahui di usia kehamilan tiga bulan, selalu konsultasikan bidan atau dokter kandungan perubahan yang anda alami selama kehamilan karena setiap wanita memiliki kondisi yang berbeda .

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel