data-ad-format="auto"

Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester Ketiga

Kini tidak terasa anda sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Persiapan persalinan semakin dekat. Berat badan ataupun panjang tubuh janin akan bertambah dengan cepat sehingga anda yang kini memperhatikan kondisi tubuh fisik yang semakin membesar.

 

Perkembangan janin di trimester ketiga akan dibahas pada artikel ini yang berhubungan dengan perkembangan janin selama trimestre akhir dan perubahan fisik selama kehamilan.Berikut ini adalah seputar pertumbuhan dan perubahan kehamilan di trimester ketiga.

Perkembangan janin pada trimester ketiga terdiri dari bulan ke 7, bulan ke 8 dan bulan ke 9 kehamilan. Berikut adalah perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan di trimester ketiga:

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Perkembangan Janin Pada Usia 7 Bulan

Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester KetigaPada usia kehamiland di awal 7 bulan ditandai dengan perubahan ukuran, misalnya saja pada ukuran kepala janin sudah proporsional dengan tubuhnya. Bahkan dahi dan alis sudah mulai tumbuh dengan sempurna,bahkan bulu halus pada tubuh bayi sudah mulai tumbuh dengan sempurna.

Bahkan di pertengahan usia kehamilan 7 bulan yaitu usia kehamilan 30-31 minggu dimana bayi sudah dapat menendang-nendang, tulang janin yang masih lentur akan tetapi seiring berjalan waktu akan semakin keras dan membuat janin lebih sempurna. Latihan proses bernafas sudah dialami oleh bayi pada minggu-minggu ini .Bahkan syaraf otak akan terus menerus berkembang dengan pesat

Diakhir perkembangan janin di bulan ke 7 adalah lapisan pelindung bayi yang mulai menghilang dan paru paru semakin berkembang. Bahkan pupil berfungsi akan mengenyit dan melepar pada saat terekspos dengan cahaya atau kegelapan.Bahkan pada 32 akan mencakup berat badan yang bertambah semakin cepat dan menambah lemak di dalam tubuh untuk persiapan menghadapi persalinan di dunia luar.

Perkembangan Janin Pada Usia 8 Bulan

Diawal usia kehamilan 8 bulan dahi dan bulu mata janin semakin berkembang , bahkan kini sudah mulai berkedip dan apabila bila janin laki-laki, testikalnya mulai terbentuk dengan sempurna pada minggu awal trimester ketiga.

Memasuki minggu pertengahan bayi yang terus berkembang, gerakan bayi semakin terbatas karena ruang gerak dan perkembangan berat badan janin di minggu ini sudah memasuki paru-paru yang semakin berkembang.Terakhir adalah pada usia kehamilan di 8 bulan, Bayi yang janin tepat waktu aken mengalami perkembangan di minggu 36 dimana kepala di bawah sehingga siap menjelang persalinan.

Bahkan sejalan dengan bertambahnya usia kandungan kehamilan dari minggu-ke minggu berat janin akan semakin bertambah dan tubuh janin semakin kuat. Bahkan gerakan janin akan semakin berkurang dikarenakan ukuran tubuhnya yang semakin berkurang.

Perkembangan janin pada usia 9 bulan

Bulan yang menengangkan yang ditunggu oleh semua ibu hamil, pada bulan ke 9 di awal minggu pertama 37 minggu. Kali ini bayi mulai mengeluarkan salah satu hormon yaitu cortisone yang dapat membantu untuk mematangkan fungsi pernafasan bayi, bahkan periode ini sudah siap karena tubuh matang dan bisa bekerja sendiri.

Selanjutnya pada perkembangan usia di minggu-minggu pertengahan maka kulit janin sudah tampak berwarna merah jambu dan sistem saraf sudah semakin berkembang. Bahkan di usia kehamilan 9 bulan minggu pertengahan inilah yang menyebabkan sudah menyimpan lemak yang cukup di dalam tubuhnya dan bertahan stabil sampai dilahirkan.

Antibodi yang dimiliki oleh tubuh bayi akan membantu dalam menjaga kesehatan di awal kelahirannya. Sedangkan memasuki trimester akhir di bulan 9 , kemungkinan bayi lahir pada HPL hanya terjadi 5% dari kehamilan dengan kata lain dapat terjadi lebih awal ataupun lebih akhir. Hanya saja penting untuk anda melakukan konsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui kondisi janin dan sehingga terhindar dari resiko yang membahayakan.

Selain perkembangan janin. perubahan fisik dan psikis ibu hamil di trimester ketiga harus diperhatikan. Salah satunya adalah perubahan yang terjadi ketika trimester ketiga ditandai dengan perubahan tubuh, dimana perut ibu hamil semakin membesar. Selain itu tidak menutup kemungkinan ibu hamil kini mengalami kondisi perubahan emosional dalam mempersiapkan persalinan sehingg membutuhkan dukungan dari suami dan keluarga terdekat.

Untuk itu, kali ini ibu hamil dapat mengetahui perubahan tubuh ibu hamil yang berhubungan dengan trimester ketiga kehamilan. Berikut ini perubahan yang terjadi pada saat ibu hamil memasuki kehamilan di minggu ke 29-40 , menjelang persalinan :

Sakit Punggung

Keluhan yang dialami oleh ibu hamil pertama adalah mengalami sakit punggung, sakit punggung pada ibu hamil di trimester akhir dikarenakan beban berat yang dibawa oleh ibu hamil di dalam kandungan.

Meskipun tidak membahayakan akan tetapi dapat menganggu kenyamanan ibu hamil, sehingga disarankan untuk menghindari menggunakan sepatu hak tinggi, hindari juga untuk mengangkat berat badan yang berat. Bahkan untuk berdiri dan berjalan maka tubuh ibu harus dengan posisi punggung dan bahu tegak akan dapat mengurangi kondisi sakit punggung.

Sesak Nafas

Keluhan yang semakin terasa di trimester akhir kehamilan adalah susah bernafas dimana ibu mengalami diafragma yang menekan paru-paru ibu. Akan tetapi setelah kepala bayi turun dari rongga panggul pada usia 2-3 minggu maka akan mengalami kondisi yang lebih baik.

Sesak Nafas pada ibu hamil di trimester ketiga dapat dikategorikan kondisi normal, anda hanya membutuhkan waktu untuk beristirahat, sedangkan apabila setelah beristirahat dan tidak mengalami kondisi yang membaik sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan dan bidan untuk mengetahui yang terjadi. Beberapa yang berhubungan dengan pernafasan ibu hamil juga dikarenakan adanya kondisi heart burn yang merasa dada panas serasa terbakar, meskipun akan hilang dengan sendirinya apabila tekanan pada bagian tubuh bayi di bawah tulang iga.

Sesak nafas ini dapat dibantu dengan olahraga yang rutin sesuai dengan kondisi fisik ibu hamil, salah satunya adalah dengan mengikuti senam hamil untuk menguragi keluhan sesak nafas selama kehamilan khususnya di trimester ketiga kehamilan. Adapun jenis olahraga yang dipilih oleh ibu hamil dapat disesuaikan dengan kondisi fisik dan kebutuhan ibu hamil, setiap ibu hamil akan memiliki kondisi yang berbeda beda.

Kontraksi dan Masalah Tidur

Selanjutnya yang berhubungan dengan perubahan yang terjadi pada trimester ketiga kehamilan adalah dimana ibu mengalami kondisi kontraksi palsu atau dikenal dengan istilah braxton Hicks yang ditandai dengan rasa sakit ringan , hilang pada saat istirahat dan mengalami kondisi yang tidak teratur.

Ini seringkali dikenali oleh sebagian ibu hamil sebagai tanda persalinan padahal pada kenyataannya tidak demikian, ini hanya sebuah kontraksi yang akan mereda setelah anda istirahat sejenak berbeda dengan kontraksi menjelang persalinan.

Sedangkan masalah tidur lainnya yang berhubungan dengan perut yang semakin membesar dan menendang di malam hari sehingga membuat ibu kesulitan untuk tidur nyenyak. Bagi ibu yang mengalami kondisi ini sebaiknya dapat menghindari dengan berbagai alternatif, misalnya dengan menggunakan aroma terapi atau musik klasik yang aan membantu anda untuk tidur nyenyak ketika malam hari.