data-ad-format="auto"

Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Memasuki usia kehamilan di trimester kedua, kebanyakan ibu hamil sudah tidak mengalami keluhan yang berat.Terlebih ketika ibu sudah mulai beradaptasi dengan kondisi tubuhnya. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan sudah dapat membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan kehamilannya di usia kehamilan 4-6 bulan ini.

 

Meskipun demikian bukan berarti semua ibu hamil dapat terbebas dari keluhan kehamilan. Beberapa ibu hamil bahkan merasakan keluhan dari awal hingga akhir kehamilan. Ibu hamil harus dapat membedakan keluhan yang biasa dan keluhan yang mengarah pada kondisi membahayakan.

Melalui artikel kali ini kami akan memberikan gambaran seputar kehamilan di trimester kedua, keluhan yang sering terjadi, perkembangan janin dan perubahan ibu hamil disertai dengan tips menghadapi kehamilan di trimester kedua dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berikut adalah perubahan dan perkembangan yang terjadi selama trimester kedua dan yang harus dilakukan untuk menghadapi kehamilan di trimester kedua.

Kondisi Ibu Hamil

Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester KeduaIbu hamil memasuki trimester kedua seringkali mengalami linea atau munculnya garis gelap vertikal di bagian perut. Sekitar perut hingga pusar yang memanjang dan meregang pada bagian kulit inilah yang menjadi kondisi yang khas pada ibu hamil di usia 4-6 bulan. Penyebab utamanya karena kandungan yang semakin membesar sehingga kulit meregang.

Perubahan yang terjadi kepada ibu hamil selanjutnya adalah daerah leher dan beberapa bagian tubuh ibu hamil yang mengalami perubahan warna kulit. Kulit ibu hamil tampak menjadi semu hitam, pigmen kulit yang berubah ini seringkali dikhawatirkan oleh ibu hamil. Anda tidak perlu cemas, karena setelah melahirkan akan mengalami kondisi normal kembali.

Seiring dengan usia kehamilan yang semakin bertambah, perawatan yang dilakukan oleh ibu hamil harus diwaspadai terlebih kandungan bahan kimia yang dapat membahayakan anak tercinta, sehingga sebaiknya ibu hamil melakukan perawatan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia dalam perawatan kulit, rambut dan tubuh selama kehamilan.

KOndisi yang sangat signifikan di usia kehamilan trimester kedua adalah payudara yang semakin membesar. Kondisi ini dikarenakan menjelang usia kehamilan akhir, produksi susu sudah mulai dipersiapkan. Bahkan bentuk payudara semakin berubah, menjadi lebih besar dan cenderung lebih gelap dan mengalami kolostrum yang sudah dihasilkan.

Ketidaknyamanan ibu memasuki trimester kedua dikarenakan ibu hamil pada trimester kedua mengalami perubahan pada area kewanitaan yang cenderung mengalami kondisi seperti keputihan. Kondisi ini harus dicermati oleh ibu hamil, keputihan yang normal tidak membahayakan akan tetapi apabila mengalami keputihan yang disertai dengan bau, berwarna , gatal dan rasa sakit pada area kewanitaan harus diwaspadai. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan mengenai masalah keputihan yang tidak normal tersebut.

Delapan dari sepuluh ibu hamil mengeluhkan kondisi yang tidak nyaman dengan bagian kepala selama trimester kedua. Ibu hamil lebih cenderung mengalami sakit kepala akibat volume darah yang terus bertambah. Bahkan apabila ibu hamil mengalami kondisi psikis yang bermasalah akan mengakibatkan sakit kepala yang lebih berat dibandingkan ibu hamil tanpa tekanan.

Berbeda dengan trimester awal, pada usia kehamilan ibu di trimester kedua seringkali ibu mengalami kenaikan berat badan dikarenakan mengalami kenaikan nafsu makan yang bertambah dan mengalami perubahan fisik yang lebih signifikan.

Kondisi ini diperparah dengan timbulnya keluhan pegal-pegal, sakit punggung dan lebih mudah lelah pada ibu hamil. Beberapa ibu hamil mengalami kondisi yang semakin berat diakhir usia kehamilan trimester kedua. Bahkan karena kondisi yang tidak nyaman ini membuat ibu mengalami gangguan tidur, lebih sensitif dan timbulnya gangguan seperti noda dan jerawat.

Perkembangan Janin di Trimester Kedua

Kali ini kami akan membantu anda memberikan gambaran mengenai usia kehamilan di trimester kedua yang berhubungan dengan kondisi janin pada usia ini. Kondisi janin di trimester kedua mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan dalam membentuk organ-organ penting.

Perkembangan janin di trimester kedua didahului dengan jari tangan dan juga jari kaki yang sudah dapat terindentifikasi dengan baik, bahkan sudah dapat terlihat ketika di USG. Kelengkapan jari tangan dan kaki disertai dengan mulai terbentuknya alis, kelopak mata, bulu mata dan kuku pada janin sehingga penting sekali untuk menjaga kehamilan dengan memperhatikan kesehatan ibu dan janin yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin.

Masih pada usia awal kehamilan di trimester kedua, sistem saraf dan detak jantung sudah dapat terdeteksi alat doppler. Bahkan organ reproduksi bayi sudah dapat berkembang dan janin memasuki ukuran 15-24 dan berat hingga mencapai 113 gram pada awal trimester kedua kehamilan. Perkembangan semakin signifikan di usia akhir trimester kehamilan kedua hingga mencapai ukuran 30 cm dan mengalami berat hingga mencapai 900-1000 gram.

Perkembangan bayi yang lebih signifikan terlihat pada usia kehamilan di trimester kedua dimana kulit bayi dilapisi dengan vernix caseosa yaitu yang melindungi bagian kulit bayi dari paparan cairan ketuban sebelum bayi lahir. Bahkan perkembangan di akhir usia trimester kedua ditandai respon bayi yang mudah untuk ditanggapi dengan gerakan dan denyut nadi sehingga memberikan gerakan yang menyentak dan juga bayi sudah mengalami cegukan.

Tips Menghadapi Trimester Kedua Kehamilan

Sebagian ibu hamil mengalami adaptasi di trimeseter kedua kehamilan sehingga tidak mengalami keluhan yang begitu menanggangu akan tetapi sebagainnya lagi ibu hamil mengalami kondisi yang menyiksa membuatnya tidak nyaman.Beberapa keluhan yang dialami oleh ibu hamil dapat diatasid dengan cara-cara di bawah ini :

1. Usia kehamilan yang semakin bertambah maka seringkali perut yang semakin membesar akan membebani pencernaan, oleh karenanya ibu seringkali mengalami nyeri ulu hati. Atasi dengan makan dalam porsi sedikit akan tetapi sering dan perhatikan kondisi tubuh ibu hamil. Relaksasi otot dan saluran pencernaan dengan melakukan senam senam kehamilan sehingga tidak mengalami ketegangan.

2.Kondisi selanjutnya yang berhubungan dengan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi untuk menghindari terjadinya sembelit dan wasir. Kondisi ini diperparah pada ibu hamil di trimester kedua yang seringkali duduk terlalu lama, anda dapat mengatasi dengan gerakan ringan sesekali berdiri atau berjalan-jalan disela aktivitas anda.

3. Diusia kehamilan trimeseter kedua, perhatikan pula aktivitas anda. Hindari mengangkat yang berat-berat dan membebani tekanan perut anda. Anda dapat melakukan senam hamil dan latihan pernapasan untuk mempersiapkan persalinan secara normal.

4. Memasuki usia akhir trimester kedua, kondisi tubuh ibu hamil semakin membesar, untuk membuat ibu hamil nyaman sebaiknya ibu hamil menggunakan baju yang longgar sehingga mudah beraktifitas dan tidak menekan bagian perut yang sudah semakin membesar. Hindari pula menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi.

5. Terakhir yang harus diperhatikan ketika memasuki trimester akhir adalah kesiapan psikis ibu hamil yang didukung oleh suami dan lingkungan sekitar sehingga membuat ibu hamil lebih siap secara mental dalam menghadapi persalinan yang semakin dekat. Menghindari stress juga dapat dilakukan dengan relaksasi dengan menggunakan musik dan aroma terapi yang membuat ibu hamil lebih nyaman.