data-ad-format="auto"

Senam Air untuk Ibu hamil

Keluhan yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah nyeri punggung atau panggul selama kehamilan. Sakit punggung sering kali meningkat pada awal kehamilan dan menggangu aktivitas sehari hari, apalagi untuk anda yang memiliki aktivitas di luar rumah seperti wanita karir terkadang hal ini membuat pekerjaan anda tidak optimal. Bagi anda yang mengalami masalah dengan kehamilan sebaiknya anda melakukan perawatan senam hamil di dalam kolam renang yang dikhususkan sesuai dengan kehamilan anda.

Senam air untuk ibu hamil bertujuan untuk meningkatkan kebugaran secara alami dan dapat memperkuat otot untuk menghindari sakit punggung dan tentunya bagi ibu hamil efek dari air akan memberikan relaksasi. Kelebihan melakukan senam air anda dapat melatih otot otot di dalam perut dan juga mengurangi ketegangan yang biasanya di alami dibagian punggung. Perlunya senam hamil dilakukan dikarenakan adanya perubahan yang dialami selama kehamilan apalagi yang terkait dengan sendi yang melemah dan peningkatan berat badan ibu hamil. Senam air merupakan latihan yang tepat untuk ibu hamil terkait dengan perubahan fisik dan psikologis yang terjadi di dalam kehamilan.

Dengan berlatih di dalam air akan mendukung berat badan dan melatih otot selama kehamilan begitu juga dengan tekanan air yang akan membantu anda bergerak. Senam air merupakan senam pilihan yang terbaik untuk stamina kehamilan, dimana senam ini dirancang khusus untuk ibu hamil. Senam air tidak akan memberikan beban yang berlebihan sehingga akan mengurangi beban terhadap tulang dan sendi, membantu anda mengurangi resiko cedera. Senam yang dilakukan di dalam air akan meringankan beban kaki serta punggung dan memberikan manfaat pada paru paru anda.

Senam air tidak menuntut banyakan gerakan sehingga apabila dilakukan secara teratur minimal tiga kali sehari dengan durasi 50 menit dapat mengurangi rasa sakit ketika menghadapi persalinan dan juga memperlancarkan proses persalinan. Anda dapat mengikuti kelas senam air akan tetapi apabila anda kesulitan mendapatkan kelas senam air anda dapat melakukannya sendiri atau dibantu oleh suami anda. Pada dasarnya senam air tidak menggunakan hentakan sehingga aman untuk kehamilan anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berikut adalah beberapa panduan yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan senam air :

1.    Perhatikan asupan cairan selama anda melakukan kegiatan latihan termasuk anda sedang melakukan senam air, siapkan air minum untuk menggantikan cairan yang hilang selama senam. Anda dapat mengganti cairan anda dengan minum secara teratur 10-14 menit ketika istirahat latihan.

2.    Pilihlah baju renang yang akan menyangga bagian tubuh anda terutama bagian atas yaitu payudara dan juga perut. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi anda selama melakukan senam di air.

3.    Anda dapat melakukan gerakan perlahan dengan tenang dikarenakan air akan mengurangi sebagian berat badan anda sehingga anda dapat dengan mudah melakukan gerakan senam.

4.    Bagi anda yang akan melakukan senam air sebainya menghindari sinar matahari antara pukul 10.00 hingga 16.00. Apabila anda terpaksa melakukannya anda dapat menggunakan sun cream untuk menjaga kulit anda selama kehamilan yang sensitif terhadap sinar matahari.

Adapun salah satu gerakan yang digunakan pada senam air seperti yang dilansir dari fitpregnancy.com yaitu cross country ski dengan melakukan berdiri dengan sedikit membungkuk, kemudian mengayunkan kaki kanan anda ke depan dengan lutut yang ditekuk sedangkan kaki kiri anda mendorong ke belakang, secara perlahan ayunkan tangan anda berlawanan dengan kaki.

Loading...

Follow us