Resep Menu Buka Puasa Sup Daging Sapi Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil yang Lezat

Ibu hamil yang ikut menjalankan ibadah puasa, perlu memperhatikan betul asupan makanan yang dikosumsinya.

Sebab bila tidak maka hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya dan si janin. Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan hidangan kali ini yakni sup daging sapi sayuran untuk menu berbuka anda.

puasa-sup-daging-sayur.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sup Daging Sapi Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil yang Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 300 gr daging sapi
  • 1 kuntum brokoli
  • 2 buah wortel
  • 2 buah kentang
  • 5 buah buncis

BUmbu-Bumbu Masakan:

  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 1 liter air
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Daun seledri secukupnya, cincang
  • 4 sdm kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan Pelengkap:

  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Nasi hangat

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sup Daging Sapi Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil yang Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Penting sekali untuk mengetahui bagaimana membersihkan daging dan sayuran yang menjadi bahan utama pada masakan kali ini. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut perlu dibersihkan secara merata dan dijaga kehigienisannya agar makanan yang disantap oleh ibu hamil sehat dan aman untuk si janin yang tengah dikandungnya. Nah, untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan bahan-bahan utama pada resep maka kita akan bahas pada langkah selanjutnya.
  2. Untuk yang pertama kita akan potong-potong terlebih dahulu daging sapinya secara merata. Gunakan pisau untuk memotong bahan ini secara merata. Potong-potong daging dengan bentuk dadu dengan ukuran yang anda inginkan. Masukkan daging kedalam wadah dan bersihkan secara merata dengan menggunakan air yang mengalir.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan mempersiapkan kentangnya. Kupas kentang dari kulitnya dan bentuk kotak-kotak dengan menggunakan irisan bergerigi untuk membuat garis yang lebih cantik pada potongan kentang. Masukkan dalam wadah dan sisihkan.
  4. Selanjutnya adalah wortel bersihkan kulitnya dan potong dengan bentuk bulat dengan ketebalan sekitar 1-2 cm. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Untuk buncis, buang bagian ujungnya dan potong dengan bentuk memanjang seukuran 3 cm dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan.
  6. Yang terakhir adalah brokoli. Untuk bahan yang satu ini anda hanya perlu memotongnya dengan arah kuntum. Potong dengan perlahan dan masukkan dalam wadah untuk kemudian cuci secara terpisah semua bahan sayuran ini sampai bersih dan merata.

Cara Membuat Sup Daging Sayur:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini dapat dilakukan dengan merebus daging dalam panci dengan air yang sudah disiapkan. Gunakan api yang sedang untuk merebus daging dan rebus bahan ini sampai matang dan empuk secara merata.
  2. Sementara itu, silahkan siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak kedalamnya. Tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi panas secara merata.
  3. Kemudian tumis bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk sampai semua bahan ini mengeluarkan aroma sedap yang enak.
  4. Setelah selesai masukkan tumisan kedalam panci dan aduk-aduk secara merata. Ikuti dengan memasukkan sayuran dengan tingkat kematangan lebih lama yakni kentang terlebih dahulu.
  5. Setelah kentang mulai terlihat setengah matang silahkan masukkan wortel dan yang paling terakhir adalah buncis bersama dengan brokoli. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
  6. Masukkan bumbu seperti garam dan kecap manis kedalamnya. Merica bubuk jangan lupa anda masukan. Aduk-aduk bahan tersebut sampai tercampur dan cicipi pula bumbunya sampai pas.
  7. Masukkan daun bawang, seledri dan juga potongan tomat saat hendak diangkat. Masak sampai matang dan layu.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam manguk saji untuk kemudian berikan tauran bawang goreng dan nikmati dengan bahan pelengkap lainnya.

Video Hari Ini

Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak
Bangga dari Prestasi atau Kebesaran Hati?

Bangga dari Prestasi atau Kebesaran Hati?.

Posted by Bidanku on Friday, April 4, 2017