data-ad-format="auto"

Resep Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Gizi dan kehamilan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.

Apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan juga dirasakan oleh si janin yang dikandungnya. Nah,  untuk ibu hamil yang ikut menjalankan ibadah puasa maka asupan makanannya harus dijaga dengan baik. Pilihlah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Yuk, simak resep membuat sajian labu siam kuah bening yang enak dibawah ini. 

puasa-sayur-labu-siam.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Bahan-Bahan Utama:

  • 1 buah labu siam
  • 100 gram tahu cina
  • 100 gram wortel

Bahan dan Bumbu:

  • 1 tangkai daun seledri, dipotong-potong
  • 2.000 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • 6 cm temukunci
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok makan garam

Bumbu yang Diiris:

  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 2 buah cabai merah, diiris miring
  • 8 butir bawang merah, diiris tipis

Bahan Pelengkap:

Membuat Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Pertama kita akan bersihkan terlebih dahulu labu siamnya secara merata. Hal ini penting sekali karena mungkin ada sebagian dari anda yang masih belum mengetahui bagaimana membersihkan labu siam yang baik dan benar. Untuk itu, berikut kami jelaskan untuk anda. Caranya dapat dilakukan dengan memotong terlebih dahulu salah satu ujung labu siam lalu gosok-gosokan secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan getah pada labu secara merata.
  2. Setelah itu, lakukan dibagian ujung yang lainnya dan gosok-gosok kembali secara merata sampai getah bisa dibersihkan secara merata.
  3. Setelah selesai silahkan potong-potong labu dengan bentuk kotak-kotak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Selanjutnya untuk wortel silahkan bersihkan terlebih dahulu bagian kulitnya dan potong dengan bentuk bulat tipis-tipis saja. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Nah, untuk tahu cina masukkan tahu kedalam wadah dan siapkan tatakan bersama dengan pisau. Potong dengan bentuk kotak secara perlahan karena tahu umumnya mudah hancur.
  6. Terakhir adalah dengan membersihkan semua bahan yang sudah anda potong-potong secara merata. Bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir sampai bersih merata.

Cara Membuat Labu Siam Kuah Bening:

  1. Untuk membuat sajian masakan kali ini dapat dilakukan dengan merebus air terlebih dahulu dalam panci. Lalu masukkan kedalamnya temukunci bersama dengan duan salam. Masak kedua bahan ini dalam rebusan air sampai mendidih secara merata.
  2. Setelah itu silahkan masukkan bumbu yag telah diiris secara merata da biarkan bahan tersebut layu dalam rebusan air.
  3. Selanjutnya adalah dengan mamasukkan bahan utama yakni labu siam kedalam rebusan bumbu. Aduk-aduk bahan ini secaa merata.
  4. Setelah itu masukkan wortel bersama dengan garam dan gula. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai semuanya tercampur. Cicipi pula bumbunya sampai pas. Bila anda merasa bumbu masih kurang maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.
  5. Terakhir, silahkan masukkan daun seledri bersama dengan tahu cina yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk dengan perlahan dan biarkan sementara sampai matang secara merata.

Setelah itu angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk saji. Anda bisa menambahkan bawang goreng sebagai bahan pelengkap untuk membuat sajian kali ini menjadi lebih nikmat dan lezat. Demikian resep kali ini semoga bermanfaat dan selama menikmati.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan