data-ad-format="auto"

"Daerah-Daerah Berbahaya" Di Rumah Bagi Balita

Rumah adalah tempat bernaung kita. Rumah menjadi tempat tumbuh kembang sebuah keluarga. Dan rumah juga merupakan arena utama bagi balita kita sebagai tempat bermain. Sebagaimana kita ketahui, masa-masa balita adalah masa-masa penjelajahan, masa dimana sang buah hati ingin mengetahui berbagai hal termasuk di setiap sudut rumah kita. Jika tidak menjaga keamanan bagi balita, bisa-bisa rumah menjadi tempat yang sangat berbahaya bagi anak. Oleh karena itu orang tua perlu melindungi buah hati dari hal-hal yang dapat membahayakan anak di rumah kita.

 

Berikut adalah beberapa hal atau bagian dari rumah kita yang dianggap berbahaya bagi balita:

Lokasi: WC

Alat cukur Kumis atau Gunting

Jangan sampai anak meraih benda-benda tersebut. Jelaslah anak bisa terluka karenanya. simpanlah benda-benda tersebut di tempat yang tidak bisa terjangkau anak, jika perlu, simpan di kabinet atau lemari gantung anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Kosmetik dan Obat-obatan Kecantikan

Balita memiliki kebiasaan memasukan benda ke mulut. jangan sampai peralatan kosmetik atau obat-obatan anda terjangkau olehnya. Keracunan akan menjangkit anak anda jika sampai dia memasukan bahan dan obat-obatan kosmetik ke dalam mulutnya. Simpan di tempat yang tidak terjangkau anak lebih baik simpan dalam kabinet

Toilet

Usahakan memiliki toilet yang bisa ditutup (biasanya toilet duduk) dan pastikan selalu tertutup jika toilet tidak digunakan. Toilet jongkok sangat licin jika diinjak oleh balita anda, dan dikhawatirkan anak anda bisa terjatuh. Jika memiliki toilet jongkok, Buatkanlah penutup khusus untuk toilet jongkok.

Lokasi: Ruang Tengah

Peralatan Elektronik

DVD/VCd Player cukup berbahaya juga bagi balita, terutama slot tempat cd yang keluar jika akan memasukan cd. Jari balita bisa terjepit ketika slot tempat cd tertarik ke dalam player. Jika memiliki dvd/vcd player seperti itu, apalagi biasanya tempat penyimpanananya selalu di bawah tv yang mudah terjangkau anak, usahakan tempat penyimpanannya tertutup. Sehingga anak sulit tidak bisa sembarang pijit ke dvd/vcd player.

Lemari TV atau Rak Buku

Meskipun tidak memiliki keahlian memanjat, anak akan selalu penasaran terhadap benda yang dianggapnya menarik yang tersimpat di lemari tv atau rak buku, sehingga dia akan mencoba memanjat dan meraihnya.Karena untuk merubah lemari atau rak cukup sulit, awasi saja balita anda jangan sampai lengah dan mendapati anak anda memanjat lemari

Benda-benda kecil yang berserakan

Kancing, peniti, jarum dan benda kecil lainnya jangan sampai berada di lantai. Ingat, balita suka memiliki kebiasaan memasukan benda ke mulut, hati-hatilah akan hal ini. Selalu bersihkan lantai anda dari barang-barang kecil.

Furniture

Sudut lemari, sudut meja atau ujung kursi yang terbuat dari kayu cukup bisa membuat terluka jika anak terbentur ke tempat-tempat tersebut. Oleh karena itu sekarang sudah banya beredar penutup ujung sikut meja, atau lemari atau kursi dari bahan-bahan lembut, sehingga aman bagi anak anda.

Kelistrikan

stop kontak, saklar, terminal stop kontak, steker, kabel listrik usahakan jauh dari jangkauan anak. Stop kontak usahakan tertutup atau buat penutupnya untuk sementara. Semuanya sangat berbahaya bagi anak.


 

Lokasi: Dapur

Magnet Kulkas

Kulkas biasanya sering di hiasi dengan magnet-magnet kecil yang menempel pada pintu kulkas. Usahakan hiasan-hiasan kecil ini simpan dulu ditempat yang tidak terjangkau anak,karena ya itu kebiasaan anak yang suka memasukan barang ke dalam mulutnya

Peralatan Dapur

Microwave, Blender, Pisau, garpu adalah beberapa contoh peralatan dapur yang harus tersimpan aman tidak terjangkau anak jika tidak sedang di pakai. Anak bisa terluka karenanya jika memainkan peralatan dapur tersebut

Kompor

Jangan sampai anak anda mendekati barang yang satu ini meskipun anda sedang tidak menggunakannya. Tidak ada pengecualian untuk hal ini.

Peralatan Mencuci

Sabun cuci, detergen pencuci baik cair, bubuk atau cream hindarkan dari jangakuan anak. Bahan kimia yang terdapat di dalamnya bisa membuat anak keracunan jika sampai tertelan olehnya.

Barang Pecah Belah

Gelas, piring dan barang pecah belah lainnya harus disimpan di tempat yang tidak terjangkau. Kalaupun kabinetnya berada di bawah, usahakan bisa di kunci

Tempat Sampah

Balita memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi terhadap barang-barang tertentu, meskipun barang itu sudah tersimpan di tempat sampah. Kita tentunya tidak mau anak kita bermain dengan sampah-sampah. Oleh karena itu sembunyikan tempat sampah dalam kabinet dapur untuk sementara, atau belilah tempat sampah yang memiliki penutup yang aman

Ruang-Ruang Lainnya

Gudang

Jika memiliki ruang gudang, kuncilah selalu gudang tersebut. Gudang biasanya terdapat banyak tumpukan atau perkakas yang bisa melukai si kecil.

Ruang Setrika atau Ruang Cuci

Jika memiliki khusus ruangan ini kuncilah selalu, jangan sampai buah hati anda bermain dengan setrika ataupun memijit-mijit tombol mesin pencuci. Ketika anda menggunakan ruangan tersebut, kunci juga, karena  siapa tahu ternyata buah hati anda menyelinap tidak ketahuan masuk ke ruangan tersebut.