Pencegahan Penyakit Osteoporosis

Penderita osteoporosis akan mengalami kepadatan tulang yang memburuk sehingga mengalami ruang kosong yang menjadikan tulang mudah rapuh. Umumnya terjadi pada bagian tulang luar dan juga trabekular sehingga menjadi bagian yang rapuh dan tipis. Penderita osteoporis memiliki tulang yang mudah patah sehingga ketika mengalami cedera sedikitpun akan berakibat fatal. Bahkan pada penderita osteoporis yang parah, batuk yang keras akan mengalami patah pada bagian tulang belakang.

Lebih berbahaya lagi apabila penderita mengalami osteoporosis parah dikarenakan dapat berpotensi mengalami kelumpuhan. Sehingga penderita osteoporosis yang parah akan menyebabkan sakit yang parah, penderita osteoporosis akan mengalami penurunan mobilitas, berkurangnya fungsi paru-paru, susah tidur, mengalami patah tulang di bagian pergelangan tangan, tulang belakang dan pinggul dan mengalami kecacatan tulang belakang.

Dengan mengetahui penyakit osteoporosis yang berbahaya dan mengancam kesehatan anda, sebaiknya anda melakukan pencegahan segera mungkin. Hal ini disebabkan penyakit osteoporosis merupakan penyakit tanpa gejala yang spesifik sehingga kebanyakan penderitanya tidak menyadari sudah terkena penyakit osteoporosis.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pencegahan :

1. Pemenuhan Kalsium dan Vitamin D

Disarankan untuk mengkonsumsi susu minimal 2 gelas setiap hari untuk dapat memenuhi kalsium dan vitamin D setiap harinya.

2. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebih (obesitas) cenderung meningkatkan resiko osteoporosis. Sehingga anda sangat disarankan untuk menjaga berat badan sehingga tidak mengalami beban bagi tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Jangan abaikan nyeri tulang

Tulang yang mengalami kolaps, hancur dan kepadatannya berkurang maka akan mengalami nyeri pada bagian tulang sehingga apabila anda seringkali mengalami nyeri pada bagian tulang sebaiknya jangan diabaikan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kesehatan tulang.

4. Diet ekstrim memicu osteoporis

Wanita seringkali berupaya untuk melakukan diet ekstrim untuk mendapatkan berat badan yang diharapkan padahal diet yang ekstrim sangat buruk untuk kesehatan. Dengan diet yang ekstrim maka tubuh akan kehilangan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

5. Olahraga teratur

Pola hidup sehat memang sangat menentukan kesehatan tubuh di masa yang akan datang, salah satunya yang berhubungan dengan kesehatan tulang. Olahraga teratur akan mengurangi resiko terjadinya penyakit osteoporosis pada usia yang muda sehingga anda dapat rutin melakukan olahraga.

6. Mengkonsumsi suplemen kalsium Menopause

Wanita yang mengalami menopause maka mengalami hormon estrogen yang berkurang kesehatan tulang menjadi berkurang. Untuk tetap menjaga kesehatan tulang setelah menopause anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium khusus untuk ibu yang mengalami menopause.

7. Batasi konsumsi garam

Mengkonsumsi natrium yang berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya pada kesehatan tulang. Natrium yang berlebihan akan menyebabkan kalsium ke luar dari urine. Sehingga anda dapat membatasi kehilangan kalsium dengan cara membatasi konsumsi natrium dari makanan awetan atau garam secara langsung.

Dengan demikian pola hidup yang sehat sangat menentukan kesehatan tulang anda di masa yang akan datang. Penyakit osteoporosis sangat sulit untuk dihindari akan tetapi dapat dicegah sehingga kejadiannya dapat diperlambat terlebih bagi wanita yang sangat rentan terkena penyakit osteoporosis.