Menu Makanan Bayi Usia 12 Bulan

Memasuki kehadiran satu tahun bayi anda, banyak tingkah laku yang membuat anda terkesan selain gerakan yang semakin terampil, kosakata bahasa yang dimiliki sudah mulai meningkat walaupun tidak jelas. Pada tahun pertama, bayi anda sudah memiliki permainan favorit yang akan membantu dalam melatih kemampuan otot-otot dan kecerdasan. Meskipun masih terbatas, anda dapat mendampingi dan memberikan arahan pada bayi anda kemudian memberikan kesimpulan, hal ini ditujukan untuk dapat memberikan arahan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dalam kehidupan sehari-hari. Membacakan buku dogeng bisa menjadi pilihan anda, ketika memberikan pengertian yang nantinya membantu anak anda dalam merealisasikan dalam kehidupan nyata. Dengan kemampuan bahasa yang lebih meningkat, memudahkan anda dalam memberikan latihan-latihan kecil untuk mengenal organ tubuh dan benda disekelilingnya.Pada usia ini, sudah bisa mengambil keputusan sendiri, bimbingan dari anda akan membantu memberikan keputusan yang terbaik untuk melatih kemandiriannya.

Nutrisi Tepat Untuk Usia 12 Bulan

Tumbuh kembang bayi dalam 0-2 tahun merupakan perkembangan terpenting, termasuk dalam pemberian nutrisi yang seimbang sehingga tumbuh secara optimal. Kandungan nutrisi yang penting dapat anda berikan di setiap menu makan setiap harinya. Meskipun terkadang nafsu makan mulai menurun karena beberapa faktor diantaranya tumbuh gigi dan gangguan kesehatan (pilek, batuk dll). Anda dapat memberikan beberapa menu makan yang lebih variatif dengan sajian bentuk-bentuk yang menjadi favoritnya. Libatkan dalam makan bersama keluarga sehingga dapat memulai beradaptasi dengan menu keluarga anda, meskipun demikian tidak semua menu makanan keluarga dapat diberikan, berasa tajam, pedas dan struktur keras sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Anda dapat mengatur jadwal makan denngan teratur, seperti berikut:

Pagi 07.00 : nasi tim
Pagi 10.00 :cemilan
Siang 12.00: nasi tim
Siang 14.00 : buah potong
Sore 17.00 : nasi tim

Kebutuhan gizi yang harus tercukupi pada usia ini adalah karbohidrat dalam 12-16 sdm bisa didapat dari nasi tim (berasal dari beras merah/putih, jagung, kentang, mie), protein nabati dan hewani yang dapat diberikan 1-2 porsi, susu sebanyak 280-320 kkal. Asupan vitamin dan mineral penting sebagai zat pengatur dan pelindung, vitamin didapat dari jenis sayur dan buah. Ketika usia ini, sudah dapat memilih makanan, mungkin saja tidak menyukai sayuran, anda dapat mengakalinya dengan memasuki sayuran dalam bentuk cemilan tertentu sehingga tanpa disadari sudah dikonsumsinya.

Menu Makanan Bayi 12 Bulan

A.  Nasi Tim Telur Sayuran

Bahan :

  1. 50 gram beras merah
  2. 1 butir telur
  3. 50 gram sawi putih dicincang
  4. 50 gram tahu dihancurkan
  5. 1 buah tomat dibuang bijinya
  6. 5 sdm susu cair
  7. 2 sdm daging sapi yang dicincang
  8. 20 gram bayam merah diiris halus
  9. 500 cc air
  10. 3 sdt margarin

Cara Membuat :

  1. Pertama tama masukan beras merah, sawi putih, bayam merah dan susu cair, tambahkan pula air ke dalam mangkuk tahan panas kemudian tim.
  2. Panaskan margarin,kemudian campurkan telur ,tahu dan daging sapi hingga menjadi orak orik.
  3. Rendam tomat kemudian blender, berikan sedikit gula dan garam untuk menambah rasa. Panaskan hingga sedikit mengental,sisihkan.
  4. Sajikan nasi tim dengan orak-arik dan siraman saus tomat.

B.  Cemilan Sehat

Pai Sayuran

Bahan :

Kulit.

  1. 350 gram tepung terigu
  2. 125 gram margarin
  3. 2 butir telur

Isi.

  1. 50 gram wortel direbus kemudian potong dadu
  2. 50 gram kacang polong beku, seduh
  3. 50 gram brokoli, dicincang halus
  4. 50 gram jamur kancing, dicincang
  5. 200 ml susu cair
  6. 50 gram keju cheddar, parut

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan kulit, uleni hingga kalis. kemudian ratakan. Sediakan loyang pai yang sudah diolesi margarin tipis, sisihkan.
  2. Campurkan bahan isi pai secara merata
  3. Tuang ke dalam adonan pai isi nya kemudian oven selama 180 derajat celcius.