Mengapa Ukuran Perut Ibu Kecil Meski Usia Kandungan Sudah Tua?

Meskipun usia kehamilan ibu hamil sama akan tetapi terkadang mempunyai ukuran perut saat mengandung yang berbeda. Apabila terlihat sekilas, ada yang memiliki ukuran yang terlihat besar dan adapula yang terlihat kecil. Kenapa ukuran perut masih terlihat kecil padahal sudah menginjak trimester ketiga, apakah ukuran perut kecil menandakan bahwa janin anda sedang bermasalah? Small for dates atau dikenal dengan ukuran kandungan yang kecil merupakan keadaan dimana secara kasat mata kandungan tampak lebih kecil dibandingkan dengan kehamilan normalnya, sedangkan apabila janin anda gerakanya melambat mungkin beresiko mengalami gangguan pada perkembangan janin, untuk mengetahui apakah kondisi bayi anda aman maka sebaiknya melakukan USG agar dapat dideteksi penyebab awal dari kondisi tersebut.

Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, beberapa kondisi seperti hamil di usia muda atau diatas usia 35 tahun akan beresiko dua kali lipat mengalami ukuran perut yang lebih kecil di usia kehamilannya meskipun terbilang usia kehamilan tua, sehingga sebaiknya yang harus anda lakukan adalah memperhatikan asupan nutrisi agar tetap tercukupi sesuai dengan kebutuhan harian dan juga hindari stres yang akan menyebabkan masalah pada janin. Untuk mengetahui ukuran perut kecil pada ibu hamil meskipun usia kandungan sudah tua adalah disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

1.    Gangguan plasenta

Bagi ibu hamil yang sedang mengandung beberapa kemungkinan dapat terjadi salah satunya adalah masalah plasenta yang terjadi antara ibu dan janin, masalah ini akan berkaitan dengan kondisi kesehatan ibu hamil yang mengalami nyeri tidak tertahankan seperti sedang mengalami masalah dengan tekanan darah dan penyakit pada organ hati.

2.    Kebiasaan merokok dan minum alkohol


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Penyebab paling umum dari ukuran kandungan yang kecil adalah dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat sebelum dan semasa kehamilan. Kebiasaan buruk yang akan mengakibatkan ukuran perut anda mengecil diantaranya adalah kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

3.    Masalah Genetik

Tidak saja gaya hidup akan tetapi faktor keturunan yang berhubungan dengan gangguan perkembangan pada janin dapat bermasalah pada bentuk perut hingga masih tampak kecil pada usia kehamilan tua, meskipun begitu masalah genetik ini dapat pula dipicu karena adanya infeksi pada tubuh ibu hamil.Adapula yang menghubungkan antara

4.    Usia Ibu Hamil

Terakhir adalah usia kehamilan pada ibu hamil sendiri yang akan berpengaruh pada ukuran kandungan. Apabila ibu hamil mengandung pada usia kehamilan di bawah 18 bulan atau diatas 35 tahun kemungkinan resiko meningkat menjadi dua kali lipat untuk memiliki ukuran kandungan yang lebih kecil. Meskipun demikian sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga tidak mengganggu pertumbuhan janin di dalam rahim. Kehamilan pada usia 31 minggu akan tetapi masih memiliki kandungan yang kecil dideteksi bermasalah dengan peredaran darah

Dengan demikian penting sekiranya untuk menjaga kesehatan anda selama kehamilan, apalagi yang berhubungan dengan asupan nutrisi, istirahat dan pemeriksaan kehamilan yang terjadwal untuk mendapatkan bayi yang sehat. Perhatikan pula gaya hidup anda sehingga tidak membuat cepat lelah dan membuang kebiasaan makanan dan minuman tidak sehat seperti junk food, minuman bersoda, minuman beralkohol.