data-ad-format="auto"

Membedakan Flek Darah Sebagai Tanda Kehamilan di Luar Masa Haid

Munculnya flek darah di luar masa haid setelah berhubungan, mungkinkah hamil? Berikut adalah cara membedakan flek darah sebagai tanda kehamilan . Baca juga: Tanda-Tanda Orang Hamil

 

Pendarahan ringan yang menghasilkan flek memang sering terjadi pada ibu hamil muda.Meskipun kondisi tersebut merupakan wajar terjadi pada ibu hamil muda akan tetapi banyak ibu hamil yang cemas dan khawatir akan menganggu kesehatan janin .

Sebenarnya flek yang tidak membahayakan pada kesehatan ibu dan janin memiliki ciri yang berbeda dengan flek darah menstruasi atau kondisi abnormal kehamilan. Sebagai ibu hamil tanda kehamilan harus diketahui sepenuhnya, terlebih tanda-tanda kehamilan akan muncul di minggu pertama pembuahan karena faktor perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh .

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Membedakan Flek Darah Sebagai Tanda Kehamilan di Luar Masa Haid

Flek darah yang terjadi pada wanita dapat dibedakan berdasarkan penyebab yaitu sebagai tanda memasuki siklus menstruasi, tanda kehamilan ataupun sebagai kondisi usia muda kehamilan yang berbahaya .

Artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membedakan flek darah sebagai tanda-tanda kehamilan yang tidak perlu anda khawatirkan bila terjadi .

Flek darah yang terjadi pada ibu hamil muda disebabkan karena implantasi bleeding atau penanaman embrio pada dinding rahim.Flek saat hamil muda ini merupakan hasil konsepsi yang kurang sempurna sehingga diperlukan pemeriksaan diusia kehamilan yang sangat muda untuk memantau perkembangan embrio .

Penyebab lainnya sebagai tanda hamil muda karena adanya perubhaan hormon yang terjadi pada tubuh wanita hamil. Kondisi ini penyesuaian tubuh yang diperlukan dalam proses kehamilan, walaupun kondisi  flek ini tidak akan membahayakan .

Bahkan infeksi pada area mulut rahim akan menjadikan peradangan yang menyebabkan mulut rahim yang lunak ketika hamil tergores dan menyebabkan peradangan ringan. Selanjutnya dapat disebabkan karena faktor psikis ibu hamil yang lelah. Kondisi tubuh ibu hamil yang perlu diperhatikan , stres pada ibu hamil tidak baik untuk kondisi tubuh selama perkembangan janin . 

Ciri dari flek darah sebagai tanda kehamilan tidak membekas pada celana dalam meskipun pendarahan terjadi di dalam tubuh. Kemudian jumlah yang terjadi tidak dalam jumlah yang banyak dan terjadi hanya 2-3 hari saja .

Sedangkan pada kehamilan muda yang harus diwaspadai adalah ketika munculnya flek darah yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.Kemudian banyak darah yang keluar menyerupai menstruasi bahkan kondisi tubuh disertai dengan gejala yang terjadi ketika flek darah terjadi misalnya kram perut yang tidak tertahankan.  

Kondisi ini dapat disebabkan karena penempelan embrio tidak pada tepatnya ataupun karena kelainan darah yang mungkin terjadi karena perbedaan rhesus ataupun lainnya .

Adapun bila anda mengalami pendarahan ketika hamil muda, meskipun hanya terjadi satu hari akan tetapi dalam jumlah darah yang banyak diserta dengan kontraksi dan rasa nyeri yang luar biasa maka anda harus segera berkonsultasi denan dokter kandungan untuk mengetahui kondisi anda dan janin.

Dengan demikian flek yang terajdi pada ibu hamil muda, yaitu usia 2-3 bulan sebaiknya diperhatikan dari jumlah, waktu berlangsung dan kondisi tubuh ketika mengalami flek darah tersebut. Flek darah yang ringan dapat terjadi dan tidak membahayakan.Kondisi ini dikarenakan adanya implantasi bleeding yaitu penempelan di dinding rahim .

Sedangkan bagi anda yang mengalami pendarahan dalam jumlah yang banyak disertai dengan riwayat keguguran ataupun rasa sakit yang tidak tertahankan maka konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya.