Memilih mainan untuk bayi harus disesuaikan dengan usianya. Mengingat perkembangan bayi pada setiap bulannya berbeda sehingga fungsi permainan untuk menstimulasi bayi dapat berfungsi dengan optimal. Bayi ada yang memasuki usia 5 bulan menunjukan perkembangan seperti keinginan untuk menjangkau benda yang dianggapnya menarik dan sudah mulai memegangnya. Ketika ditawarkan beberapa mainan dia menyesuikan posisi tangan untuk menerimanya. Kemampuan mengenali dirinya pada usia lima bulan mulai terangsang ketika melihat dirinya di hadapan cermin. Walaupun kemampuan berbahasanya belum maksimal akan tetapi sudah mulai ditunjukan dengan mengoceh atau merespon ajakan bicara anda. Kemampuanya tersenyum sangat membuat anda bangga apalagi ketika diajak permainan ringan oleh anda.

Pada usia bayi 5 bulan, mainan akan bermanfaat untuk mengolah otot-ototnya melalui gerakan misalnya ketika bayi anda belajar merangkak, anda dapat menjauhkan sedikit demi sedikit mainannya akan membuatnya penasaran untuk meraihnya sehingga akhirnya dapat merangkak. Mainan akan membantu perkembangan motorik bayi secara kasar dan halus sehingga lambat laun gerakan meraih benda yang berwarna dan berbunyi merespon beberapa kemampuannya. Tidak hanya itu dengan bantuan mainan bayi anda akan belajar dalam mengembangkan kemampuan panca inderanya. Beberapa maianan akan membantu dalam bersosialisasi dengan lingkungannya , melatih kemampuan emosinya sehingga bayi anda tidak mudah rewel. Meskipun demikian anda tetap harus selektif dalam memilih permainan bayi. Jangan memilih mainan dengan harga yang mahal tetepi tidak memberikan manfaat untuk  bayi anda.

Selain itu jangan tertarik dengan bentuk mainan saja tapi perhatikan keamanan bayi yang meliputi bahan yang tidak membahayakan, cat tidak mudah mengelupas, dan terbuat dari bahan yang kuat karena pada umumnya bayi anda di usia 0-18 masih berada di fase oral. Mainan yang terlalu kecil sebaiknya dihindari diusia 5 bulan dikhawatirkan beberapa komponen mainan bayi anda yang terlalu kecil sehingga membahayakannya. Hindari membeli model atau bentuk yang sama karena bayi anda akan mudah bosan, mainan yang terlalu rumit kurang disenangi oleh bayi. Dengan menggunakan mainan anda telah memberikan nilai pembelajaran secara menyenangkan, pilihlah maianan yang tepat sehingga bayi anda dapat mudah menguasainya. Di usia lima bulan dengan menggunakan balok mengingat pada usia ini bayi sudah bisa duduk.

Warna yang mencolok membuat bayi semakin penasaran. Anda dapat meletakan bayi anda di kursi yang diberikan ganjalan kemudian memulai satu balok dan biarkan bayi anda terbiasa ,anda dapat memperhatikan cara memegang baloknya. Beberapa diantaranya ada yang sengaja menaruh balok nya secara penasaran seperti menimbang nimbang, membanting, menyimpan dengan halus atau mudah bosan dengan balok satu dan mengambil yang lainnya. Permainan yang bernilai edukasi ini ternyata sangat membantu dalam memberikan latihan pada jemari bayi anda dalam memegang dengan kuat benda di tangannya. Bagi anda yang akan memilih permainan untuk bayi berusia 5 bulan dapat dengan bola-bola yang berukuran sedang, seimbangkan mainan aktif dan pasif sehingga kemampuan geraknya dapat berkembang optimal. Pilih model yang menarik dengan warna warni yang mencolok dan bunyi yang disukai bayi anda. Tekstrur yang berbeda bisa anda kenalkan untuk mengoptimalkan indera perabanya , bola yang lembut kemudian bola yang berduri lembut bisa menjadi pilihan anda dalam menentukan mainan bayi di usia ini.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum