Tips Mainan Bayi Usia 4 Bulan

4/5 (6)

Berikut adalah beberapa permainan yang dapat anda pilih untuk usia 4 bulan :

1.    Menggantungkan benda yang berbunyi

Anda dapat menggantungkan benda yang menghasilkan bunyi sehingga bayi anda tertarik dengan bunyi yang dihasilkan dari benda tersebut, selain itu warna-warna yang ceria yang terdapat pada benda yang digantung akan merespoon visual bayi anda untuk meraihnya. Bahannya disarankan yang ringan dan ikatkan dengan kuat untuk menghindari jatuhnya benda tersebut. Di usia 4 bulan gerakan aktif dari tangan dan kakinya sudah mulai berkembang, anda bisa mengingatkan beberapa bola di kereta bayi sehingga merespon tendangan dari kakinya.

2.    Bermain dengan bola

Meskipun terkesan seperti permainan yang dikhususkan untuk bayi laki-laki, ternyata bola juga diminati oleh wanita. Pilih bola dengan warna-warni yang ukurannya sedang, bila terlalu kecil dikhawatirkan akan dimasukan ke mulutnya begitu juga dengan terlalu besar yang mengakibatkan kesulitan geraknya.

3.    Bermain alat musik

Alat musik mainan yang bisa anda perkenalkan di usia 4 bulan adalah drum, cara memainkan yang mudah dan merangsang kemampuan gerakan tangan bayi anda. Tentu saja drum dengan ukuran kecil mengingat di usia ini gerakan bayi anda hanya bisa mengguling-gulingkan badannya dengan mainan drum yang ringan dan bisa menghasilkan bunyi membuatnya dia tertarik . Sesekali anda bisa menjauhkan sedikit demi sedikit untuk memberikan ketertarikan meraih benda tersebut. (Artikel berkaitan: Mainan Bayi )

4.    Mainan ikat

Mainan jenis ini bisa anda ikatkan di tangan atau kakinya dengan begitu ketika gerakannya lebih aktif maka akan menggerakan benda tersebut.Bagi anda yang ingin memperkenalkan mainan ini perhatikan ikatannya, usahakan tidak menggunakan tali yang terlalu panjang sehingga membuat bayi anda kesulitan dalam bergerak. Ikatannya tidak terlalu ketat hingga menggangu peredaran bayi anda.

5.    Mainan Merangkak

Pada usia 4 bulan, keinginan untuk meraih benda yang berada disekitarnya sudah mulai tumbuh sehingga dengan cara menggeserkan tubuhnya atau dengan merangkak bisa menjadi cara bayi anda. Ada beberapa permainan yang dapat menstimulasi gerakan merangkak bayi anda berupa benda-benda favoritnya dengan menggunakan tali, ketika bayi ingin meraihnya anda dapat menjauhkan sedikit demi sedikit, gerakan mainan tersebut sehingga dapat merangsang keterampilan fisik motoriknya.

6.    Cermin Berbahan Plastik

Sesekali anda dapat mengajaknya bermain didepan cermin dengan permainan ringan seperti  ‘ciluk-ba’ atau sekedar melatihnya berbicara untuk dapat mengeli beberapa organ tubuhnya. Selain itu cermin yang terbuat dari bahan plastik bisa anda berikan pada bayi anda sehingga bayi bisa bercermin sendiri dan mengenali pribadinya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel