data-ad-format="auto"

Kenali Penyakit Asma - Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Penyakit asma masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius di tanah air. Hingga sampai saat ini terjadi peningkatan terhadap penyakit pernafasan ini baik dari segi angka morbiditas atau pun mortilitas asma. Data mencetak jika pravelensi asma di Indonesia berkisar hingga 5% dan 9% atau hingga mencapai 5 sampai 7 juta orang yang terjangkit dengan penyakit asma. Dan sebanyak 2 juta diantara penderitanya memerlukan perawatan intensif akibat serangan asma akut yang terbilang cukup beresiko.

Umumnya, para penderita yang mengharuskan kondisinya dirawat atau mendapatkan penanganan intensif, disebabkan karena pasien atau pendertia mengalami keterlambatan diagnosa, serta penanganan yang kurang tepat. Yang mana hal inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu yang sangat bermasalah dalam penanganan penderita asma.

Penyakit asma tentu tidak datang secara tiba-tiba dan membuat pasien didiagnosa menderita asma akut. Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit asma juga datang dengan beberapa gejala sebelum berkembang menjadi sebuah penyakit akut dan berat yang membutuhkan penanganan medis yang intens. Keterlambatan diagnosa ini umumnya lebih bayak dipengaruhi karena faktor dari pasien itu sendiri yang enggan atau segan memeriksakan kesehatannya ke ahli medis.

Seringnya mengabaikan dan menganggap remeh sebuah penyakit inilah yang akhirnya membuat pasien mengalami keterlambatan diagnosa. Untuk itulah, mengingat perlu sekali menangani penyakit asma pada seorang pasien yang terjangkit asma, maka pengenalan pada penyakit, gejala dan cara pencegahannya penting sekali diketahui. Nah, berikut ini ada beberapa pengetahuan dan pengenalan mengenai penyakit asma, gejala dan cara pencegahannya.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Apa Itu Penyakit Asma?

Asma merupakan sebuah kondisi kesehatan dimana saluran pernafasan pada bagian bronkhial paru-paru mengalami penyempitan sehingga bereaksi pada pasiennya mengalami kesulitan untuk bernafas. Biasanya penyakit asma ini bisa menyerang atau kambuh dengan tiba-tiba dan bisa juga dikarenakan oleh beberapa faktor yang memicu terjadinya serangan asma. Yang mana tentunya kondisi seperti ini akan sangat mengganggu dan membuat seseorang kesulitan menjalankan aktivitas normal sehari-harinya bahkan pada kondisi yang buruk bisa menyebabkan seseorang kepayahan dan tak akan mampu melakukan aktivitas seperti biasanya. Dengan adanya penyempitan pada saluran pernafasan ini mengakibatkan munculnya gejala dan ciri-ciri seperti tersengal-sengal, batuk, sesak nafas bahkan sampai mengeluarkan bunyi sewaktu bernafas (bengi).

Penyakit asma tidak bisa disembuhkan secara total. Hanya saja bisa dikurangi dengan mengetahui sumber pemicu timbulnya asma dan menghindarinya. Untuk itulah sebaiknya awali dengan mendiami dan mengusahakan tempat tinggal dan lingkungan sekitar anda benar-benar bersih.

Lantas Apakah Gejala yang Menandakan Seseorang Terserang Penyakit Asma?

Tanda-tanda, gejala atau peringatan awal  yang akan dialami penderita asma sebelum munculnya serangan asma dalam tubuhnya ini sifatnya unik untuk setiap individu. Selain itu, pada individu yang sama pun, gejala awal bisa sama, hampir sama atau mungkin sama sekali berbeda. Beberapa tanda awal sebelum timbulnya penyakit asma mungkin dideteksi hanya oleh orang yang bersangkutan. Sementara peringatan awal yang lain lebih mungkin terlihat oleh orang lain. Nah, berikut ini ada beberapa tanda atau gejala pada penderita asma sebelum munculnya asma

1.    Kesulitan Bernafas

Gejala serangan asma yang pertama adalah dengan timbulnya tanda sulitnya bernafas. Jika seseorang yang sedang menjalankan aktivitas atau kegiatan sehari-harinya dan dengan tiba-tiba ia merasakan kesulitan bernafas seperti terasa begitu sesak. Bisa jadi hal ini mengindikasikan bahwa orang tersebut mengidap asma. Jika hal ini terjadi segera konsultasikan ke dokter untuk lebih jelasnya.

2.    Nyeri Pada Bagian Dada

Perasaan sakit pada daerah sekitaran dada bisa juga merupakan salah satu gejala penyakit asma, biasanya berupa perasaan tekanan dan terasa berat yang menyerang daerah bagian dada. Segera periksakan ke dokter atau ke klinik terdekat jika kondisi ini menyerang anda.

3.    Sering Merasa Panik dan Cemas

Jika seseornag seringkali mengalami cemas dan panik pada beberapa hal kecil yang terjadi dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini juga bisa mengindikasikan gejala asma. Namun tentunya hal ini bisa dicegah dan dihindari dengan menengangkan diri dan berkonsultasi dengan ahli medis.

4.    Batuk Terus-Menerus

Salah satu gejala yang paling sering dikaitkan dengan serangan penyakit asma adalah dengan batuk yang terjadi secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek. Jika anda mengalami gejala ini tidak ada salahnya segera berkosultasi ke dokter. Beberapa gajala diatas menunjukan bahwa telah terjadi perubahan pada saluran pernafasan dan aliran udara dalam pernafasan menjadi terhambat. Untuk itu, tindakan penanganan perlu sekali dilakukan utnuk mengatasi gejala-gejala tersebut agar tidak semakin memburuk.

Lalu Apakah Penyebab yang Memicu Timbulnya Penyakit Asma?

Seara medis peyebab penyakit asma masih belum diketahui secara pasti dan penderita peka terhadap sebuah rangsangan seperti gangguan emosi, polusi udara, bulu binatang dan lain sebagainya. Namun tentunya, jika yang memicu timbulnya penyakit asma disebabkan karena beberapa faktor tersebut hal ini bisa dihindari dengan tidak mendekati sumber pemicu asma. Sementara penyabab lainnya bisa juga disebabkan karena tersumbatnya saluran pernafasan oleh lendir yang kental, dalam kasus ini si penderita akan mengalami mudah menarik nafas namun sulit mengeluarkannya kembali.

Nah, adapun beberapa pemicu yang seringkali menyebabkan penyakit asma atau kambuhnya penyakit asma pada seorang penderitanya adalah:

  • Polusi udara (asap rokok, asap kendaraan, debu, zat kimia, debu pasir dll)
  • Bulu binatang
  • Infeksi saluran pernafasan
  • Rasa cemas, stres dan ketakutan
  • Serbuk sari
  • Olaraga terlalu berlebihan
  • Udara dingin

Bagaimana Pencegahan dan Pengobatan Terhadap Penderita Asma?

Hingga saat ini penyakit asma berlum bisa disembuhkan dengan total. Adapun beberapa obat-obatan yang disarankan oleh dokter hanya sebatas penanganan yang berupa pencegahan semata. Obat yang dianjurkan pun dapat membantu membuat saluran pernafasan terasa lebih longgar yang terjadi pada penderita asma bukan menyembuhkan asma yang dideritanya.

Namun tentunya jangan khawatir, penyebaran dan penularan penyakit asma dapat dicegah dengan mulai mendeteksi dan mengenali penyakit anda. Apabila anda sering mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas dan seringkali batuk-batuk dimalam hari. Maka segeralah pergi ke dokter dan yang terpenting dalam mencegah suatu penyakit adalah dengan menghindari sumber atau penyebabnya itu sendiri. Jadi pastikan jika anda selalu menghindari sumber dan pemicu yang bisa membuat asma anda kambuh atau membuat anda secara tiba-tiba terserang asma. Pastikan juga jika lingkungan tempat tinggal anda bersih dan terhindar dari kotor dan tumpukan debu.

Penyakit asma adalah sebuah penyakit saluran pernafasan yang akan membuat seseorang sulit bernafas dan tentunya membuat kondisi ini tidak nyaman. Untuk itu, tindakan penanganan sedini mungkin akan membantu meringankan beban pada penderitanya. Artikel ini diharapkan mampu beberikan pengetahuan baru dan membuat seseorang mampu mengenali penyakit dan gejala asma sedini mungkin sehingga penanganan yang tepat bisa segera didapatkan.