data-ad-format="auto"

Keluhan Ibu Hamil 3 Bulan

Dipenghujung usia kehamilan trimester pertama , ibu hamil yang berada di usia  3 bulan mengalami beberapa keluhan yang menggangu aktivitas sehari-hari.Bahkan ibu hamil belum bisa sepenuhnya beradaptasi dengan kondisi kehamilan di bulan ke 3. Perasaan berat menjalani kehamilan dirasakan oleh sebagian ibu hamil.

Kondisi yang sangat wajar terjadi pada ibu hamil di bulan ke 3, mengingat perubahan hormon dan fisik ibu hamil yang semakin meningkat. Hanya saja apabila dibiarkan dan menganggu aktivitas ibu hamil akan menyebabkan gangguan yang hebat, sehingga dibutuhkan solusi untuk menghadapi kehamilan diakhir trimester pertama  ini.

Keluhan yang terjadi pada ibu hamil diantaranya adalah keluhan yang berhubungan dengan kondisi normal kehamilan atau kondisi abnormal yang mengancam kesehatan ibu dan janin.Pemantauan kesehatan sangat diperlukan untuk mengetahui ibu hamil mengalami keluhan yangn normal atau abnormal. Oleh karena itu diperlukan peran aktif ibu hamil yang didukung oleh suami dan keluarga untuk mengetahui wawasan kehamilan di usia 3 bulan dan juga berkonsultasi dengan dokter kahamilan/ bidan.

keluhan kehamilan 3 bulan

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kali ini kami akan bahas mengenai kehamilan di usia 3 bulan yang berhubungan dengan keluhan normal dan abnormal disertai dengan solusi menghadapi keluhan ibu hamil di usia 3 bulan. Sehingga ibu hamil dapat mengetahui gejala awal dan solusi pencegahan untuk menunjang aktivitas sehari-hari selama kehamilan.

Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Sebelum mengetahui keluhan kehamilan di usia 3 bulan, salah satu yang harus anda ketahui adalah perkembangan janin di usia 3 bulan. Hal ini sangat berhubungan sekali dengan kondisi fisik dan psikis ibu hamil. Sehingga anda dapat mengetahui juga bagaimana solusi untuk keluhan tanpa menganggu perkembangan dan pertumbuhan janin di usia 3 bulan tersebut.

Usia kehamilan 3 bulan terutama pada akhir semester pertama janin sudah terbentuk bahkan sudah dapat terlihat organ utuh. Bentuk janin menyerupai manusia pada umumnya, bahkan semua fungsi organ sudah mulai terbentuk dan berkembang sepenuhnya.

Pada usia kehamilan 3 bulan , semua bagian wajah sudah terbentuk diantaranya hidung, mata, mulut dan telinga. Bahkan pada usia akhir trimester pertama ini , usia janin mempunyai 32 bakal gigi permanen yang siap tumbuh dan berkembang. Selanjutnya pada bagian jari , jari-jari kecil sudah mulai tumbuh bahkan melihat kuku dalam kecil yang siap tumbuh, di bagian jemari tangan dan kaki.

Meskipun pada usia kehamilan 3 bulan, organ intim janin belum terbentuk dengan sepenuhnya, sehingga belum dapat memastikan jenis kelamin bayi. Hanya saja untuk bagian tulang dan otot sudah mulai terbentuk secara sempurna. Fungsi syaraf, otot dan otak janin yang sudah berfungsi menyebabkan janin dapat bergerak dan melakukan respon di usia kehamilan 3 bulan.

Pergerakan di dalam kandungan oleh janin belum dapat dirasakan karena ukuran yang amat kecil.Meskipun sangat masih muda, hanya saja periode janin untuk dapat berlatih menelan, menghisap dan juga buang air kecil sudah mulai berfungsi.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil di Usia 3 Bulan

Selanjutnya yang harus disikapi dalam menghadapi kehamilan adalah perubahan ibu hamil. Perubahan ibu hamil dibagi menjadi dua bagian yaitu perubahan secara psikis dan fisik. Pada usia kehamilan 3 bulan, ibu hamil lebih sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh psikis.Hal ini dipengaruhi oleh hormon yang terjadi selama kehamilan di trimester awal kehamilan.

Pada usia kehamilan 3 bulan, ibu mengalami pembesaran buah dada. Kondisi ini ditandai dengan payudara yang membesar dan kencang dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang meningkat. Hormon kehamilan ini menimbulkan pelebaran pembuluh darah , sehingga menyebabkan ukuran bra menjadi sesak dan tidak nyaman.

Dalam usia 3 bulan kehamilan, daerah sekitar aorela menjadi berwarna gelap dan mengalami peningkatan persediaan darah secara keseluruhan di dalam tubuh dan akan tampak pada bagian buah dada seperti bayangan pembuluh vena di bagian kulit buah dada.

Kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil di usia 3 bulan antara lain sering mengalami buang air kecil. Pertumbuhan rahim akan menekan kandung kecing. Selain itu ada perubahan hormonal yang menyebabkan terjadi buang air kecil yang sering pada ibu hamil.

Ibu hamil di bulan ke 3 kehamilan, seringkali menunjukan gejala mual dan muntah. Mual terhadap aroma makanan tertentu sehingga menghindari mengkonsuminya. Kondisi ini normal terjadi karena adanya peningkatan hormonal di dalam tubuh ibu hamil. Hanya saja kondisi mual dan muntah akan sedikit berkurang di usia kehamilan 3 bulan.

Perubahan yang sangat menganggu di usia kehamilan 3 bulan adalah merasa lelah, kondisi ini terjadi karena ibu yang umumnya aktif bekerja kini seringkali malas dan letih melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.Bahkan kondisi ini diperparah dengan kondisi emosional ibu hamil di usia 3 bulan yang semakin meningkat.

Ibu hamil di usia 3 bulan juga mengalami keluhan seperti kelelahan, rasa mual, tekanan darah rendah dan perasaan depresi sehingga memicu sakit kepala. Kondisi sakit kepala yang ringan masih umum terjadi pada ibu hamil akan tetapi apabila hingga mengalami gangguan sakit kepala yang tak tertahankan , sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Solusi Keluhan Ibu Hamil Usia 3 Bulan

Bagi ibu hamil yang mengalami keletihan, mual muntah, pusing dan perubahan emosional  di usia 3 bulan masih dalam kondisi normal, sedangkan untuk solusinya sendiri. Berikut adalah cara yang terbaik untuk mengatasi beberapa keluhan yang sering terjadi di usia kehamilan 3 bulan :

1. Istirahat yang cukup selama kehamilan, terutama istirahat di malam hari

2. Mengerjakan pekerjaan semampunya , jangan terlalu memaksakan sehingga dapat memicu anda depresi dan keletihan yang berat

3. Anda dapat meminta bantuan suami dan keluarga lainnya dalam melakukan pekerjaan anda

4.Olahraga ringan khusus ibu hamil akan membantu untuk mengurangi letih .

5. Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami mual muntah, makan dalam porsi kecil tetapi sering .

6. Konsumsi makanan selingan seperti roti kering, biskuit dan minuman hangat ketika bangun pagi dan juga sebelum tidur .

7. Perbanyak minum air putih , sehingga dapat mengurangi rasa mual dan muntah

8. Bangun pagi secara perlahan, jangan tergesa gesa beraktivitas untuk mengurangi morning sickness

9. Gunakan pakaian yang nyaman dalam menghadapi perubahan fisik selama kehamilan

10. Ganti celana dalam dan ukuran bra sesuai dengan perubahan yang terjadi selama hamil untuk membuat anda nyaman .

 11. Untuk mengurangi pusing ,sebaiknya anda dapat mengurangi ruangan yang pengap,udara yang segar adalah solusi bagi anda .

12.Apabila terasa pusing , anda dapat berbaring dan bagian kaki ditinggikan atau duduk berlutut dengan satu lutut dan tubuh dibungkukan ke depan.

13. Konsultasikan dengan dokter anda apabila keluhan yang terjadi semakin mengganggu anda.