Flek Hitam, Tanda Kelahiran Semakin Dekat?

Flek hitam seperti bercak darah yang mengering sering kali ditemukan melekat pada celana dalam ibu hamil, bahayakah? Keluarnya flek atau bercak darah dari organ intim saat ibu hamil sering kali membuat cemas dan bertanya-tanya, hal ini dikhawatirkan menandakan kehamilan bermasalah oleh sebagian ibu hamil. Spotting atau keluarnya flek hitam yang merupakan pendarahan yang ringan dapat terjadi kapan saja selama kehamilan terutama pada awal kehamilan atau menjelang persalinan. (Artikel bersangkutan: Tanda Melahirkan)

Umumnya, ibu hamil mengalami spotting (keluar flek) pada saat trimester pertama. Anda tidak perlu panik, ini merupakan bagian alami dari kehamilan. Meskipun demikian anda dapat membedakannya dengan flek yang menandakan kehamilan bermasalah. Keluarnya flek pada kehamilan bermasalah disertai dengan komplikasi dan jumlahnya cukup banyak. Sehingga pilihan tepat adalah dengan memeriksakan ke dokter kandungan untuk dilakukan penanganan yang terbaik untuk kesehatan anda dan janin.

Flek hitam yang dianggap normal tidak akan berlangsung lama, hanya satu atau dua hari saja. Adapun penyebab keluarnya flek pada saat kehamilan diantaranya adalah perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan. Meskipun flek hitam dinyatakan aman selama kehamilan akan tetapi apabila terjadi di trimester kedua dengan jumlah yang banyak dan juga terjadi sering, bisa jadi merupakan awal tanda masalah pada organ kewanitaan anda. Diantaranya adalah terjadi luka pada leher rahim yang dapat disebabkan karena pemeriksaan yang melukai leher rahim, adanya penyakit pada vagina, atau mioma pada rahim. Sedangkan beberapa ibu hamil mendapati flek hitam pada celana dalam menjelang persalinan (diatas usia kehamilan 38 minggu), betulkah tanda kelahiran akan datang? Flek hitam yang menempel pada celana ibu hamil menjelang persalinan, diawali dengan warna kecoklat-coklatan , kemudiam coklat muda, lalu coklat hingga mendekati warna darah. Sebenarnya tidak saja flek hitam (berupa bercak darah dalam jumlah sedikit) yang dapat dijadikan tanda-tanda anda memasuki persalinan, berikut tanda-tanda persalinan semakin dekat:

1.    Pada usia kehamilan anda yang semakin tua apalagi sering kali mengalami kontraksi sebaiknya anda mempersiapkan diri, kontraksi atau rasa mules sering kali terjadi bertahap, sedangkan menjelang persalinan lebih sering hingga 10 menit sekali.

2.    Mengeluhkan sakit pada bagian tubuh tertentu, diantaranya adalah sakit pada panggul dan tulang belakang. Sakit yang dialami ibu hamil dikarenakan adanya pergeseran dan pergerakan janin yang menekan tulang. Kemudian hal yang umum terjadi pada ibu hamil menjelang persalinan adalah sakit pada selangkangan.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


3.    Kondisi ibu hamil yang sering kali pergi ke toilet untuk buang air kecil pada usia kehamilan minggu 38-42, merupakan tanda persalinan semakin dekat.

4.    Di trimester akhir kehamilan anda memang dituntut untuk jeli, salah satunya keluarnya air dari area kewanitaan anda, berbau amis dan jumlah yang semakin banyak sehingga membasahi pakaian dalam anda bisa jadi tanda air ketuban yang telah pecah sehingga harus segera dibawa ke tempat bersalin.

5.    Selanjutnya tanda menjelang persalinan yang harus dikenali oleh ibu hamiil adalah rahim yang membuka di trimester akhir, ditandai dengan rahim membuka pada pembukaan pertama hingga memasuki bukaan kesepuluh.

Dengan demikian, bagi calon ibu flek hitam yang anda alami tidak selamanya sebagai tanda-tanda melahirkan. Flek hitam yang dihasilkan oleh ibu hamil harus diketahui jumlah, kondisi keluhan lainnya dan usia kehamialan. Periksakan pada bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan yang tepat.