Ciri Keputihan Bahaya, Cari Tahu?

Miss.V anda sering mengeluarkan berwarna dan berbau tidak sedap, sesekali anda merasakan gatal dan rasa nyeri di area miss.V. Meskipun keputihan dianggap hal biasa oleh sebagian wanita di dunia, akan tetapi jika terjadi nya seperti ciri-ciri tersebut anda mesti waspada dan melakukan konsultasi kepada dokter. Keputihan merupakan tanda bahwa alat reproduksi anda bermasalah bahkan atau bahkan jika sudah parah memberikan tanda bahwa anda sedang menderita penyakit kelamin.

Keputihan atau dikenal dengan bahasa kedokteran flour albus yaitu keluarnya cairan dengan jumlah yang banyak selain darah di Miss.V . Tidak semua keputihan berbahaya karena keputihan bisa disebabkan oleh faktor psikologis seseorang misalnya akan mendekati periode haid, setelah haid, menjelang monopouse atau bahkan mengalami awal kehamilan (baca: Keputihan saat hamil). Keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang disebabkan oleh adanya infeksi oleh mikroorganisme .Anda bisa mencari perbedaan nya dengan mengetahui gejala dan ciri-ciri dari bentuk, warna, bau dan reaksi pada Miss.V .

Bakteri

Vaginosis bakteri (Gardnerella Vaginitis) merupakan penyebab utama terjadinya kelainan bau dan juga munculnya cairan yang berlebih selain darah pada vagina. Bakteri ini berkembang di area Miss.V sehingga menggangu bakteri baik (lactobacillus) di area Miss.V. Bakteri jenis ini akan meningkat jika anda tidak menjaga pola hidup sehat seperti melakukan hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan, merokok, vaginal douche, penggunaan alat konstrasepsi yang tidak sehat.JIka bakteri ini dibiarkan dan anda memasuki kehamilan maka akan menyebabkan bayi prematur, kerusakan membran kehamilan, infeksi pasca melahirkan. Adapun ciri anda sedang terserang bakteri ,maka Miss.V akan mengalami keputihan dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Mengeluarkan cairan yang berlebihan
  2. Cairan berwarna kuning atau putih
  3. Cairan berbau amis
  4. Cairan tipis dan tidak mengumpal
  5. Nyeri ketika melakukan hubungan seksual

Pengobatan dengan berkonsultasi dengan dokter. Setelah dokter mendiagnosa vaginosis bateri sesuai dengan hasil pemeriksaan dan test laboratorium maka akan diberikan pengobatan berupa gel atau krim vagina bahkan bentuk tablet dan kapsul yang harus diminum sesuai dengan resep doter.

Jamur

Jamur candidas atau monila merupakan jenis jamur yang dapat meginfeksi Miss.V . Jamur jenis ini merupakan jamur ragi yang tumbuh di area Miss.V. Perkembangan jamur candida disebabkan oleh sistem imun yang rendah, penggunaan antibiotik, luka bakar, pola makan, kanker, AIDS. Candida albicans secara alami dihasilkan oleh tubuh akan tetapi jika perkembanganya berlebih akan menyebabkan beberapa masalah. Adapun keputihan yang disebabkan infeksi jamur candida memiliki ciri :

  1. Keluarnya cairan berlebih
  2. Berwarna putih susu
  3. Bentuk cairan sedikit kental
  4. Mengeluarkan bau tidak sedap
  5. Area Miss.V sering mengalami gatal

Parasit

Parasit Trichomoonas Vaginalis akan menginfeksi area Miss.V sehingga menyebabkan keputihan abnormal (bahaya). Parasit yang merupakan protozoa patogen ditemukan pada aluran genitourinaria manusia yang dapat menular ketika berhubungan seksual.Parasit ini dapat dikatagorikan pemicu penyakit menular hubungan seksual. Keputihan jenis ini dapat menular melalui perlengkapan mandi, bibir kloset yang tidak bersih. Adapun ciri keputihan yang terinfeksi oleh parasit ini adalah sebagai berikut :

  1. Keluarnya cairan yang sangat kental
  2. Cairan berbuih
  3. Berwarna kuning, kehijauan
  4. Berbau
  5. Nyeri pada lubang Miss.V

Pengobatan dapat dilakukan dengan konsultasikan kepada dokter agar mendapat hasil pasti penyebab keputihan melalui serangkaian test laboratorium.

Virus

Infeksi virus dapat menyebabkan keputihan yang menandakan tanda-tanda penyakit kelamin. Virus yang mungkin menyerang adalah condyloma, herpes,HIV/AIDs. Virus ini ditimbulkan karena pola hidup tidak sehat seperti penggunaan narkoba, berhubungan seks berganti-ganti pasangan, pola makan ,pola lingkungan. Adapun ciri-ciri keputihan yang terinfeksi virus adalah :

  1. Mengeluarkan cairan
  2. Munculnya kutil di area Miss.V
  3. Cairan berbau
  4. Cairan berwarna kekuningan, kecoklatan
  5. Timbulnya gatal dan panas

Pengobatan yang tepat adalah dengan konsultasi ke dokter sebelum terjadi penyakit kelamin yang berbahaya .

loading...