data-ad-format="auto"

Solusi Keputihan Gatal

Masalah wanita yang terkadang membuat tidak nyaman adalah mengalami gatal pada seputaran Miss.V. Seringkali gatal pada area Miss.V terjadi tanpa sebab. Sebenarnya sulit menemukan penyebab utama gatal sehingga untuk kasus tertentu dilakukanlah pengangkatan vulva untuk membuat rasa gatal hilang. Miss.V sering mengalami rasa gatal dapat dipicu oleh faktor kejiwaan yaitu frustasi, hubungan yang tidak baik dengan suami dan kegagalan dalam seks. Pengobatan untuk faktor kejiwaan adalah dengan melakukan konseling.

Faktor lain dapat timbul karena adanya masalah kesehatan seperti kutu kudis yang ditularkan ketika sedang berhubungan seksual dengan pasangan yang sedang menderita kudis, tumor di daerah kewanitaan atau terjangkit penyakit menular seksual yang memicu timbulnya bau amis pada vagina. Selain itu ganguan lokal di luar Miss.V seperti terjadinya peradangan disebabkan penderita keputihan mengalami gatal yang tidak wajar. Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan dari Miss.V selain darah. Tidak semua keputihan berbahaya pada jenis tertentu keputihan adalah salah satu tandanya perubahan fisiologis. Akan tetapi, jika mengalami keputihan yang berbau amis, berwarna kekuning-kuningan, keabu-abuan dan kecoklatan disertai dengan rasa gatal ini merupakan tanda keputihan abnormal yang harus segera ditangani.

Gatal pada area Miss.V disebabkan oleh jamur candida albicans .Kandidas vagina harus ditangani dengan tepat karena jika tidak akan mengalami kebal bakteri. Selain gatal ada ciri lain seperti nyeri saat buang air kecil dan yang lebih parah penderita mengalami nyeri pada saat melakukan hubungan seksual. Keputihan yang disertai dengan rasa gatal seperti ini dapat menular kepada pasangan seksualnya. Pada pasangan (pria) infeksi jamur akan mempengaruhi Mr.P sehingga menyebabkan merah, mengembangkan lepuh.

Ciri Keputihan Gatal yang Berbahaya :

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

  1. Selangkangan terasa gatal
  2. Iritasi yang ditimbulkan rasa gatal berlebih
  3. Bau busuk
  4. Lendir yang dikeluarkan banyak
  5. Berwarna kekuning-kuningan, kehijauan, kecoklatan

Ada pula solusi yang tepat untuk menghilangkan keputihan yang gatal :

1. Menjaga Kelembapan

Kelempan ideal Miss.V adalah pH 3,8-4,2 bakteri baik (lackobacillus) akan mengalami peningkatan sehingga dapat menjaga keseimbangan alami.Untuk tetap menjaga kelembapan gunakan celana dalam katun yang dapat menyerap keringat.

2. Menjaga Kebersihan Miss.V

Menggunakan pembersih area kewanitaan yang instan tidak selamanya baik apalagi terdapat zat berbahan kimia karena akan merusak perkembangan bakteri baik. Oleh karena itu bilas dengan air bersih saja lalu keringkan dengan handuk atau tisu.

3. Mandi Bersih

Gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat dihindari dengan rutin berendam air panas dan gunakanlah produk yang mengandung balt salt.

4. Hubungan Seks Sehat

Hubungan seks beresiko menularkan jamur yang menyebabkan infeksi menular. Oleh karena itu menjaga kebersihan area kewanitaan sangat penting, bisa dilakukan dengan menggunakan antiseptik yang teruji.

5. Mengganti Pembalut

Wanita merasa pembalut yang tidak terlalu banyak darah haid masih aman untuk dipakai, padahal dalam kenyataan nya itu berpotensi menimbulkan iritasi. Mengganti pembalut yang disarankan yaiitu 4 jam sekali agar terhindar dari bakteri dan jamur .

6. Hindari Celana Ketat

Celana ketat selain akan menghambat peredaran darah juga menyebabkan Miss.V berkeringat. Keringat akan mengakibatkan jamur dan menimbulkan gatal. Usahakan tidak seharian mengenakan celana ketat untuk mendapatkan sirkulasi udara dan membatasi perkembangan jamur.

7. Hindari Menggaruk

Menggaruk organ intim ketika gatal malah akan menambah parah. Air panas juga tidak disaankan karena akan membuat Miss.V bertambah merah dan justru membuat gatal bertambah parah. Gunakan air es untuk mengopres atau dengan mengunakan PK yang dicampur dengan air dingin. Ambil 1 sendok teh PK ,campurkan dengan air .

8. Konsultasikan pada Dokter

Jangan malu untuk berkonsultasi dengan masalah keputihan. Dokter akan menyarankan mengunakan obat yang tepat sesuai dengan penyebab keputihan gatal anda.

Solusi dr. Boyke Dian Nugraha

Karena begitu berbahanya keputihan jika di biarkan, maka dr Boyke Dian Nugraha sebagai pakar seksolog Indonesia, mengeluarkan produk berupa tisu kesehatan. 

Tissue kesehatan yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Dengan formula bebas alkohol , ph balance dan extrak bahan alami, menjadikan sebagai pembasuh yang sangat lembut, aman, bebas iritasi dan segar sepanjang hari. 

Tissue ini Berkhasiat terhadap keputihan: 

  • Mengatasi & Mencegah Keputihan
  • Menghilangkan gatal-gatal pada organ intim
  • Mencegah jamur yang menyebabkan bau tak sedap
  • Menjaga agar kulit sekitar organ intim tetap sehat dan terawat.
  • Mencegah Kanker Serviks 

Info selengkapnya bisa di lihat di --> Keputihanku.com

Loading...

Follow us