Mendidik adalah cara untuk mengajak dan memotivasi anak anda dalam menciptakan lingkungan yang positif ,sehingga mengenali pengetahuan baru yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Mendidik anak adalah hal yang utama dalam memberikan pengenalan norma dan wawasan sehingga membentuk pribadi, sikap mental dan akhlak yang lebih baik. Banyak yang  salah mengartikan bahwa dengan memasukan anak anda ke sekolah, seperti pendidikan anak usia dini sudah memberikan cara mendidik anak terbaik padahal waktu anak untuk berinteraksi yang lama adalah bersama lingkungan dan keluarga. Bagi anda mendidik anak di rumah merupakan hal yang terpenting, mengingat pada usia anak-anak dikategorikan periode emas dimana kemampuan dan kebiasaannya akan menjadi dasar kehidupan di lingkungannya.

Berikut adalah beberapa cara mendidik anak di rumah :

1.   Mendidik untuk mandiri di usia dini

Sikap mendiri dapat anda tumbuhkan semenjak anak anda berusia dini. Berhentilah untuk melindungi anak anda, ketika fase anak anda bersosialisasi dengan teman sebayanya anda memberikan pengawasan saja tanpa mengekang atau melindungi kesalahan yang dia perbuat, tumbuhkan kebiasaan untuk dapat mengenali benda-benda miliknya untuk menjaga dan merapikan seusai bermain. Ketika memasuki masa sekolah berikan uang jajan dan usahakan untuk memberikan arahan dalam menggunakan uang jajannya seperti menyisihkan untuk menabung.

2.   Mendidik untuk mempunyai rasa ingin tahu yang positif

Keingintahuan di usia kanak-kanak memang tinggi beberapa benda atau peristiwa yang baru ingin dia ketahui ,sehingga untuk anda dapat belajar memberikan arahan dalam menemukan jawaban pertanyaanya dengan menghubungkan aktivitas sehari-hari yang mudah dia pahami. Apabila pertanyaan anak anda memasuki penjelasan yang membingungkan beri tahu intinya saja dengan beberapa kata untuk memudahkan pemahamannya dan arahkan penjelasan ke hal positif.

3.   Mendidik untuk berpendapat

Biarkan anak anda untuk berpendapat. Sebuah keterampilan hidup yang penting adalah kemampuan untuk melibatkan orang dari segala usia dalam percakapan. Memberikan kesempatan anak anda untuk berpendapat membuat rasa percaya dirinya tumbuh meskipun pada umunya anda sering kali mengabaikan karena menganggap bahwa pendapat anda selalu benar. Redam rasa egois  anda untuk memberikan teladan yang baik dalam mendengar pendapat orang. Sehingga saling menghargai bisa ditanamkan pada usia anak anda.

4.   Mendidik anak untuk hidup sederhana

Banyak fakta yang menunjukan bahwa anak yang sukses dahulunya berada di keluarga yang sederhana. Hal ini dikarenakan kesederhanaan yang anak-anak alami menjadi salah satu gaya kehidupanya. Memberikan penderitaan artifical bukan berarti anak anda harus menderita akan tetapi anak anda dikondisikan serba terbatas dalam menginginkan sesuatu sehingga memicu anak anda untuk bekerja keras, disiplin, menolong sesama dan peduli dengan lingkungannya. Ketika anak anda mengingankan mainananya anda dapat memberikan beberapa tantangan seperti mainan akan diberikan setelah anak anda membiasakan membersihkan kamarnya setiap hari.

5.   Mendidik anak menjadi teladan yang baik

Bila anak anda ingin memiliki pribadi yang baik sedangkan keluarganya tidak mendukung dengan kegiatan sehari hari ke arah teladan yang baik itu merupakan pekerjaan yang sia-sia. Sehingga untuk anda yang ingin mendidik anak untuk menjadi teladan yang baik harus dimulai dari anda dan keluarga yang terbaik. Berikan contoh kegiatan sehari-hari yang terbaik sehingga keteladan anak anda akan mencontoh perilaku anda. Contoh dalam kehidupan nyata adalah ketika anda melarang anak berbicara ketika makan sedangkan anda melakukan percakapan ketika makan, ini merupakan teladan yang buruk.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum