data-ad-format="auto"

Beberapa Kondisi yang Mengharuskan Anda Menunda Olahraga Setelah Melahirkan

Beberapa wanita yang mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan seringkali ingin berolahraga untuk kembali menurunkan berat badannya. Selain itu, olahraga yang dilakukan setelah melahirkan memang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat ini akan dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh usai melahirkan.

Selain itu, hal ini pun akan bermanfaat dengan baik untuk memperkuat otot usai melahirkan. Bukan hanya itu, olahraga yang dilakukan usai melahirkan pun akan dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh pada ukuran semula dengan lebih cepat.

Tak heran bila banyak wanita ingin cepat berolahraga usai melahirkan. Apalagi melihat banyak manfaat baik yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga ini. Baca juga: Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua

Akan tetapi, sebelum anda memutuskan melakukan olahraga usai melahirkan. Sebaiknya analisis beberapa kondisi ini dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan anda dengan baik.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Apakah Tubuh Sudah Siap Berolahraga Usai Melahirkan?

Untuk anda yang menjalani proses persalinan dengan metode normal, maka biasanya anda akan lebih cepat sembuh dan dapat melakukan olahraga dengan lebih dini. Hal ini tentu berbeda dengan mereka yang menjalani proses persalinan lewat operasi Caesar. Luka bekas operasi biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa sembuh seperti sediakala.

Dalam menentukan siap atau tidaknya tubuh anda melakukan olahraga usai melahirkan maka anda sendiri yang akan dapat menjawab pertanyaan yang satu ini. Rasakan tubuh anda dengan baik karena andalah yang paling memahami kemampuan dari tubuh anda.

Bila anda merasa tubuh sudah merasa segar dan tidak ada lagi rasa sakit yang tertinggal pasca persalinan. Maka olahraga akan bisa anda lakukan dengan baik. Sementara itu, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan wanita yang hendak menjalankan olahraga usai persalinan sebaiknya melakukannya dengan bertahap.

Kebanyakan ibu perlu menunggu selama hampir 6 minggu usai melahirkan untuk dapat melakukan olahraga dengan baik. hanya saja, sebaiknya untuk anda yang ingin melakukan olahraga ringan maka hal ini akan dapat anda lakukan sejak dini.

Beberapa Hal yang Perlu Membuat Ibu Menunda Olahraga Setelah Kelahiran

Melakukan olahraga mungkin memberikan manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Hanya saja, sebaiknya anda hati-hati pada saat melakukan kegiatan ini pasca melahirkan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu membuat ibu menunda olahraga setelah kelahiran.

Tidak Enak Badan

Pasca persalinan beberapa hari, anda mungkin masih mengalami beberapa keluhan seperti mual, muntah pusing dan seolah ingin pingsan disertai dengan kesulitan bernapas. Kondisi semacam ini tentu akan menghalangi anda untuk dapat melakukan olahraga dengan baik. Untuk itu, jangan paksakan tubuh anda terlalu keras.

Demam

Ibu yang baru saja menjalani proses persalinan juga bisa mengalami demam. Hal ini dapat terjadi ketika tubuh berupaya untuk melawan infeksi dari luar. Bila anda mengalami kondisi ini maka sebaiknya jangan paksakan untuk melakukan olahraga setelah persalinan.

Luka Bekas Operasi yang Belum Sembuh

Pada umumnya ibu yang menjalani operasi persalinan lewat operasi Caesar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjalani masa pemulihannya. Nah, bila anda masih merasa luka sayatan bekas operasi belum kunjung sembuh maka jangan paksakan kondisi ini. Sebaiknya beristirahatlah dan jangan terlebih dahulu melakukan olahraga dan memaksakan diri anda.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan dari beberapa kondisi diatas. Pada intinya memberikan waktu untuk tubuh anda menjalani masa pemulihan dengan baik perlu diprioritaskan dengan baik sebelum anda memutuskan untuk berolahraga pasca persalinan.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us