data-ad-format="auto"

9 Makanan Untuk Kecerdasan Anak

Meskipun kecerdasan anak dipengaruhi oleh faktor internal yaitu genetika akan tetapi beberapa faktor eksternal termasuk pada aktivitas fisik, stimulasi, asupan nutrisi dan kesehatan juga ikut berperan. Sehingga untuk anda sebagai orang tua sekiranya dapat membantu dalam memberikan asupan nutrisi yang terbaik dalam merangsang kecerdasan anak.

Berikut adalah 9 makanan untuk kecerdasan anak, yaitu :

1.  Ikan salmon

Ikan yang mengandung lemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, EPA dan DHA keduanya penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak anda. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam. Menurut para ahli, meskipun tuna mengandung asam lemak omega-3, tetapi ikan salmon lebih banyak kandungan omega 3 ketimbang ikan tuna.

2.  Telur

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Telur merupakan sumber penting protein yang dikenal relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Kuning telur terbukti mengandung kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori. Anda dapat menyediakan jenis variasi olahan telur untuk menambah selera makan anak anda.

3.  Selai kacang

Kacang tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh

4.  Seluruh biji-bijian

Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan sehingga gandum dapat mendukung kebutuhan tubuh anda dengan kandungan serat yang dihasilkan dari biji-biji nya. Serat yang terdapat pada biji-bijian akan membantu dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum akan menjaga sistem saraf untuk tetap berfungsi sehat.

5.  Oat / Oatmeal

Oat merupakan salah satu dari sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi  untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak, oatmeal sangat tepat jika dikonsumsi di pagi hari .Kandungan serat di dalam oat atau oatmeal mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan anak anda. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, seng dan kalium yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi secara optimal.

6.  Jenis Buah

Secara umum, warna yang kuat terkandung di dalam buah cherry, blackberry,strawberry dan blueberry mengandung kecukupan gizi yang baik untuk kecerdasan anak. Kelompok buah Berries mengandung kadar antioksidan yang tinggi, apalagi kandungan vitamin C yang mampu menangka radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian menunjukkan kandungan dari ekstrak strawberry dan blueberry mampu memperbaiki fungsi daya ingata. Selain itu biji dari buah-buah berry kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan otak terutama kecerdasan.

7.  Kacang-kacangan

Kacang adalah cemilan istimewa karena makanan dari kacang kacangan memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin dan juga mineral. Kacang adalah makanan yang baik untuk otak anak anda dikarenakan dapat mempertahankan energi dan juga kemampuan berpikir. Menurut hasil penelitian, kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA - jenis asan lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

8.  Sayuran berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak sehat. Mengkonsumsi variasi sayuran memang sangat penting untuk kesehatan meskipun pada kenyataannya anak-anak tidak menyukai sayuran, untuk itu anda dapat membuat olahan cemilan dari bahan dasar sayuran.

9.  Susu dan Yogurt

Makanan yang berasal dari produk susu memiliki kandungan protein tinggi dan vitamin B. Kandungan protein dan vitamin B merupakan nutrisi  penting dalam perumbuhan jaringan otak dan juga enzim. Mengonsumsi Susu, olahan susu atau yogurt juga bisa membuat perut bertahan dari lapar karena adanya kandungan protein dan karbohidrat serta menjadi sumber energi bagi otak anak anda. Penelitian menemukan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting untuk otot dan saraf sistem siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

Loading...

Follow us