data-ad-format="auto"

Menjaga Gaya Hidup Sehat Untuk Anak

Sebuah gaya hidup sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik begitu juga dengan anak anda. Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan mempengaruhi kualitas kehidupan yang lebih baik juga. Dengan kata lain daya tahan tubuh anak yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan fisik yang optimal selama pertumbuhan dan perkembanggannya. Anak-anak dapat memiliki konsentrasi yang baik, memiliki pemahaman mata pelajaran, sehingga berdampak pada prestasi akademik. Daya tahan tubuh mempengaruhi anak secara emosional. Anak-anak mampu mengembangkan potensi yang baik dan menjadi menyenangkan.

Berikut adalah contoh gaya hidup sehat untuk anak :

1.  Asupan makanan dengan gizi seimbang

Komposisi gizi dari mulai karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Hal yang harus anda perhatikan setiap keamanan jenis makanan ataupun minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak yang berasal dari bahan alami dan juga menjaga kebersihannya. Dalam meningkatkan selera makan anak anda maka anda dapat membuat menu yang bervariatif tanpa menghilangkan gizi yang dibutuhkan setiap harinya.

2.  Terapkan pola hidup bersih

Biasakan anak dengan pola hidup bersih sehari-hari. Misalnya, membiasakan anak untuk mencuci tangan mereka sebelum makan, mandi setiap hari pagi dan sore. Metode ini dapat mencegah anak-anak dari kuman yang masuk ke tubuhnya. Biasakan dengan menerapkan pola hidup yang bersih dimulai usia balita sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

3.  Membiasakan Latihan dan Olahrga

Tubuh yang selalu aktif akan membuat sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan anda yang senantiasa mengajak anda untuk memilih latihan dan olahraga rutin sehingga memiliki sistem kekebalan tubuh. Menjaga tubuh sehat dan terhindar dari kelebihan berat badan. Bagi anda yang berlama lama duduk menonton televisi atau bermain game sebaiknya diimbangi dengan latihan rutin yang anda jadwalkan. Disaranan berolahraga teratur seperti berenang dan bersepada selama 30 menit hingga 60 menit, minimal 3 kali seminggu. Paling baik jika dapat dilakukan setiap hari. Dengan menjaga kebiasaan tersebut sehingga akan mampu dalam mempertahankan pola hidup sehat sampai usia dewasa.

4.  Istirahat cukup

Aktivitas fisik harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Anak-anak harus cukup tidur minimal 8 jam per hari. Jika diperlukan, dapat istirahat selama 1-2 jam pada siang hari. Orangtua perlu menetapkan waktu tidur anak Anda sehingga menjadi sebuah kebiasan. Istirahat sangat penting untuk mengembalikan fungsi sel-sel tubuh setelah anak anda melakukan akivitas. Apabila tidak disertai dengan istirahat yang cukup maka dikhawatirkan akan mengakibatkan kekebalan tubuh menurun. Kondisi ini memudahkan kuman menyerang tubuh anak anda.

5.  Menciptakan lingkungan yang sehat

Lingkungan anak anda dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya. Sebisa mungkin untuk menghindari pencemaran lingkungan. Rumah yang sehat jauh dari sumber pencemaran limbah, air limbah, pabrik asap, dan sebagainya. Lingkungan yang bersih dan sehat untuk meminimalkan keberadaan bakteri dan kuman yang dapat menyerang anak. Selain itu kebersihan di kamar anak anda sangat penting diperhatikan, dikamar biasanya banyak dipergunakan oleh anak anda dalam bermain dan belajar.

Dengan memperhatikan pola kehidupan sehat maka anda telah memberikan kebiasaan terbaik untuk anak anda diusia selanjutnya. Bagi anda menjaga hidup sehat anak anda memang sangat tergantung pada peranan anda mengingat anak anda masih dalam pengawasan sehingga kehidupan yang terbaik berada dalam perawatan anda.

Loading...

Follow us