data-ad-format="auto"

5 Gerakan Sehat Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang sangat membanggakan untuk anda, apalagi untuk anda yang baru mengalami kehamilan pertama. Terkadang ibu hamil sangat cemas dengan gerakan yang dilakukan pada kehidupan sehari-harinya, apalagi pada masa awal kehamilan. Banyak ibu hamil yang khawatir dengan janin di masa awal kehamilan karena masih rentan, salah saja anda melakukan gerakan yang membahayakan janin akan berakibat fatal.

Anda bisa melakukan gerakan yang aktif dan ringan di awal kehamilan anda sehingga diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada peningkatan berat badan. Aktifitas fisik yang sesuai dengan ibu hamil dapat anda lakukan, seperti jalan kaki, yoga dan lain-lainnya. Alangkah baiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda ketika akan melakukan gerakan (olahraga) bagaimanapun dokter mengetahui sejarah kehamilan anda sehingga lebih mudah menentukan olahraga yang disesuaikan dengan keadaan dan kehamilan anda.

Gerakan yang tepat akan memberikan pengaruh yang positif untuk ibu hamil diantaranya anda dapat mengatur pernapasan sehingga membantu proses melahirkan anda. Selain itu gerakan yang tepat, bisa anda lakukan sendiri atau bergabung dengan komunitas senam ibu hamil sehingga anda dapat menyeseuaikan fisik kehamilan seperti nyeri ketika persalinan dan kelahiran. Gerakan yang tepat ternyata mampu mengurangi lebam yang muncul di persendian. Manfaat lebihnya untuk anda adalah lebih rileks , mengatasi kecemasan. Membantu anda dalam mengatasi kekhawatiran mendekati persalinan, sehingga terhindar stress.

Penting untuk anda ingat bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk anda tidak terkecuali pada ibu hamil. Untuk hasil yang optimalkan gerakan yang disarankan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

1.  Duduk bersila

Anda hanya membutuhkan matras sebagai bantalan duduk anda sehingga anda tidak bersentuhan dengan lantai, gunakan matras yang nyaman untuk anda duduki.Ambil posisi duduk bersila dengan memposisikan tangan kanan dan tangan kiri pada sisi tubuh anda, luruskan siku dan telapak tangan sehingga menempel di lantai. Atur nafas anda berulang kali. Setelah itu anda dapat menambah gerakan dengan mengangkat kedua tangan dari samping tubuh ke arah kepala sebari menarik napas.Turunkan tangan secara perlahan ke bagian depan tubuh.

2.  Berbaring

Anda dapat melakukan gerakan ini dengan berbaring sehingga kedua kaki menumpu ke dinding. Posisikan kedua tangan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas tubuh. Rilexkan seluruh tubuh anda dengan memejamkan mata, tarik napas perlahan.

3.  Merangkak

Posisi merangkak dengan posisi siku tangan lurus, arahkan pandangan anda ke depan dengan kepala yang terangkat dan punggung anda sejajar. Tarik napas secara perlahan, lengkungkan punggung ke arah dalam, lalu tarik napas kembali  secara perlahan sambil kembali meluruskan punggung ke posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang dalam hitungan.

4.  Posisi berbaring miring

Tempatkan lutut kanan anda di depan kemudian posisikan lutut kiri ke belakang. Anda bisa menggunakan bantuan bantal. Dengan memposisikan badan miring ke samping dengan menekuk kedua lutut dan ke dua lengan sehingga akan membantu anda menenangkan pikiran.

5.  Posisi berbaring telentang

Posisikan badan anda sambil memegang ke dua lutut dengan kedua tangan anda. Anda dapat membuka mulut sehingga memberikan kesempatan untuk anda mengatur napas. Gerakan badan ke bawah dan ke depan bisa anda kolaborasikan dengan hitungan disesuaikan dengan tenaga anda.