11 Tips Memompa ASI Perah

Ibu menyusui yang sibuk dengan kegiatan di luar rumah tidak perlu khawatir, pemberian ASI ekslusif dapat dilakukan dengan memompa ASI yang lebih dikenal dengan ASI perah. Meskipun demikian ibu menyusui seringkali mengeluhkan cara memompa ASI yang kurang optimal sehingga ASI perah hanya sedikit. Padahal memompa ASI yang baik dan benar dapat dilatih sehingga ibu terbiasa memompa ASI. Bagaimana cara memompa ASI? Berikut ini adalah artikel yang dapat membantu anda 18 tips memompa asi perah.  

Memompa ASI merupakan keterampilan, sama halnya seperti menyusui bayi Anda. Berikut adalah beberapa tips memompa payudara untuk membantu membuat lebih mudah dan membantu Anda merangsang refleks ASI, tidak membuat putting sakit, memompa lebih banyak susu dan membuat anda  nyaman.

1. Buatlah jadwal rutin memompa ASI disela aktivitas Anda

Anda dapat menciptakan rutinitas memompa payudara yang paling efektif. Ibu menyusui dapat memompa di tempat yang sama, misalnya pada ruangan yang sudah anda pilih di sela sela aktivitas kantor dan juga dengan peralatan yang sudah anda siapkan. Buatlah tubuh anda rileks, mulailah dengan minum air putih kemudian anda dapat memilih posisi nyaman duduk sebelum memompa ASI.

2. Cobalah Beberapa Menit Untuk Memijat Sebelum Memompa ASI

Mulailah pada bagian ketiak dengan menggunakan ujung jari tangan berlawanan arah, Anda dapat membuat lingkaran kecil di jaringan payudara pada satu tempat. Kemudian pindahkan tangan Anda sedikit demi sedikit dan melakukannya lagi pada bagian lainnya. Anda dapat memulai pada bagian sekitar payudara dan secara bertahap ke arah areola dalam pola spiral. Kemudian pijatlah bagian payudara lainnya. Apabila aliran ASI melambat selama sesi memompa, anda dapat kembali memijat beberapa menit. Ini merupakan cara yang terbaik yang dapat dilakukan sehingga ASI perah banyak terkumpul. Beberapa ibu menyusui mengalami kondisi yang sulit ketika memompa ASI akan tetapi apabila terus dilakukan maka anda akan terbiasa dengan kegiatan ini. Kebanyakan ibu hamil menyerah sebelum ASI perah terkumpul, padahal ibu menyusui dapat memaksimalkan ASI perah yang terkumpul dengan cara memijat payudara sebelum memompa atau ketika sesi memompa terhambat.

3. Buat Pikiran Anda Tenang dan Rileks

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan minum beberapa gelas air sebelum benar memompa. Kemudian anda juga dapat  memvisualisasikan seakan dapat membayangkan aliran air gunung atau sungai yang mengalir ke arah laut sehingga membuat anda tenang dan rileks bahkan ibu hamil yang terburu buru memerah ASI dan mengalami tekanan cenderung sulit mengeluarkan ASI perah.

4. Gunakan perlengkapan Bayi Anda

Untuk membuat tubuh anda rileks dan mudah memompa ASI anda dapat menggunakan perlengkapan bayi anda. Ambilah baju atau perlengkapan bayi yang mengingatkan anda sehingga anda tidak berpikir sedang memompa ASI melainkan memberikan ASI secara langsung. Rasa yang tidak nyaman dan belum terbiasa membuat kesulitan ibu memerah ASI. Beberapa ibu yang memompa ASI merasa terbantu dengan wangi bayi yang khas atau pakaian bayi, bawalah ketika akan memompa ASI.

5. Mendengarkan Musik

Untuk meminimalkan gangguan saat memompa, cobalah mendengarkan musik. Anda dapat menikmati musik favorit Anda saat Anda memompa, atau mendengarkan suara alam yang menenangkan seperti suara laut, suara dedaunan, suara hujan ataupun beberapa musik klasik yang dapat membuat anda rileks. Selain itu aroma terapi dapat mendukung ibu memompa ASI lebih tenang dan rileks.

6. Cobalah dengan menggunakan Alat memompa ASI perah

Sedangkan bagi ibu menyusui yang bermasalah dengan puting, misalnya saja puting lecet atau mengalami masalah seperti sakit ketika ketika memompa ASI dengan tangan, maka anda dapat dengan menggunakan alat pompa yang membantu mengurangi rasa sakit ketika memompa ASI. Pastikan bahwa puting tidak bergesekan dengan flange saat Anda memompa.

7. Memompa lebih sering dapat merangsang produksi ASI

Bagi ibu menyusui yang bermasalah ketika memompa ASI, salah satunya ketika ASI yang diproduksi ibu sedikit anda tidak perlu khawatir. ASI akan meningkatkan produksinya apabila ibu sering memberikan langsung pada bayi untuk menyusu atau dengan memompa sesering mungkin. Lebih sering memompa. Ini lebih efektif merangsang produksi ASI daripada memompa lebih lama di setiap sesi.

8. Perbaiki cara memompa ASI

Apabila anda menggunakan pompa ASI maka anda dapat mengecek kembali sudah benarkah alat pompa payudara anda? Apakah Anda menempatkan pompa Anda dengan benar? Anda dapat membaca petunjuk pemakaian yang bisa digunakan sehingga tidak menyulitkan anda ketika menggunkaan alat pompa atau untuk sebagian lagi dari anda yang membeli langsung dari counter khusus perlengkapan bayi dapat bertanya langsung kepada perwakilan produsen cara penggunaannya yang benar.

9. Menggunakan Dua Pompa

Bagi kebanyakan wanita, dapat juga menggunakan kedua payudara pada saat yang sama, yaitu memompa dua, salah satu tips memompa payudara biasanya menghasilkan lebih banyak susu. Kadar prolaktin dalam darah juga lebih tinggi ketika Anda memompa kedua payudara secara bersamaan. Pompa listrik yang berkualitas adalah yang terbaik dan termudah untuk double-pompa, tetapi beberapa pompa payudara manual dapat dioperasikan dengan satu tangan.

10. Gunakan Pakaian yang nyaman untuk payudara

Salah satu tips memompa payudara yang membuat lebih mudah bagi ibu adalah berpakaian yang mendukung untuk mendapatkan kenyamanan ketika memompa. Ini paling mudah untuk memompa seperti itu termudah untuk perawat diam-diam jika Anda mengenakan atasan longgar yang dapat ditarik dari bawah. Anda dapat menggunakan blus atau menggunakan kancing pakaian kancing depan sehingga membuat anda lebih nyaman. Selain itu untuk menjaga baju anda tetap bersih, anda dapat bersandar sehingga anda tetap memompa.Hal ini akan mencegah susu menetes pada pakaian Anda.

11. Posisi memompa yang membuat anda nyaman

Cobalah bersandar ke meja atau meja yang mempunyai sandaran pompa, menggunakan tepi furnitur dan satu tangan untuk memegang  pompa payudara Anda. Anda akan memiliki kebebasan untuk mengubah posisi anda sesuai yang anda inginkan, terpenting adalah buatlah diri anda rileks. Sebagian ibu yang memompa payudara di kantor dapat menggunakan tumpuan atau buku tebal untuk meningkatkan lutut, sehingga Anda dapat menyimpan botol susu di dalam pangkuan anda.

Dengan demikian ibu yang memiliki aktivitas di luar rumah dapat tetap memberikan ASI eksklusif kepada bayi dengan memberikan ASI perah. Beberapa tips di atas dapat membantu anda untuk memberikan ASI perah dan menyediakan cadangan ASI perah. Selain itu, anda perhatikan pula beberapa hal yang dapat anda lakukan sebelum memompa ASI perah, mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian mengompres payudara dengan menggunakan handuk lembut yang hangat, menyiapkan wadah untuk ASI perah, memijat sehingga membuat anda rileks. Itulah panduan yang dapat mendukung anda memberikan ASI ekslusif meskipun anda sibuk dengan rutinitas kantor.