Waspada Penyakit Herpes Penyakit Kulit yang Menular

4.77/5 (26)

Penyakit herpes dapat menyembuhkan dirinya sendiri meskipun dalam waktu yang tidak menentu, bisa sangat cepat ataupun lama pada masing masing penderita. Perawatan yang bisa dilakukan sangat membantu dan mempercepat proses penyembuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai penyakit herpes, penyebab herpes, gejala herpes dan cara mengobati penyakit herpes.

Penyakit Herpes

Penyakit herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang mudah menyebar. Penyakit ini ditandai dengan ruam dan bintik merah dan nanah yang berkelompok. Virus herpes juga dapat menyerang bagian genital manusia.

 

Virus yang menyerang adalah virus herpes simpleks yang menyebabkan munculnya luka dipermukaan kulit.Inilah yang menyebabnya, penderita herves mengalami kulit yang melepuh kemudian mengalami pecah dan mengeluarkan cairan bening sperti bekas luka,meskipun dapat sembuh dalam waktu kurang lebih 5-10 hari.

Herpes dibagi menjadi dua macam, yaitu herpes zoster dan herpes simplek. Herpes zoster ditandai dengan adanya gejala pada bagian permukaan kulit,biasanya daerah badan. Virus penyebab herpes zoster adalah virus varicella zooster. Pada penderita ini, ditandai dengan adanya bercak kemerahan dan warna akan tersusun dalam kelompok persarafan kulit berlangsung hingga 1-7 hari, kemudian mengeluarkan bintil air dan berubah menjadi nanah dan mengering.

Herpes selanjutnya adalah herpes simpleks yangn dikenal dengan herpes genitalis atau dikenal dengan cacar herpes yang menyerang pada bagian mulut, bibir dan juga alat kelamin. Herpes yang menyerangn adalah herpes simpleks virus atau dikenal dengan HSV. Virus ini dibagi menjadi dua bagian virus yaitu HSV 1 dan HSV 2 mempunyai pola klinis dan epidemiologis. Pemicu terjadinya herpes simpleks adalah stres dan trauma lokal atau dapat juga dikarenakan hubungan seks yang tidak wajar.

Penyakit Herpes Genital

herpes juga dapat menyerang alat kelamin , herpes genital pada wanita yang berkembanga lebih cepat namun berbagai pengobatan yang diperpendek dengan serangan penyakit herpes terjadi karena kambuh dan kumat-kumat. Penyakit ini dapat menimbulkan suatu bentuk komplikasi yang dialami oleh ibu hamil dan ibu yang mengalami persalinan.

Herpes genital yang banyak dilami oleh wanita tidak menunjukan suatu gejala dimana penyakit ini menular. Penularan dari herpes genital ini adalah hubungan seksual, dimana gambaran klinisnya dapat terjadi dari ringan hingga berat. Hal ini tergantung penyakit herpes genital dan menganggu sistem kekebalan dan imunitas tubuh seseorang. Stadium dari penyakit herpes genital ini adalah infeksi primer kemudian stadium laten berlanjut ke replikasi virus dan stadium rekuren.

Pertumbuhan penyakit genitalis akan berlangsung lebih cepat, biasanya untuk proses ini bertumbuh kurang lebih 8-16 hingga proses selesai. Gen ini yang ditrakskripsikan untuk kondisi dimana bentuk permulaan dan replikasi, dimana gen beta yang muncul dari kebanyakan dalam bentuk enzim atau protein replikasi. Selanjutnya dari hasil tersebut mencakup sebagian besar dari protein struktural virus.

Gejala Herpes

Seperti umumnya penyakit yang disebabkan virus lainnya,virus yang disebabkan karena herpes ditandai dengan perubahan kondisi kesehatan. diantaranya adalah:

1.Kelenjar utama yang dialami dengan pembengkakan pada kelenjar getah  bening

2.Bagian tubuh yang terinfeksi disebabkan oleh virus herpes mengalami kesemutan pada anggota tubuh

3. Mengalami gelembung kecil bintik-bintik kemerahan yang melepuh dan terasa panas dan sakit

4. Penyakit herpes akan diperparah dengan konsumsi makanan yang memicu tumbuhnya penyakit ini, salah satu diantaranya adalah telur, daging kambing, udang, kepiting, tape , singkong, nangka, minuman yang beralkohol dan sirsak.

5.Gelembung yang berbentuk kecil dan berkumpul dalam jumlah yang lebih banyak didalam cairan

6. Gejala yang ringan akan sembuh dalam kurun waktu 10 hari.

7. Mengalami sesak nafas, sendi yang terasa menggigil dan mengalami pegal pada bagian anggota tubuh

8.Herpes mulut ditandai dengan sariawan yang muncul dilokasi yang sama

Penyebab Penyakit Herpes

Virus penyebab penyakit herpes tersebar diudara, kondisi ini memungkinkan virus terbawa oleh angin.Bahkan daam kondisi tertentu bisa dengan penderita herpes lainnya. Sehingga mudah tertular yang diakibatkan udara, kemudian akan masuk melalui pernapasan. Bahkan penyebab terjadinya penyebaran virus herpes ini dapat disebabkan karena bersentuhan langsung yang menderita penyakit herpes langsung.

Cara Mengobati Penyakit Herpes

Herpes merupakan penyakit yang disebabkan karena virus , meskipun beberapa penderita akan mengalami herpes kedua atau beberapa kalinya akan tetapi penyakit ini dapat disembuhkan.

Cara pengobatan dari herpes sendiri dapat mengguakan salep sesuai dengan dosis yang disarankan dokter. Obat yang diberikan akan mengurangi tingkat keparahan luka yang diakibatkan karena penyakit herpes, meskipun demikian obat yang diberikan tidak dapat menyembuhkan penyakit herpes secara tuntas.

Pada setiap obat yang diberikan akan memberikan pengaruh yang tergantung dari tipe virus yang menyerang.Anti virus yang umum digunakan dalam penyakit herpes adalamh asiklovir didalam bentuk salep atau tablet. Obat ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya kambuh kembali penyakit herpes.

Cara Mengobati penyakit herpes pada kulit akan berbeda dengan mengobati penyakit herpes pada bagian genital. Pada bagian bibir yang mengalami rasa sakit disertai dengan rasa sakit tenggorakan dan demam dari gejala dari cold sores. Kondisi cold sores adalah penyakit kulit yang disebabkan karena virus herpes. Perawatan di rumah bida dilakukan dengan meningkatkan konsumsi vitamin E, vitamin B12,vitamin B12 sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih tinggi.

Sedangkan pada bagian

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel