data-ad-format="auto"

Tips Menjalani Masa Kehamilan Dengan Bahagia

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah apalagi bila anda merupakan pasangan yang baru. Meskipun terkadang ibu yang sedang hamil muda mengeluhkan beberapa kondisi kesehatannya yang membuat ibu tidak nyaman beraktifitas. Keluhan-keluhan selama kehamilan membuat ibu merasa tidak menikmati masa kehamilannya padahal psikologi ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin dan juga persiapan menjelang persalinan. Oleh karena itu penting sekiranya untuk anda menjalani masa kehamilan dengan perasaan bahagia.

Berikut akan membantu anda dalam menjalani kehamilan dengan perasaan bahagia :

1.    Trik Mengatasi Peningkatan Berat Badan

Salah satu yang membuat anda tidak nyaman selama menjalani kehamilan adalah kenaikan berat sehingga mengharuskan anda lebih kreatif dalam mengatasi kenaikan berat badan tersebut. Anda dapat memilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh selama kehamilan. Model yang sederhana dapat menjadi pilihan anda. Begitu pula dengan pilihan sepatu sebaiknya gunakan sepatu datar sehingga membuat aktifitas anda nyaman.

2.    Menyambut Pagi dengan Rutinitas Baru

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Ibu hamil seringkali mengeluhkan mual dan muntah yang disebabkan karena morning sickness untuk mengatasinya saja sulit apalagi untuk menciptakan perasaan yang bahagia, mungkin pemikiran itu yang terlintas pada benak anda. Padahal perasaan yang bahagia ketika menyambut pagi akan mengurangi perasaan mual dan muntah, anda dapat menyambut pagi anda dengan minum air hangat sambil mendengarkan musik yang membuat suasana hati lebih gembira.

3.    Melakukan Interaksi Dengan janin

Tahukah anda bahwa janin anda dapat merespon stimulasi yang anda lakukan? Dalam mengajaknya berinteraksi anda dapat melakukan dengan berbagai cara seperti misalnya mengelus perut, mengajak anak anda berbicara, membacakan buku cerita, melakukan USG dan juga mendengarkan musik. Pada usia kehamilan 27 minggu bayi anda telah dapat mengajak bayi anda bermain cahaya dari lampu senter. Bayi anda akan merespon dengan gerakan seperti tendangan, pukulan atau gerakan lainnya. Dalam menghitung gerakan janin, anda dapat menggunakan gelang keroncong di sebelah kanan kemudian ketika janin bergerak, gerakan keroncong dapat dipindahkan ke sebelah kiri. Anda dapat melakukannya pada saat anda melakukan kegiatan sehari hari tetapi gerakan tidak terhitung ketika anda sedang tertidur.

4.    Jauhi orang orang yang berpikir negatif

Untuk membuat perasaan yang menyenangkan anda dapat menghindari pemikiran yang negatif selama kehamilan. Jauhi pengalaman buruk persalinan dari rekan atau keluarga anda. Dengan berpikir yang positif akan berdampak tenang, tidak mudah khawatir, tidak takut, mengurangi rasa kecemasan dan ketakutan.

5.    Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan ditemani dengan suami anda di akhir pekan, berlibur dengan tempat dan waktu yang dapat ditempuh kurang dari enam jam.Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan di dalam rumah seperti membaca buku, mencoba resep baru atau menikmati koleksi DVD. 

Kehamilan adalah proses alamiah yang harus disyukuri, bagi anda yang sedang mengalami masa kehamilan buatlah kehamilan anda menyenangkan dan membuat anda bahagia dengan berbagai cara termasuk dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berbelanja dan melakukan perawatan tubuh, meskipun demikian perhatikan keamanan jangan sampai anda kelelahan karena aktivitas-aktivitas tersebut.

Loading...

Follow us