data-ad-format="auto"

Tips Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi

Usia 6 bulan, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang menggemaskan salah satunya adalah dengan senyuman disertai dengan pertumbuhan gigi susu pertamanya.Tumbuh gigi pertama kali diawali dengan akar gigi, kemudian ujung gigi mendorong melalui gusi. Awalnya bayi yang tumbuh gigi pertama kalinya di bagian depan atas atau dibagian bawah. Meskipun ini merupakan pertumbuhan yang normal, akan tetapi dapat berpengaruh tidak nyaman pada bayi. Beberapa orang tua sering kali kewalahan dikarenakan bayi rewel saat tumbuh gigi, ketidaknyaman ini berhubungan dengan rasa gatal, mudah tersinggung hingga menimbulkan rasa nyeri. Bagaimana cara mengatasi ketidaknyamanan pada bayi saat tumbuh gigi, sehingga bayi tidak rewel pada saat tumbuh gigi?

Tidak ada patokan pasti ,kapan bayi akan tumbuh gigi meskipun rata-rata bayi akan memulainya pada usia 6 bulan. Pada usia ini pertumbuhan bayi sudah mulai terlihat ditandai dengan kemunculan gigi susu pertama dibagian depan atas atau bawah. Adapun beberapa bayi yang sudah mulai tumbuh gigi pada usia 3 bulan. Anda tidak perlu khawatir apabila bayi anda akan mulai tumbuh gigi susu pertama kalinya pada rentan usia 6-10 bulan adapun apabila bayi anda setelah usia 14 bulan tidak tumbuh gigi sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Kemunculan gigi susu pertama kalinya akan diawali dengan tanda rewel dan sering menangis di malam hari, mungkin akan mempengaruhi suhu tubuhnya akan tetapi tidak lebih dari 39 derajat celcius. Tanda yang paling umum adalah bayi lebih banyak mengeluarkan air liur dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk menggigit benda benda yang ada disekitarnya. Salah satunya menggigit mainan bayi untuk mengurangi rasa sakit pada saat tumbuh gigi, untuk mengurangi rasa gatal, anda dapat memberikan teether. Kemudian tanda selanjutnya adalah kurangnya nafsu makan pada anak dikarenakan gusinya membengkak. Dalam mengatasi ketidaknyaman anak anda pada saat tumbuh gigi susu, anda dapat melakukan beberapa langkah.

Berikut adalah tips untuk mengatasi bayi rewel pada saat tumbuh gigi :

1.    Mengusap Gusi

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Anda dapat mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada bayi anda, hal yang penting anda perhatikan adalah jangan memaksa bayi anda ketika akan mengusap gusi. Lakukan dengan memasukan jari anda ke dalam mulut bayi secara perlahan kemudian usap-usap pada gusinya. Untuk sebagian, mengusap gigi ini akan membuat nyaman bayi anda.

2.    Mainan yang dimasukan ke dalam kulkas

Berikan mainan yang tidak membuatnya terluka, salah satunya teether yaitu mainan untuk digigit, sebaiknya anda membersihkan terlebih dahulu sehingga mengurangi kuman pada saat masuk ke dalam mulutnya. Selain itu anda dapat memasukan ke dalam lemari es terlebih dahulu, benda yang dingin ketika digigit bayi akan membuatnya nyaman.

3.    Memberikan finger food

Selain mainan seperti teether, anda juga dapat memberikan finger food, selain dikarenakan biasanya tumbuh gigi pada usia 6 bulan sehingga makanan pendamping asi telah diberikan. Berikan finger food dalam ukuran yang memudahkan untuk digenggam, tidak membuat tersedak dan juga teksturnya mudah lumer di mulut bayi anda.

4.    Konsultasikan dengan dokter

Apabila nyeri pada bayi anda tidak kunjung reda sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, apalagi bila nyeri pada bayi anda tidak kunjung reda hingga beberapa hari agar segera ditemukan penyebabnya dan diberikan obat yang sesuai dengan usia bayi anda.