data-ad-format="auto"

Tips Mencegah Terjadinya Bayi Kembar Siam

Bagi sebagian pasangan suami istri sangat mengidamkan kehadiran bayi kembar, selain dikarenakan bayi kembar sering kali menjadi pusat perhatian di keluarga besar anda, dipuji, dan menggemaskan. Bagi pasangan suami istri yang menginginkan bayi kembar pastikan anda memiliki riwayat keturunan kembar di keluarga anda ataupun pasangan anda. Selain itu beberapa teknologi saat ini memungkinkan membantu anda untuk mendapatkan bayi kembar, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan obat yang dapat menstimulasi ovulasi atau dengan menggunakan cangkok embrio. Kehamilan bayi kembar memerlukan perawatan yang jauh lebih besar dibanding dengan kehamilan tunggal, mengingat keluhan yang dialami oleh ibu hamil yang mengandung bayi kembar akan meningkat dua kali lipat. Salah satunya timbulnya mual dan muntah yang berlebihan, mengalami bentuk payudara yang lebih besar, sering merasakan kelelahan dan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan pada awal usia kehamilan.

Kehamilan kembar seringkali membuat ibu was-was, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah. Salah satu masalahnya adalah kembar siam atau kembar dempet yaitu kondisi dimana bayi yang dilahirkan berdempetan ditimbulkan karena adanya kegagalan zigot bayi kembar identik yang gagal dalam pembelahan, sehingga pembelahan tidak sempurna. Kelahiran bayi kembar siam disertai dengan adanya kelainan pada organ tubuh bayi. Pada umumnya kembar siam mengalami dempet di bagian dada, panggul, perut atau kepala. Dalam dunia medis untuk melakukan pemisahan bayi kembar siam terlebih dahulu harus melalui tahapan diantaranya adalah dengan penelitian terhadap bayi, disesuaikan dengan kondisi bayi. Pemisahan dimaksudkan untuk memberikan nilai kehidupan pada kedua bayi atau salah satu diantara bayi yang mengalami kembar siam tersebut. Ada beberapa fator yang harus diperhatikan antara lainnya yaitu melakukan pemeriksaan pada bagian tubuh yang bersatu, waktu pemisahan yang umumnya melihat perkembangan usia bayi, dan juga kondisi kesehatan bayi.

Dunia medis sampai saat ini belum dapat memastikan sebab utama terjadinya kembar siam atau kembar dempet akan tetapi beberapa faktor diduga menjadi faktor terjadinya bayi kembar siap yaitu genetik, penggunaan obat penyubur di awal kehamilan, kurangnya asupan gizi dan juga pola makan ibu hamil yang tidak tepat. Oleh karena itu bagi anda yang merencanakan kehamilan kembar sebaiknya anda melakukan pencegahan untuk menghindari masalah kehamilan kembar, kembar siam dengan cara berikut :

1.  Menjaga Kesehatan selama Kehamilan

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Meskipun sampai saat ini ahli medis belum dapat memastikan terjadinya kembar siam akan tetapi bagi anda yang merencanakan kehamilan kembar senantiasa menjaga kesehatan selama kehamilan, kesehatan anda dan juga janin. Anda dapat mengurangi resiko kembar siam dengan mengurangi obat saat hamil atau anda menggunakan obat yang  disarankan oleh dokter saja. Hal lainnya adalah mengurangi zat kimia yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh anda.

2.  Memenuhi Kebutuhan Nutrisi selama Kehamilan

Hal terpenting yang harus anda jaga adalah asupan nutrisi selama kehamilan apalagi di usia kehamilan awal. Minggu kehamilan merupakan proses pembentukan organ yang penting. Penuhi kebutuhan nutrisi yang mendukung kehamilan anda dan juga hindari menggunakan obat-obatan tidak sesuai dengan resep dokter.

3.  Kenali Tanda Kehamilan Anda

Bagi ibu hamil terkadang tidak menyadari kehamilan sehingga mengkonsumsi beberapa makanan dan obat obatan yang membahayakan kehamilan diantaranya adalah obat pusing
dan maag yang tidak sesuai dengan resep dokter. Anda dapat waspada dengan perubahan perubahan sebagai awal kehamilan yang terjadi pada tubuh untuk mengurangi resiko kembar siam.

Loading...

Follow us