data-ad-format="auto"

Tips Memilih Baju Bayi yang Baru Lahir

Menuggu kelahiran bayi anda adalah hal yang sangat mengembirakan meskipun ketegangan mendekati masa persalinan tidak bisa anda sembunyikan. Mengelola pikiran anda untuk terhindar stress dan tetap memberikan nutrisi yang terbaik di trimester akhir adalah cara yang terbaik mempersiapkan persalinan, selain itu yang harus anda ingat bahwa di trimester akhir anda juga harus mempersiapkan perlengkapan bayi anda. Perlengkapan bayi yang baru lahir sebaiknya dibuat dalam sebuah daftar sehingga dapat membantu anda dalam melengkapi keperluan yang penting yang harus dibeli dan sekiranya bisa ditunda sampai kelahiran atau beberapa bulan setelah kelahiran. Perlengkapan bayi baru lahir sebenarnya simpel dan tidak memerlukan barang-barang yang mahal akan tetapi terkadang karena anda memasuki kelahiran pertama sehingga barang-barang yang kurang bermanfaat dibeli.

Bagi anda yang ingin mengelola pengeluaran secara baik, perlengkapan bayi yang sangat diperlukan umumnya dikategorikan dalam perlengkapan pakaian bayi, perlengkapan mandi,perlengkapan tidur, perlengkapan bepergian dan perlenngkapan kesehatan. Beberapa hal seperti perlengkapan makan dan permainan bayi masih bisa anda tunda di daftar selanjutnya karena masih memiliki rentan waktu yang lama dari kelahiran bayi. Perlengkapan pakaian bayi memang sangat beragam, banyak model, warna dan bahan yang bisa anda pilih. Bagi anda yang ingin melengkapi perlengkapan baju bayi sebaiknya memperhatikan beberapa langkah dibawah ini.

Berikut adalah tips memilih baju bayi yang baru lahir :

1.  Selama beberapa bulan pertama, bayi tumbuh sangat cepat. Jadi Anda harus membeli pakaian yang sedikit besar ukurannya. Selain itu usahakan membeli baju yang memiliki beberapa ukuran mengingat anda belum bisa memprediksa berat badan bayi anda ketika lahir. Baca di sini: Nama Bayi Laki

2.  Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif. Jadi, saat membeli pakaian anda harus memeriksa label untuk mengetahui bahan kain. Hindari pakaian yang meninggalkan serat. Kain katun sebaiknya diutamakan dibanding sintetis. Kain katun lebih mudah menyerap keringat sehingga menghindari iritasi di bagian kulit bayi .

3.  Bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur. Jadi Anda harus membeli pakaian yang menjaga bayi Anda hangat serta model yang sederhana, longgar dan nyaman. Pemakaian beberapa aksesoris di dalam baju tidak menjadi masalah selama tidak mengganggu gerak dan bahannya tidak membuat kulit bayi mengalami gangguan seperti iritasi atau luka.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

4.  Bagian leher baju bayi harus sederhana. Tidak boleh ada kerah yang membuat bayi anda kesulitan untuk  bergerak. Pakaian dengan leher lebar dan sederhana adalah yang terbaik untuk bayi anda. Selain itu untuk baju dengan model tertentu dan ukuran yang terlalu kecil menyulitkan ketika akan melepas/mengganti baju terebut. Sehingga bayi rewel karena tidak nyaman dengan pakaiannya. Hindari pakaian dengan ketat elastis pada lengan dan garis pinggang karena dapat mengiritasi kulit bayi yang halus.

5.  Pakaian harus membuka dari sisi, depan atau belakang karena akan membantu anda memasang atau melepas  pakaian bayi. Hindari pakaian yang memiliki banyak kancing, kait, dan ritsleting karena mereka dapat membuktikan menjadi berbahaya bagi bayi Anda terutama ketika bagian aksesoris tersebut sudah longgar dan terjangkau bayi sehingga dapat dimasukan ke mulut bayi.

6.  Ketika memilih baju hangat harus terbuat dari katun atau wol saja karena bayi akan mudah bernapas ketimbang menggunakan baju dengan serat yang tinggi yang akan menyulitkan bayi apalagi jika dikenakan ketika tidur.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us