Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru

5/5 (3)

Permasalahan yang sering kali terjadi pada ibu baru setelah melahirkan adalah permasalahan terkait dengan proses persalinan kemudian aktivitas yang berhubungan dengan menyusui dan yang terakhir adalah masalah nifas. Pada saat menjadi ibu baru seringkali mengalami rasa letih yang luar biasa. Hal ini wajar dialami akan tetapi apabila terus berlanjut akan mempengaruhi dalam merawat anak anda. Ketidaknyamanan dari rasa letih yang berkepanjangan akan membuat anda kesulitan dalam beradaptasi dalam membesarkan bayi anda.

Rasa letih pada ibu baru dapat disebabkan karena kurang terpenuhinya istirahat malam hari apalagi untuk ibu baru yang harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan sikecil yang masih belum teratur untuk minum susu dan juga kebiasaan terbangun di malam hari. Selanjutnya rasa letih dapat terjadi dikarenakan tiroid yang kurang aktif atau dikenal dengan istilah hypothyroidism. Fungsi dari hormon tiroid yaitu untuk mengatur kecepatan metabolisme. Kondisi ini yang menyebabkan metabolisme menjadi lambat sehingga seringkali anda merasakan kelelahan.

Terakhir penyebab kelelahan adalah adanya alergi terhadap makanan tertentu, seperti misalnya terjadi intoleransi makanan ringan yang membuat sering kali anda mengantuk, bukti ini merupakan menunjukan adanya intoleransi makanan sebagai penyebab kelelahan sehingga merupakan peringatan awal bagi tubuh yang sedang terjadinya intoleransi makanan. Untuk kelelahan yang terjadi sebaiknya anda menghindari makanan yang merasakan mengantuk dalam waktu 10-30 menit setelah menganutnya. Keletihan setelah melahirkan membuat anda menjadi sulit untuk beradaptasi dan ketidaknyamanan sehingga anda dapat mengurangi dengan melakukan usaha-usaha ini.

Berikut dalam mengatasi kelelahan setelah melahirkan :

1. Curi waktu di sela istirahat bayi

Pergunakan waktu sebaik mungkin ketika anda menjadi ibu baru, anda dapat mencuri waktu istirahat bayi anda di siang hari dengan bersama untuk beristirahat kemudian di malam hari anda dapat meminta bantuan suami anda ketika malam hari ketika bayi anda terbangun. Dengan begitu peranan anda dan juga suami dapat terbagi dengan tugas tugas yang baik.

2. Dapatkan tidur yang berkualitas

Usahakan untuk dapat tidur berkualitas ketika bayi anda sudah tertidur di malam hari, anda dapat membiasakan menggunakan lampu tidur ketika bayi sudah tertidur sehingga bayi anda dapat terbiasa membedakan siang dan malam dan mempunyai jadwal tidur yang tepat sehingga tidak mengganggu waktu tidur yang berkepanjangan.

3. Sempatkan untuk sarapan

Biasanya ibu baru seringkali meninggalkan sarapan karena beberapa alasan diantaranya adalah sibuk mengurus anak di pagi hari padahal sarapan merupakan kebiasaan terpenting yang harus dilakukan oleh ibu baru dalam menjaga asupan nutrisi. Lengkapi kecukupan karbo dan protein serta vitamin yang dapat mendukung anda dalam melakukan aktivitas sehingga tidak terjadi kelelahan.

4. Perbanyak Cairan

Kelelahan dapat pula disebabkan karena kurangnya asupan cairan sehingga cepat lesu. Apabila kelelahan disebabkan karena kurang cairan biasanya ditandai dengan perubahan urine sehingga yang terbaik adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan harian yaitu delapan gelas setiap hari.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel