Tanda Ibu Hamil Muda Keluar Darah Coklat Seperti Haid

4.4/5 (253)

 

Pada hamil muda ibu sangat rentan terkena keguguran sehingga aktivitas yang membebani, membahayakan dan menggangu kesehatan ibu dan janin harus dihindari .Kecemasan ibu pada saat hamil muda ketika mengeluarkan flek darah mirip dengan haid.Kondisi ini sebenarnya bisa saja menjadi pertanda kehamilan hanya anda harus dapat membedakan flek darah normal atau flek darah yang membahayakan kehamilan .

Tanda kehamilan tidak hanya haid yang terlambat melainkan masih ada banyak ciri-ciri yang diketahui oleh wanita ketika sedang mengandung .Ciri atau tanda-tanda kehamilan diantaranya adalah perubahan bentuk payudara, mual, buang air kecil yang lebih sering hingga keluarnya darah yang menyerupai haid .

tanda kehamilan flek darah

Meskipun darah yang keluar saat haid seperti sedang haid akan tetapi jumlah dan waktu berlangsung tidak lama. Darah tersebut berasal dari embrio yang menempel di uterus sehingga mengakibatkan implantasi . ( Baca juga: Tanda-Tanda Hamil )

Pengertian Implantasi

Implantasi merupakan tanda wanita hamil yang terkadang sulit untuk dikenali, salah satu cirinya adalah keluarnya darah implantasi .Sebagian wanita seringkali mengira bahwa darah tersebut merupakan menstruasi atau haid .

Proses implantasi merupakan sel telur yang berhasil dibuahi dan berjalan ke tuba falopi atau rahim. Sel telur inilah yang menempel di dinding rahim dan akhirnya terjadi kehamilan. Proses implantasi sendiri akan berlangsung selama 6-12 setelah terjadi ovulasi. Saat terjadi menempelnya sel telur ke dinding rahim akan disertai dengan pendarahan yang menimbulkan flek darah .

Proses pendarahan dihasilkan dari rusaknya pembuluh darah yang menempel pada sel telur di dinding rahim. Sel telur yang akhirnya menempel di dinding rahim disebut blastosit yang kemudian berkembang menjadi embrio .

Pendarahan implantasi dialami oleh sepertiga dari wanita yang sedang hamil meskipun tidak semua wanita hamil mengalami proses implantasi hanya saja anda tidak perlu khawatir selama pendarahan normal. (Baca juga: Tanda-tanda wanita hamil)

Inilah ciri-ciri yang dapat anda ketahui mengenai pendarahan implantasi atau tanda kehamilan berupa flek coklat muda yang tidak membahayakan :

1. Waktu Implantasi Proses Ovulasi

Pendarahan yang terjadi pada saat proses implantasi dapat diketahui dari waktu pendarahan terjadi. Proses ovulasi sendiri berlangsung selama 6-12 hari, dimana keluarnya flek hitam tersebut pada bulan pertama kehamilan. Pada saat ovulasi tepat terjadi yaitu sebelum periode haid maka akan sedikit membingungkan untuk membedakannya sedangkan jika pendarahan implantasi maka pendarahan terjadi akan berbeda dengan periode awal menstruasi .

2.Jumlah Darah

Pendarahan implantasi dapat dibedakan yaitu jumlah flek darah yang sedikit dan terjadi hanya 1-2 hari saja kemudian berhenti degan sendirinya . Sedangkan untuk membedakan dengan darah menstruasi yang dapat berkelanjutan dengan waktu dan jumlah yang semakin banyak .

3. Warna Flek Darah

Pendarahan implantasi memiliki warna flek yang berbeda. Kategori warna flek darah diantaranya adalah warna terang merah muda atau merah terang dan juga pendarahan yang berwarna gelap. Hanya saja yang harus anda ingat tidak dalam jumlan yang banyak .

4.Kram Perut

Proses implantasi yaitu ketika sel telur kedinding rahim seringkali menimbulkan kram perut yang berasal dari rahim sebagai proses terjadinya proses implant .Hanya saja bagi anda yang ingin membedakan kram perut yang menandai tanda kehamilan umumnya lebih ringan dibandingkan kram ketika menjelang haid.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel