data-ad-format="auto"

Sariawan Kerap Kali Mengganggu, Bagaimana Mengatasinya?

Pernahkah anda mengalami luka pada mulut yang terasa begitu perih? Luka pada mulut tersebut dinamakan dengan sariawan, selain terasa perih, adanya sariawan pada mulut kerap kali membuat kita merasa tak nyaman. Sariawan memang bukan penyakit yang serius yang dapat mengancam jiwa, namun kondisi ini amatlah mengganggu dan menjengkelkan karena menganggu anda untuk makan dan mengunyah serta berbicara. Sehingga tak heran, jika gangguan kesehatan mulut ini terjadi pada seseorang, maka biasanya orang tersebut akan cenderung lebih murung dan malas untuk berbicara dan melakukan aktivitas yang terkait dengan mulut.

Sariawan atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan sebutan stomatitis aftosa yang diartikan sebagai inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut, yakni terdapat pada bibir bagian dalam, gusi, lidah, pipi bagian dalam, serta langit-langit mulut. Infalamasi atau peradangan pada sariawan ini biasanya diawali dengan jaringan mukosa yang mengalami iritasi dan menimbulkan ruam memerah, lalu terbentuklah ultus atau luka atau tungkak, luka yang ditimbulkan dari sariawan ini bisa berbentuk bulat, oval, atau bahkan tak beraturan serta memiliki tepi luka yang berbatas tegas. Biasanya luka sariawan ini berwarna putih kekuningan dengan bagian permukaan luka yang agak cekung.

Meskpiun luka sariawan ini terlihat kecil dan sepele, namun rasa sakit yang ditimbulkannya amat menyakitkan terutama saat menyantap makan, berbicara, gosok gigi, dan cenderung menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Oleh karenanya, sebaiknya apabila sariawan menyerang segera obati terutama rasa sakit yang begitu mengganggu. Meskipun sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk dapat mengatasi dan mengobati sariawan.  

1.    Ketahui Faktor Pemicu Timbulnya Sariawan  

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi sariawan tersebut, terlebih dahulu kita kenali, faktor apa sajakah yang mampu memicu timbulnya sariawan.

  • Faktor penyebab yang sering memicu timbulnya sariawan, adalah karena mulut yang tergigit ketika anda makan atau sangat sedang mengobrol. Atau bisa juga saat anda makan sambil mengobrol, karena fokus mengunyah terganggu dengan berbicara.
  • Sariawan bisa timbul karena kekurangan nutrisi seperti Vitamin C yang dapat menyebabkan sariawan, B 12 dan zat besi.
  • Kebersihan mulut yang kurang terjaga dengan baik, seperti salah satunya jarang menggosok gigi. Hal ini bisa pula menyebabkan timbulnya sariawan.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi panas dan pedas seperti halnya keripik pedas, sayuran pedas,  gorengan, sambal dan lain-lain.
  • Selain itu, sariawan dapat pula disebabkan karena penggunaan suatu produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita, seperti halnya menggunakan pasta gigi atau produk kesehatan mulut yang tidak cocok dengan mulut kita.
  • Atau bisa jadi sariawan ini timbul sebagai sebab dari keadaan suhu sekitar dilingkungan anda.

Untuk mengetahui secara lebih spesifik apa yang menjadi penyebab sariawan yang anda rasakan saat ini, anda bisa mengingat-ingat kembali kegiatan apa saja yang anda lakukan seminggu yang lalu atau pada hari-hari sebelumnya yang berkaitan dengan kesehatan mulut. Setelah penyebabnya diketahui, sekarang kita lanjutkan pada langah berikutnya.

2.    Menghentikan Penyebab Sariawan

Sebagaimana telah dibahas diatas, ada beberapa hal yang mampu memicu timbulnya sariawan, seperti salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan panas, dan untuk itu, maka hentikan konsumsi makanan-makanan tersebut. Sementara jika sariawan disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi seperi Vitamin C, maka perbanyaklah konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C dengan jumlah yang banyak, manfaat vitamin C ini bisa anda dapatkan dari sayur dan buah, seperti buah jeruk yang dikenal dengan buah dengan sumber vitamin C yang begitu berlimpah. Namun, apabila penyebab sariawan, dipicu karena kurangnya menjaga kebersihan mulut, maka mulailah rajin untuk selalu menjaga kebersihan mulut agar tetap sehat dan bersih. Dengan menjaga kebersihan mulut sama halnya dengan mencegah timbunya keluhan penyakit yang terjadi pada mulut.

3.    Menghilangkan Rasa Sakit yang Ditimbulkan Sariawan

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk dapat menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariwan dengan beberapa cara dibawah ini, seperti diantaranya:’

  • Menggunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat. Untuk dapat menghilangakn rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan, obat kumur anti-septik atau obat diminum bisa anda pilih. Untuk obat yang diminum, parasetamol atau mefenamat bisa anda gunakan, namun ingat selalu perhatikan dosis obat yang anda konsumsi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Konsumsi Vitamin. Salah satu penyebab timbulnya sariawan adalah karena kekurangan nutrisi, seperti vitamin Vtaman c , B 12, zat besi serta asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka yang ditinggalkan oleh sariawan. Disinilah konsumsi vitamin dibutuhkan untuk mengganti asupan vitamin yang jumlahnya kurang dalam tubuh.
  • Gunakan Pasta Gigi Berbahan Baking Soda dan Garam. Selain itu, ada juga dapat membuat ramuan obat sendiri, caranya dengan membuat pasta gigi dengan bahan garam dan baking soda yang dicampurkan. Caranya, cukup sederhana, anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan garam yang dicampur dengan air secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian mulut yang mengalami luka sariawan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit, sebelum dibilas dengan air.
  • Konsumsi Yogurt. Konsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada pada mulut dan tubuh. Dengan demikian anda akan dapat mempercepat proses pemulihan sariawan yang saat ini tengah anda alami. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsinya, itu artinya, anda telah mencegah datangnya sariawan.
  • Konsumsi Bawang Putih dan Pepaya. Anda juga dapat mengobati sariawan dengan bawang putih atau pepaya, yang bisa anda aplikasikan langsung pada bagian luka sariawan.
  • Konusmsi Air Kelapa. Percaya atau tidak air kelapa dianggap sebagai pendinginannya sehingga mampu menenangkan bagian sistem pencernaan. Selain itu baik pula untuk mengatasi dehidrasi serta baik pula untuk mengobati sariawan.
  • Konsumsi Buah dan Sayur. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh termasuk kurangnya vitamin C sebagai salah satu pemicu timbulnya sariawan.

4.    Periksakan Ke Dokter

Jika beberapa langkah diatas sudah anda lakukan, namun sariawan masih saja tak kunjung sembuh dalam waktu 4 sampai 7 hari, sebaiknya segera hubungi dokter. Hal ini penting, agar anda bisa mendapatkan penangan lebih serius untuk menghindari penyebaran penyakit lain yang disebabkan oleh sariawan.

5.    Mengobati Sariawan Dengan Kondisi Khusus

Pada kondisi khusus seperti angular chelitis yakni sariawan yang menyerang bagian lipatan bibir, yang mana sariawan seperti ini akan membutuhkan penanganan khusus dengan vitamin B serta obat oles yang berupa krim anti-biotik yang dikombinasikan dengan hidrocortisone 1%. Namun untuk mendapatkannya haruslah mendapatkan resep dokter.

Dan itulah dia, beberapa cara mudah untuk mengobati sariawan yang begitu mengganggu. Ingat! Jangan mudah percaya dengan melakukan pengobatan sariawan berdasarkan mitos-mitos yang tidak dilandasi pengetahuan ilmiahnya, salah-salah malah akan memperparah sariawan tersebut.

Loading...

Follow us