Pilihan Aroma Terapi Sesuai Kondisi Ibu Hamil

Meski aromaterapi aman untuk ibu hamil akan tetapi sebaiknya anda mengenali jenis-jenis aromna terapi yang memberikan manfaat pada kondisi kehamilan. Selain itu sebelum melakukan aromaterapi, sebaiknya anda perhatikan cara pemakainnya. Pertama kali anda harus memilih aromaterapi yang diencerkan kemudian pemakaian yang berlebihan akan menimbulkan mual, muntah dan juga pusing. Gunakan pemakaian dengan kadar yang cukup saja untuk hasil maksimal.

Berikut ini adalah beberapa jenis aroma terapi yang dapat membantu kondisi kehamilan anda :

1. Aroma Teh dan Lavender

Aroma ini memberikan kesegaran bagi ibu hamil sehingga dapat menenangkan ketika ibu hamil mengalami kondisi mual, muntah dan pusing. Selain itu aroma terapi dipercaya dapat membantu ibu hamil yang sulit mendapatkan kualitas tidur nyenyak. Bagi anda yang akan menggunakan aroma ini, dapat menambahkan 3-4 tetes minyak aroma ini ke air mandi dan gunakan untuk berendam.

2. Minyak Kayu Putih

Bagi ibu hamil yang mengalami kondisi kesehatan yang terganggu misalnya karena flu sebaiknya menggunakan aroma minyak kayu putih. Anda dapat mencampurkan 3 tetes aroma terapi kayu putih dalam segelas air kemudian hirup dari air panas dan rasakan bedanya.

3. Aroma Lemon, Geranium dan Cypress

Ketiga aroma diatas dapat membantu anda untuk mengurangi rasa pegal-pegal hingga kaki bengkak yang seringkali dialami oleh ibu hamil di trimester ketiga kehamilannya. Anda dapat menambahkan 2-3 tetes salah satu aroma diatas kemudian berendamlah selama 3-5 menit , selanjutnya anda dapat menambahkan 1-2 tetes minyak zaitun untuk memijat kaki anda.

4. Minyak Wortel, Kemenyan dan Jeruk Orange

Perubahan kondisi fisik selama kehamilan seringkali memicu perubahan pada kulit anda, mungkin anda tidak asing dengan stretchmark , ya salah satu resiko bagi ibu hamil berupa garis-garis halus yang sering kali membuat anda tidak percaya diri. Kurangi dengan menggunakan aroma terapi di atas, anda dapat mengoleskan pada kulit perut.

5. Lada hitam dan Minyak Jahe

Aroma yang khas ditimbulkan oleh kedua rempah tersebut ternyata dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi rasa nyeri, ketegangan dan juga kejang otot sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah. Anda dapat mengoleskan pada betis dengan menggunakan minyak tersebut kemudian pijit dengan lembut sehingga memberikan manfaat maksimal bagi ibu hamil.

Itulah jenis-jenis aroma terapi yang dapat membantu anda sehingga untuk lebih memastikan pemakaian aroma terapi anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda sehingga memilih aroma terapi yang sesuai dikarenakan kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel