Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Rambut memiliki warna, jenis dan tekstur yang berbeda. Pada anak anda yang memiliki rambut lurus anda tidak akan mengalami masalah ketika melakukan perawatan rambut, berbeda dengan anak yang berambut keriting. Anak yang memiliki rambut keriting terkadang menolak untuk disisir karena rambut yang mudah kusut akan menyulitkan ketika di sisir dan membuat anak anda kesakitan. Bagaimana melakukan perawatan pada anak yang memiliki rambut keriting?

Taukah anda bahawa rambut bayi merupakan rambut velus. Rambut velus adalah rambut sementara yang akan habis hingga usia bayi anda 1-3 bulan. Pada dasarnya tebal atau tipisnya rambut dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Rambut keriting memiliki ragam yang berbeda-beda. Rambut keriting dibedakan menjadi rambut keriting besar, keriting kecil atau keriting yang melingkar. Rambut keriting seringkali memiliki masalah dalam perawatan dikarenakan pada rambut keriting memiliki tekstur yang berbeda-beda.

Pada anak yang memiliki rambut keriting maka perawatan yang dapat dilakukan dengan cara-cara di bawah ini :

1. Menjaga Kelembapan

Anak yang memiliki jenis rambut keriting harus menjaga kelembapan sehingga rambut keriting akan lembut dan halus. Anda dapat menggunakan perawatan deep conditioning dua minggu sekali. Sedangkan pada anak yang memiliki rambut kering sebaiknya tidak keramas terlalu sering.

2. Mengeringkan rambut

Bagi anak yang memiliki rambut keriting hindari menggunakan handuk dengan bahan yang kasar ketika mengeringkan rambut ataupun anda sengaja membungkus rambut anak anda dengan menggunakan handuk untuk membuat rambut anda cepat kering. Pada rambut keriting harus dikeringkan secara perlahan. Anda dapat mengeringkan rambut anak anda dengan menggunakan handuk yang berbahan halus kemudian usap perlahan sehingga rambut tidak berantakan.

3. Oleskan Conditioner

Anda dapat mengoleskan conditioner setelah mencuci rambut bayi. Pilihlah condisioner yang tepat yang memudahkan untuk menyisir ketika selesai di keramas. Pemakaian produk perawatan bayi harus diperhatikan apalagi bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga anda harus memperhatikan penggunaan kosmetik bayi, seperti conditioner. Apabila bayi mengalami gangguan kulit sebaiknya lakukan penanganan dini dengan membawa ke dokter.

4. Pilih sisir yang tepat

Anak yang memiliki jenis rambut keriting disarankan menggunakan sisir yang lebih renggang. Sisir renggang atau sisir jarang akan memudahkan anak dengan rambut keriting untuk dirapikan. Sisir jarang akan membantu mengurangi kesakitan pada anak yang timbul karena rambut keriting yang kusut. Selain itu untuk anak dengan jenis rambut keriting baru disisir ketika rambut sudah kering. Sedangkan pada anak yang berusia dibawah satu tahun dan rambut keritingnya masih belum terlihat jelas. Anda dapat menggunakan sisir lembut khusus untuk bayi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply