data-ad-format="auto"

Pencegahan Typus Pada Saat Hamil

Penyakit typus atau lebih dikenal dengan tifes merupakan salah stau penyakit yang berhubungan dengan infeksi yang dipengaruhi oleh bakteri salmonella typhi yang dapat menyerang saluran pencernaan dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada ibu hamil. Bagi anda yang terserang penyakit ini akan membuat kondisi badan yang tidak nyaman karena berhubungan dengan demam yang tinggi dan masalah pencernaan bahkan mengakibatkan peradangan pada usus. Bagaimana  dengan ibu hamil yang memiliki kondisi kesehatan yang sangat rentan termasuk pada kondisi perkembangan janin anda?

Pada umunya typus atau tifes merupakan penyakit yang menular melalui makanan dan minuman yang tidak higienis melalui bakteri akan masuk melalui mulut hingga ke lambung lalu akan menginfesi usus halus. Di dalam usus halus ini akan memperbanyak dan dilepaskan pada darah, sehingga mengakibatkan demam yang snagat tinggi. Typus pada ibu hamil dan pada masa nifas menunjukan angka kematian yang sangat tinggi hingga mencapai 15 persen. Bahkan memiliki pengaruh yang buruk pada perkembangan janin. Pada saat ibu hamil terserang penyakit typus, janin yang dikandung beresiko tinggi keguguran atau pada usia kandungan telah memasuki usia antara trimester kedua memasuki trimester ketiga beresiko lahir prematur. Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir beberapa pengetahuan mengenai typus sekaligus tips untuk melakukan pencegahan dapat anda lakukan.

1.  Lakukan pencegahan melalui 5F

Typus merupakan penyakit yang menular sehingga anda dapat melakukan pencegahan melalui 5F yaitu food (makanan ), fingers (jari tangan kuku) , fomitus (muntah) Fly (lalat) dan juga feses. Kuman salmonella thypoid yang terdapat di dalam feses dan muntah pada penderita typus akan menyebarkan penyakit serupa pada orang lain. Kuman tersebut akan ditularkan melalui perantara lalat yang hinggap pada makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh orang yang sehat. Sehingga penting menjaga kebersihan dan kehegienisan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain memperhatikan kebersihan lingkungan, memperhatikan kebersihan diri sendiri sangat penting diantaranya untuk menjaga kebersihan kuku agar terhindar dari kuman yang menempel pada saat anda mengkonsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

2.  Memilih jajanan pinggir jalan

Penyakit typus paling utama ditularkan melalui makanan yang telah tercemar kuman typus. Sehingga memilih makanan di pinggir jalan adalah cara yang bisa anda lakukan, walaupun demikian beberapa ibu hamil lebih memilih untuk tidak jajan terlebih dahulu di pinggir jalan dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah proses memasak dan kehigienis bahan baku tersebut.

3.  Menjaga lingkungan

Hal yang tidak boleh luput dari perhatian anda adalah menyediakan air minum dari sumber yang bersih, memperhatikan pembuangan BAB dan BAK yang memadai, pemberantasan lalat di rumah dan pengawasan terhadap lingkungan rumah. Hal ini terkait dengan mengendalikan mikroorganisme penyebab typus.

4.  Lakukan penanganan medis

Bila anda mengalami kondisi demam yang tinggi hingga 3-4 hari dan berlangsung satu minggu tanpa penurunan pada malam hari kemudian lidah terlihat berwarna putih dan pinggir-pinggirnya merah disertai dengan muntah dan mual yang berat sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter lebih intens. Dokter akan membantu anda dalam menentukan penyakit yang anda derita melalui serangkain test. Dokter akan menyarankan untuk mendapatkan penanganan medis seperti di rawat dan mendapat beberapa obat yang membantu anda dalam mencegah typus menganggu perkembangan janin.

Loading...

Follow us