data-ad-format="auto"

Pantangan Makanan Untuk Penderita Kista Ovarium

Beberapa wanita sangat mengkhawatirkan tumbuhnya kantung berisi cairan di dalam ovarium atau lebih dikenal dengan kista ovarium. Salah satu yang mengkhawatirkan adalah perkembangan kista ovarium akan mengakibatkan gangguan kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Meskipun pada dasarnya kista akan sembuh dengan sendirinya akan tetapi ketidaknyaman bagi wanita yang menderita kista akan sering dirasakan terutama terasa nyeri pada bagian bawah perut, terjadinya pendarahan menstruasi yang sangat berat. Meskipun kista merupakan  penyakit keturunan atau degeneratif, sehingga apabila orang tua ataupun nenek mengalami kista maka sudah dipastikan salah satu keturunannya membawa sifat kista. Tidak menutup kemungkinan anda dapat mengembangkannya, sehingga sebaiknya anda menjaga gaya hidup sehat, termasuk dalam mengkonsumsi makanan sehingga terhidar dari penyakit kista. Begitu pula bagi anda yang pernah mengalami kista, menjaga asupan makanan yang sehat sangat penting agar kista tidak kembali berkembang di tubuh anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang dipantang untuk penderita kista :

1.    Hindari sayuran tauge, Sawi putih dan kangkung

Pantangan pada penderita kista adalah mengkonsumsi sayuran seperti tauge. Salah satunya dikarenakan tauge akan mendorong pertumbuhan sel, dikhawatirkan akan mengembangkan penyakit kista, kemudian sayuran lain seperti sawi putih dan kangkung kurang baik dalam penyerapan obat obat kista yang sedang anda konsumsi. Dikarenakan sawi putih dan kangkung akan mengurangi efektivitas kerja obat. Bagi anda yang telah divonis penderita kista ovarium, kurangi konsumsi cabai karena akan menurunkan jumlah oksigen di dalam tubuh anda.

2.    Hindari buah buahan durian, nangka, dan nanas

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Pada dasarnya buah buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan, akan tetapi untuk kondisi kesehatan seperti penderita kista atau penyembuhan dari penyakit kista sebaiknya menghindari buah-buahan seperti nangka dan lengkeng. Nangka dan lengkeng mengandung zat yang dapat berpotensi mengembangkan sel kanker. Sedangkan buah buahan seperti durian, nanas, duku dan juga anggur tidak disarankan dalam jumlah banyak dikonsumsi oleh penderita kista, karena mengandung alkohol yang dapat mengembangkan ke sel kanker.

3.    Minuman beralkohol dan bersoda

Minuman beralkohol pada dasarnya akan memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan, tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menderita kista atau pernah menderita kista. Begitu pula dengan minuman bersoda yang akan membuat penderita kista semakin parah.

4.    Daging Unggas

Daging unggas yang dimaksud adalah daging yang berasal dari hewan ternak yang menggunakan obat-obatan kimia yang disuntikan pada unggas sehingga bobot unggas menjadi meningkat. Hormon yang disuntikan pada unggas yang mempunyai pengaruh yang buruk untuk kesehatan manusia.

5.    Kurangi konsumsi seafood

Makanan laut tidak baik apalagi dikonsumsi berlebihan, apalagi bila anda menderita kista, kandungan lemak yang tinggi dapat memperburuk kondisi kesehatan anda. Kurangi konsumsi seafood bagi anda penderita kista.

6.    Hindari Makanan yang diawetkan

Penderita kista sebaiknya menghindari makanan yang diawetkan, salah satunya mie instans, ikan asin dan beberapa makanan lainnya. Makanan yang diawetkan mengandung kandungan senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Dengan demiikian bagi anda yang telah divonis menderita kista sebaiknya lebih dapat menjaga kesehatan, terutama dari gaya hidup yang sehat. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi dan juga perbanyak minum air putih. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan anda ke dokter untuk mengetahui perkembangan pertumbuhan kista.

Loading...

Follow us