data-ad-format="auto"

Obat Keputihan Ibu Menyusui yang Aman

Keputihan adalah keluarnya lendir atau cairan dari bagian organ kewanitaan perempuan. Kondisi ini adalah keluarnya cairan yang bukan darah dan umumnya adalah kondisi yang normal. Ya, keputihan pada dasarnya adalah kondisi yang normal dialami oleh seorang perempuan. Dan umumya kondisi ini akan mungkin dirasakan secara berkala.

Seorang perempuan akan mengalami kondisi ini setiap bulannya. Dimana pada kondisi ini biasanya mengindikasikan tengah berlangsungnya masa subur pada seorang wanita. Selain itu, keluarnya lendir ini pada dasarnya adalah proses alami tubuh untuk membersihkan bakteri dan kotoran dari dalam organ kewanitaan.

Hanya saja, dalam kondisi tertentu masalah keputihan ini dapat menimbulkan masalah. Ketika jumlah cairan yang dikeluarkan melebihi batas normal, berbau, berawarna dan disertai dengan beberapa gejala. Maka kondisi ini akan dapat mengindikasikan adanya masalah dengan organ kewanitaan anda.

Keputihan bermasalah atau dikenal dengan keputihan patologis adalah kondisi yang dapat menyerang siapa saja termasuk dengan ibu menyusui. Kondisi ini perlu segera ditangani dengan baik. Hal ini dikarenakan keputihan patologis adalah kondisi yang berbahaya. Belum lagi kondisi ini bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada bagian miss V.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Akan tetapi, pada masa menyusui ibu tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat-obatan sembarang. Namun tak perlu khawatir berikut ini kami berikan beberapa obat keputihan ibu menyusui yang aman dari bahan alami.

 

Obat Keputihan Ibu Menyusui dengan Daun Sirih

Pada umumnya kondisi keputihan patologis yang dialami oleh seorang wanita akan menimbulkan beberapa kondisi yang mengganggu. Seperti misalkan rasa gatal, perih dan perasaan yang tidak nyaman ketika anda beraktivitas.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini anda bisa menggunakan ramuan daun sirih dari bahan alami. Bahan ini telah sejak lama dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada organ kewanitaan, termasuk dengan gatal akibat keputihan bermasalah. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan daun sirih sebagai bahan pembersih keputihan adalah dengan melakukan beberapa cara dibawah ini. Ingin tahu seperti apa? Simak dibawah ini.

  1. Yang pertama adalah dengan menyiapkan 4 samapi dengan 5 lembar daun sirih. Lalu bersihkan bahan ini secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan dalam panci dan masukkan air secukupnya kedalamnya.
  3. Tunggu dan masak bahan ini sampai mendidih secara merata.
  4. Kemudian gunakan air rebusan daun sirih untuk digunakan membasuh bagian organ kewanitaan.
  5. Manfaat ini akan dapat bekerja secara optimal bila anda melakukannya secara rutin.

Obat Keputihan Ibu Menyusui dengan Terapi Ratus

Obat keputihan selanjutnya adalah dengan menggunakan terapi ratus. Terapi ini akan menjadi metode pengobatan keputihan yang baik tanpa mengganggu kualitas ASI yang ibu berikan pada si kecil.

Cara mengaplikaskan metode ratus ini cukup mudah. nada hanya perlu menguap bagian organ kewanitaan dengan menggunakan rempah. Herbal ratus sudah tersedia dalam paket yang mudah dibeli di toko jamu atau obat-obatan. Bahan ini memang aman dan baik untuk digunakan.

Hindari Memilih Obat Oral

Pengobatan keputihan yang aman untuk ibu menyusui adalah dengan menghindari penggunaan obat oral. Apalagi tanpa mengkonsultasikan masala ini dengan dokter sebab hal ini akan dapat berbahaya.  Untuk itu maka hindari penggunaan obat yang dimakan dan jangan pula menggunakan sembarang obat yang belum tentu kejelasannya. Selain berbahaya untuk kesehatan, penggunaan obat ini pun akan mungkin mempengaruhi kualitas ASI ibu.

Semoga bermanfaat dan demikian artikel yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga tips diatas dapat dengan mudah anda praktikan dirumah.

 

Loading...

Follow us