Musik Membuat Bayi Tidur Nyenyak?

5/5 (4)

Ternyata musik klasik tidak hanya memberikan manfaat bagi janin di dalam kandungan untuk membantu perkembangan fisik dan psikis saja akan tetapi sangat dianjurkan untuk diberikan pada anak setelah lahir untuk menunjang perkembangan tumbung kembang anak selanjutnya. Selain itu seperti yang dilansir dari babycenter.com musik yang diberikan pada anak sebelum tidur akan membantu dalam membuatnya tidur nyenyak. Sebaiknya anda menyanyikan langsung, suara bunda dapat memberikan kenyaman pada bayi.

Bahkan penelitian selanjutnya mengatakan bahwa lagu yang digunakan untuk mengantar tidur merupakan ungkapan kasih sayang dan kelembutan ibu yang diwakilkan lewat melodi sehingga membawa harmoni secara spritual kemudian memberikan kedekatan dan kedamaian pada ibu dan bayi. Selain itu lagu pengantar tidur dapat membantu dalam perkembangan pendengaran, intelegensi dan emosi anak. Sebaiknya anda memberikan lagu-lagu pengantar tidur yang berbeda salah satunya berhubungan dengan kemampuan berbahasa bayi selanjutnya. Salah satu contohnya adalah bayi yang sering mendengarkan lagu pengantar tidur berbahasa indonesia dan berbahasa sunda akan membantu anak anda kelak untuk menguasai dua bahasa dengan baik dan cepat. 

Pilihan utama dalam pemberian musik pengantar tidur adalah musik klasik yang memberikan ketenangan pada anak anda. Pemberian stimulasi musik klasik setelah lahir akan membantu anda dalam mengatur jadwal tidur anak anda dengan mudah, sehingga apabila anak anda terbangun pada malam hari maka dapat dengan mudah memberikan musik klasik yang tenang untuk segera tidur lagi. Adapun selain malam hari, musik klasik dapat diberikan pada pagi hari, namun untuk memudahkan mengatur jadwal tidur malam dengan mudah sebaiknya musik pada pagi dan malam hari dibedakan. Musik memang sangat bermanfaat akan tetapi anda harus mempertimbangkan beberapa faktor lain untuk membuat tidur anak anda nyenyak, seperti beberapa faktor di bawah ini :

1.  Penuhi kebutuhan ASI bayi anda, asi merupakan nutrisi terbaik sehingga akan membantu anak anda untuk tidur nyenyak pada malam hari.

2.  Tidur siang di ruangan terang akan membatasi bayi anda istirahat di siang hari sehingga pada malam hari akan membuatnya nyenyak.

3.  Membuat suasana hati bayi senang dengan memberikan kenyamanan dan rileksasi, banyak hal yang dapat anda lakukan seperti menyanyi, memijat lembut bayi dan juga memandikan.

4.  Menggunakan lampu tidur ketika memberikan asi pada malam hari sehingga mengurangi cahaya pada bayi. Dengan begitu bayi anda akan membedakan waktu siang dan malam hari, terbiasa untuk istirahat di malam hari

5.  Lakukan jalan-jalan di dalam kamar ketika bayi anda rewel sehingga membantunya kembali tertidur, selain membuat suasana yang nyaman untuk bayi dengan menggendong bayi akan menambah hubungan batin antara ibu dan anak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply