data-ad-format="auto"

Menjadi Ibu yang Siaga Terhadap Pertumbuhan Bayi

Menjadi ibu yang siaga bagi bayi Anda bisa menjadi tugas yang menantang. Menjadi ibu yang siaga tidak dimulai ketika bayi lahir akan tetapi dimulai saat bayi didalam dikandungan. Hal tersebut berkaitan dengan kesehatan saat pembuahan, perawatan kesehatan ibu dan perawatan kesehatan bayi. Selain itu hal yang terpenting ketika bayi anda sudah terlahir adalah menjaga kesehatannya dan kesehatan anda. Kesehatan anda sangat mempengaruhi perkembangannya apalagi bayi yang mengkonsumsi ASI Ekslusif. Menjadi ibu yang siaga dimulai dari diri anda dengan cara merawat diri sendiri tentu saja berhubungan dengan kesehatan anda, baik secara kesehatan mental maupun fisik yang baik.

Gaya hidup yang mempengaruhi kondisi kesehatan yang buruk sebaiknya dihindari seperti merokok, minum alkohol, kurang asupan nutrisi, meninggalkan sarapan, mengkonsumsi obat tertentu tanpa saran dokter. Hal-hal ini membahayakan tubuh Anda dan juga bayi Anda selama pertumbuhan di janin. Apabila anda yang sedang menyusui kebiasaan gaya hidup tidak sehat akan mengakibatkan asupan buruk kepada bayi anda. Dengan asupan yang tidak sehat lebih memungkinkan bayi anda terserang penyakit dan juga perkembangannya menjadi terganggu. Nutrisi dan olahraga juga faktor yang sangat penting dalam menjadi ibu yang siaga untuk tumbuh kembang bayi.

Dengan memberikan nutrisi yang baik dan latihan olahraga  yang tepat untuk diri Anda, maka anda telah memberikan kesempatan yang terbaik untuk kehidupan bayi anda. Setelah bayi anda terlahir memang sangat tergantung sekali dengan kesehatan anda mengingat anda adalah orang terdekat dengannya sehingga asupan nurtisi,olahraga dan pikiran anda yang mempengaruhi kesehatannya. Menstimulasi bayi anda bisa dilakukan sejak di dalam kandungan dan juga ketika terlahir di dunia. Selama di dalam kandungan anda dapat menjaga asupan nutrisi, menjaga kesehatan anda dan bayi, konsultasi dengan dokter, yoga atau latihan selama kehamilan, hingga mendengarkan musik klasik yang akan membantu menstimulasi kecerdasan janin anda.

Menstimulasi kemampuan bayi anda selama di dalam kandungan juga berhubungan dengan pemikiran anda, jauhkan perasaan stres sehingga menggangu perkembangan janin. Setelah terlahir ke dunia anda dapat memberikan beberapa perkenalan untuk beradaptasi dengan dunia barunya, warna-warni cerah bisa menjadi alat untuk menstimulasi penglihatan bayi anda ketika berada dibulan pertama. Perkenalkan dengan beberapa permainan sesuai dengan perkembangan bayi anda. Mengajaknya berkomunikasi adalah salah satu cara menstimulasi kemampuan bayi anda untuk berinteraksi di usia selanjutnya. Memperhatikan perlengkapan bayi merupakan salah satu yang mendasar untuk merawatnya dengan cara terbaik.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Selain kebutuhan pakaian bayi ada beberapa hal yang sangat dibutuhkan seperti perlengkapan tidur, perlengkapan mandi hingga popok dan botol susu bayi. Selain memperhatikan perlengkapan bayi, anda harus dapat memilih yang terbaik baik dari bahan yang digunakan dalam peralatan tersebut dan menghindari penggunaan zat kimia yang berlebih mengingat bayi sangat rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan. Menjadi seorang ibu siaga dalam pertumbuhan bayi berhubungan dengan kesehatan bayi. Anda harus dapat membedakan pertumbuhan normal dan abnormal bayi anda. Beberapa perubahan mungkin terjadi pada bayi bagi Anda, apalagi pengalaman pertama menjadi seorang ibu sebaiknya banyak bertanya dengan beberapa orang yang berpengalaman dan berkonsultasi dengan dokter. Meskipun demikian anda diharapkan tidak panik dalam menaggapi perubahan yang terjadi apabila anda stres akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI anda yang justru memperburuk kesehatan bayi.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us