Mengenali Pola Tidur Bayi Usia 6 – 9 Bulan

4.22/5 (18)

Tips bagi ibu :

1.    Meskipun pada usia yang sebelumnya anda telah mempersiapkan beberapa kebiasaan sebelum bayi anda tidur, namun ketika bayi anda menginjak usia 6 bulan, pada saat itu  bayi anda akan mulai terbiasa dan mengenali pola tidur yang telah dibuat oleh ibu. Sebelumnya anda harus memastikan kebiasaan bayi sebelum pergi tidur ini hanya terjadi pada waktu yang sama dalam setiap malamnya, hal ini diharapkan agar bayi anda mengetahui kapan tidur malamnya tiba.

2.    Bagi anda yang telah membiasakan jadwal rutin dalam tidur bayi anda, tidak berarti anda sebagai ibunya tidak dapat mengajak bayi anda untuk tetap aktif pada saat melakukan kegiatan tertentu. Anda masih bisa mengajak bayi anda bermain, mengajaknya berjalan-jalan, bahkan dapat mengajaknya untuk berwisata bersama dengan anda. Yang paling penting anda tetap memenuhi kebutuhan tidur hariannya.

3.    Saat bayi memasuki usia 6 bulan ada baiknya jika bayi telah dibiasakan untuk tidur sendiri. Jika bayi anda menangis, sebaiknya anda tidak segera mendatanginya langsung, tunggu dalam waktu beberapa menit hingga bayi anda merasa tenang dengan sendirinya. Atau pada saat anda merasakan bahwa ia begitu memerlukan anda, selain itu anda dapat membantunya untuk kembali tidur.

4.    Untuk bayi yang tidak mempunyai masalah serta gangguan pada tidur sebelumnya, akan sangat mungkin pada suatu waktu bayi anda mengalami masalah pada tidurnya. Bayi anda dapat terbangun di malam hari secara tiba-tiba, ataupun bayi anda mengalami kesulitan untuk tidur saat ia mnginjak usia 6 bulan ini. Hal ini dapat terjadi karena pada saat usia ini, bayi akan belajar untuk duduk, belajar merangkak, berguling, bahkan kemungkinan bayi akan belajar untuk mengangkat tubuhnya agar dapat berdiri. Hal ini membuat bayi berlatih dengan sangat keras sehingga ia mengurangi waktu untuk tidur.

5.    Sebaiknya anda memilih waktu yang tepat untuk menyusui bayi anda, salah satunya dengan menjadwalkan waktu pemberian asi sebelum bayi anda tertidur, sehingga bayi anda akan terbiasa dengan jadwal mendapatkan asi. Apalagi pada usia bayi 6 bulan ke atas yang telah mendapatkan nutrisi tambahan dari MPASI.

Dengan anda mengetahui pola tidur bayi anda, anda dapat menyesuaikan pekerjaan rumah anda dengan baik. Bayi anda pun akan tumbuh menjadi bayi yang sehat. Dan anda dapat meluangkan waktu bagi suami anda. Perhatian serta komunikasi antara ibu dan suami juga dapat terasa lebih mudah melalui beberapa pembagian tugas tersebut.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply