Mengenal Bintik Putih Pada Kuku, Apakah Berbahaya?

5/5 (1)

Bintik putih yang muncul di kuku bisa membuat seseorang bertanya-tanya apakah pemicunya karena sebagan besar orang tak menyadari sebabnya hingga tiba-tiba saja muncul bintik putik pada kuku. Kondisi seperti ini mungkin pernah anda alami. Sebagian besar dari anda mungkin merasa khawatir jika bintik tersebut merupkan sinyal dari tubuh anda bahwa tubuh mengalami sesuatu yang salah. Lantas benarkah demikian? Sebelum melangkah lebih jauh, terlebih dahulu kita kenali apa itu bintik putih pada kuku.

Apa itu bintik putih pada kuku?

Agar tak salah penafsiran, berikut ini kami jelaskan apa itu bintik putih pada kuku. Bintik putih pada kuku adalah sebuah fenomena yang dinamakan dengan Leukonychia. Mesikipun namanya terdengar begitu serius, namun umumnya kondisi ini tidak terlalu bahaya. Meskipun saat anda menunjukan bintik putih pada orang lain, dan mungkin mereka akan mengatakan bahwa itu artinya tubuh anda mengalami kekurangan kalsium atau zinc. Lantas benarkah demikian? Berikut ini kenali apa saja penyebabnya.

Penyebab Bintik Putih Pada Kuku

Penyebab umum terjadinya kondisi bintik putih pada kuku adalah karena terjadinya trauma ringan ataupun sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Pertumbuhan kuku umumnya cenderung amat lambat, karenanya orang mungkin tidak menyadari trauma atau cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya sampai akhirnya muncul tanda atau bintik berwarna putih pada kuku.

Kondisi seperti ini renta sekali dikaitkan dengan kekurangan atau kelebihan vitamin atau kalsium tertentu yang pada kenyataannya hal ini tidak sepenuhnya demikian. Noda putih atau bintik putih umunya banyak ditemukan pada kuku dibagian tangan dibandingkan dibagian jari kaki. Jika anda tidak mengingat cedera semacam apa yang dapat mengakibatkan kuku mengalami trauma, tak perlu risau, karena pada faktanya pertumbuhan kuku sangat lambat sehingga luka pada kuku dapat terjadi berminggu-minggu sebelum noda putih tampak pada kuku. Kemungkinan lain, bintik putih ini bisa menjadi tanda adanya infeksi ringan yang etrjadi pada kuku atau alergi atau efek samping dari pengobatan tertentu. Jadi saat anda sedang dalam masa penyembuhan dan konsumsi obat-obatan tertentu kemudian muncul bintik putih ini pada kuku, bisa jadi ini adalah reaksi dari obat-obatan yang anda konsumsi dan bukan tanda jika ada seseorang mengagumi atau membenci anda.

Jika bintik putih tersebut hanya mucul ada satu atau beberapa kuku pada jari anda. Maka tak perlu khawatir. Namun apabila bintik tersebut muncul begitu banyak pada kuku atau bahakn hampir mengenai seluruh kuku pada jari-jari anda, maka hal tersbeut patut ada waspadai. Hal tersebut karena mungkin saja terjadi kondis yang cukup serius dengan tubuh anda. Misalnya saja tubuh anda megalami penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes. Dan apabila hal ini terjadi, baiknya anda disarankan untuk segera mendapatkan perhatian medis untuk mengetahui lebih spesifik apakah yang sedang terjadi dengan tubuh anda.

Lantas, Perlukan ke Dokter?

Jika anda mengalami leukonychia, apakah perlu ke dokter inilah pertnayana yang saat ini mungkin ada dibenak anda. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, apabila bintk putih tersebut hanya muncul pada bebebrapa kuku saja, maka anda tidak perlu khawatir. Hal ini mungkin saja hanya reaksi dari kuku yang mengalami luka. Namun, apabila jumlah bintik tersebut telah menyebar pada seluruh bagian kuku, maka ada baiknya segera temui dokter untuk mengetahui lebih jelasnya lagi kesehatan tubuh anda.

Sebenarnya ada beberapa jenis leukonychia, dan berikut ini adalah beberapa jenis leukonychia untuk dapat anda ketahui sebagai pengetahuan tambahan :

1.    Leukonychia Totalis

Kondisi seperti ini terjadi apabila bintik putih menyerang seluruh bagian kuku. Pemicu dari kondisi ii bisa dikaitkan dengan penyakit tertentu, yang mana leukonychia jenis  ini patut segera mendapatkan perhatian medis.

2.    Leukonychia Punctata

Leukonychia jenis ini adalah leukonychia yang paling banyak dijumpai dimana bintik-bintik putih pada kuku nampak seperti titik-titik atau garis-garis kecil yang nampak pada kuku.

3.    Leukonychia Striata

Leukonychia jenis terakhir ini terjadi apabila bintik putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.  
Namun apapun jenisnya, satu hal yang pasti, kondisi seperti ini bukalah disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan kalsium ataupun zinc seperti yang telah banyak diasumsikan banyak orang.

Jadi mulai, saat ini meskipun kuku terlihat cantik dan baik-baik saja bukan berarti kesehatan kuku terjaga dengan baik. Dan tidak ada salahnya, mulailah perhatiakn kesehatan kuku mulai saat ini. Tidak perlu pergi kesalon dengan melakukan pedicure atau manicure, namun anda cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan kuku, selain lebih murah manfaat lain dari buah-buahan tentunya bermanfaat pula untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Dan sekarang anda tidak perlu khawatir jika terdapat bintik-bintik putih pada kuku. Karena hal ini semata-mata hanya sebagai reaksi dari kuku yang mengalami luka tanpa anda sadari.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply